Pendidikan

Cara Mudah Membuat SmartArt di Ms. Word

BantulMedia.comCara Mudah Membuat SmartArt di Ms. Word – Jika Anda membuat bagan organisasi, mendokumentasikan proses, atau mengilustrasikan bagaimana ide terkait, fitur SmartArt di Word 2013 dapat membantu Anda membuat diagram yang informatif dan menarik.

Cara Mudah Membuat SmartArt di Ms. Word

Cara Mudah Membuat SmartArt di Ms. Word

Smart Art merupakan fitur Microsoft Word yang membuat tampilan visualisasi data menjadi lebih menarik dan komunikatif. Ada berbagai jenis Smart Art, misalnya hierarki digunakan untuk membuat struktur organisasi, piramida untuk menggambarkan level, proses dan siklus membuat hubungan timbal balik, hubungan menggambar proses, ada juga daftar dan matriks.

Kotak dialog Select SmartArt Graphic menawarkan berbagai bentuk dan pengaturan, serta jendela pratinjau yang menjelaskan bagaimana setiap bagan digunakan. Sehingga setelah menyisipkan bagan ke dalam dokumen, Anda dapat menambahkan bentuk, menyusunnya, dan menambahkan teks dan gambar untuk melengkapinya.

Font, warna, dan efek yang digunakan dalam bagan SmartArt berasal dari tema yang digunakan oleh dokumen Anda. Oleh karena itu, dengan memilih tema yang berbeda, Anda dapat dengan cepat mengubah tampilan semua SmartArts Anda dalam dokumen sekaligus, bersama dengan teks dan judul.

Baca juga:

Inilah Jenis-jenis Chart Dasar Yang Perlu Anda Tahu

Untuk Memasukkan Diagram

  1. Klik di dokumen tempat Anda ingin menyisipkan bagan.
  2. Pada tab Insert, dalam grup Ilustrasi, klik SmartArt.
  3. Di panel di sebelah kiri kotak dialog Select SmartArt Graphic, Anda bisa mengklik entri untuk melihat sekelompok kecil tata letak di panel tengah. Jika Anda ingin melihat seluruh daftar tata letak di panel tengah, klik Semua di bagian atas panel kiri.
  4. Di panel tengah kotak dialog Select SmartArt Graphic, klik tata letak untuk mempratinjaunya di panel kanan. Sehingga, setiap pratinjau tata letak menyertakan deskripsi tipe informasi yang sesuai untuk tata letak tersebut. Beberapa tata letak hanya terdiri dari bentuk dan teks, tata letak lainnya juga dapat berisi gambar.
  5. Klik OK jika Anda ingin memilih tata letak.

Untuk Memformat Diagram

  1. Dalam dokumen, klik bagan SmartArt untuk memilihnya.
  2. Pada Alat SmartArt | tab konteks Desain kontek, di grup SmartArt Styles, klik gambar mini di galeri SmartArt Styles.
  3. Untuk mengubah warna tema yang digunakan oleh diagram SmartArt, klik SmartArt Tools | tab kontekstual Pada Tema di grup SmartArt Styles, klik Ubah Warna. Klik pada thumbnail di galeri yang menunjukkan warna tema.

Untuk mengubah tipe atau data diagram

  1. Dalam dokumen, klik diagram SmartArt untuk memilihnya.
  2. Untuk mengubah tata letak diagram SmartArt, klik SmartArt Tools | tab kontekstual Di panel tata letak, arahkan kursor ke gambar mini di galeri tata letak dan pratinjau. Klik pada thumbnail untuk menerapkannya.
  3. Pada tab Desain, di bawah tab kontekstual Alat SmartArt, di grup Buat Grafik, klik tombol Area Teks.
  4. Klik setiap tempat penampung dan ketik teks yang ingin Anda tampilkan dalam diagram SmartArt. Jika teks yang Anda ketikkan terlalu panjang untuk Anda masukkan ke dalam bentuk, ukuran font teks secara otomatis di kurangi di semua bentuk dalam diagram SmartArt (bukan hanya satu bentuk).

Tips Dan Trik

Untuk mengubah format bentuk dalam diagram SmartArt, klik bentuk. Selain itu, pada Alat SmartArt | kontek’s Format tab kontekstual, di grup Shape Styles, gunakan alat untuk memilih gaya, mengubah isian dan garis besar atau menerapkan efek, Anda dapat melihat tutorialnya di sini: Ubah Garis Besar dan Isi, Tambahkan Teks, Gabung dan Edit Bentuk Titik.

Baca juga:

Perbedaan Jenis Desain Grafis

Di samping itu, Anda juga dapat menggunakan tombol panah kecil di sisi kiri tengah diagram SmartArt untuk membuka dan menutup area teks.

Untuk menambahkan elemen lain ke diagram, klik SmartArt Tools | tab kontekstual Dalam grup Buat Grafik, klik Tambahkan Bentuk. Jika Anda memerlukan elemen tingkat kedua dalam bentuk, klik Bentuk, lalu di grup Buat Grafik, klik Tambahkan Poin.

Kesimpulan

Itulah – Cara Mudah Membuat SmartArt di Ms. Word – Anda bisa mencobanya untuk membantu dalam membuat presentasi Anda menjadi lebih mudah semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.