Pendidikan

5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur

BantulMedia.com5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur – Kabar duka datang dari dunia pendidikan. Mantan Menteri Pendidikan di era Presiden Abdurahman Wahid (Gus Dur), Yahya Muhaimin, di kabarkan meninggal dunia Rabu (2/9) sekitar pukul 10:15 WIB.

5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur

5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur

Yahya Muhaimin meninggal dunia setelah sebelumnya dirawat di RS Geriatri Purwokerto. Almarhum sendiri akan di makamkan di kampung halamannya di Bumiayu, Brebes pada Rabu sore.

Sebelumnya, Yahya Muhaimin dikenal sebagai pengamat politik dan akademisi nasional. Bahkan, ia pernah menduduki beberapa jabatan strategis, termasuk Menteri Pendidikan.

Berikut beberapa fakta penting tentang Yahya Muhaimin, mulai dari pendidikan hingga komitmennya terhadap pendidikan.

Baca juga:

Inilah Biografi Singkat Dari Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan

1. Biografi Singkat Yahya Muhaimin

Yahya Muhaimin lahir pada 17 Mei 1943 di Bumiayu, Brebes. Sejak SD, Yahya dikenal sebagai anak yang gemar membaca koran dan mengikuti isu-isu politik. Ia mengaku sudah membaca koran sejak berusia 12 tahun.

2. Pendidikan Yahya Muhaimin

Yahya Muhaimin mengenyam pendidikan dari SD hingga SMP di Bumiayu, yang kemudian melanjutkan pendidikannya di SMA Negeri 1 Purwokerto.

Pada tahun 1963, setelah lulus dari SMA Negeri 1 Purwokero, Yahya melanjutkan pendidikan di Central Community High School, De Witt, Iowa, USA. Yahya kemudian belajar pada tahun 1971 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM, Yogyakarta.

Tak hanya itu, Yahya juga sempat kuliah di IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, namun tidak sampai tamat.

Pada tahun 1982, Yahya kembali melanjutkan pendidikannya di Massachusetts Institute of Technology, AS, dan memperoleh gelar PhD bidang Ilmu Politik dengan disertasi The Political of Client Businessmen; Kebijakan Ekonomi Indonesia 1950-1980.

Baca juga:

Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Era Gus Dur Tutup Usia

3. Karier Yahya Muhaimin

Karir Yahya Muhaimin dimulai ketika menjadi dosen ilmu sosial dan politik di UGM pada tahun 1973. Dari tahun 1982 hingga 1984 ia juga tercatat sebagai ketua program magister di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM.

Dari tahun 1996 hingga 1999, Yahya Muhaimin adalah direktur Pusat Studi Keamanan dan Perdamaian UGM. Ia kemudian melanjutkan karirnya sebagai atase pendidikan dan kebudayaan di Washington DC.

Puncak karir Yahya Muhaimin di kancah nasional terjadi ketika ia diangkat menjadi Menteri Pendidikan sejak 1999 hingga 2001 oleh Presiden Abdurahman Wahid atau Gus Dur.

4. Akademisi mengabdi sampai akhir hayat

Yahya Muhaimin dikenal sebagai seorang akademisi yang juga berkiprah di dunia pendidikan hingga akhir hayatnya. Saat meninggal, statusnya masih Rektor Universitas Peradaban Bumiayu.

5. Karya Yahya Muhaimin

Menurut Wikipedia.org, setidaknya ada dua buku karya Yahya Muhaimin di dunia politik dan militer. Yaitu buku yang berjudul “Masalah Pembangunan Politik” terbitan Gadjah Mada Press tahun 1977 dan “Pembangunan Militer dalam Politik Indonesia 1945-1966” terbitan Gadjah Mada Press tahun 1982.

Kesimpulan

Inilah – 5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur – yang begitu mengagumkan. Dedikasinya yang tinggi patut kita hormati. Yahya Muhaimin masih mengabdi pada dunia pendidikan hingga akhir hayatnya. Selamat jalan Yahya Muhaimin.