Pendidikan

Peranan Identitas Nasional Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

BantulMedia.comPeranan Identitas Nasional Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia – Identitas nasional Indonesia terdiri dari dua suku kata, pertama identitas dan kedua kebangsaan. Lalu apa  itu identitas? Identitas adalah identitas atau kualitas yang terkait dengan seseorang atau kelompok.

 Identitas Nasional Sebagai Jati Diri

Peranan Identitas Nasional Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia

Identitas terbagi menjadi dua jenis yaitu identitas primer dan identitas sekunder. Untuk Identitas primer juga biasa orang sebut sebagai identitas etnis, yang mengawali identitas sekunder. Identitas adalah yang utama karena identitas nasional diciptakan, dibentuk, dan diterima sebagai identitasnya oleh warga negara setelah menjadi negara.

Contoh identitas primer adalah Tari Topeng Cirebon. Jika kepunyaan tari topeng ini sudah diakui dunia dan diakui oleh masyarakat Indonesia, berarti tari topeng ini bisa disebut jati diri bangsa. Identitas sekunder adalah identitas yang terbentuk atas dasar kesepakatan bersama.

Lalu ada nasional, menurut KBBI itu nasional; tentang; atau oleh bangsa itu sendiri. Identitas nasional adalah identitas yang membentuk suatu bangsa yang meliputi adat istiadat, agama, berbagai kepentingan nasional, budaya, dan lain-lain.

Identitas Negara Indonesia Yang Khas

Sebagai sebuah negara, Indonesia memiliki bentuk-bentuk tertentu yang menjadi ciri khas suatu bangsa. Indonesia mudah di kenali dari negara lain melalui bentuk lambang negara, bahasa, semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”, bendera negara, falsafah dasar negara, konstitusi negara, lagu kebangsaan, dan bentuk negara. bendera negara kesatuan sebagai konsep negara dan teritorial. Ini semua merupakan bentuk identitas nasional yang tentunya tidak dimiliki oleh negara lain.

Karena setiap negara memiliki bentuk dan sejarah yang membedakannya dengan negara lain. Misalnya, Monaco memiliki bendera seperti Indonesia. Jika diperhatikan lebih dekat Monaco memiliki warna merah yang lebih gelap pada benderanya sedangkan Indonesia lebih terang, tentu cerita di dalamnya juga berbeda.

Jika negara Indonesia ingin dikenal, dihormati dan dihargai oleh negara lain, maka Indonesia harus menunjukkan identitas nasionalnya, yang tidak dimiliki oleh negara lain. Oleh karena itu, identitas nasional sangat penting bagi bangsa Indonesia yang meliputi jiwa nasionalisme, lambang negara, semboyan negara, lagu kebangsaan, dasar hukum UUD 1945, bahasa nasional, wawasan kebangsaan. nusantara, dll.

Baca juga:

Inilah Identifikasi Sistem Pertahanan Dan Keamanan Republik Indonesia

Pengaruh Budaya Barat Pada Identitas Nasional

Karena kedudukannya yang sangat penting, setiap bangsa harus memiliki identitas nasional. Namun, pada saat ini, identitas nasional tampaknya telah terkikis oleh budaya Barat. Banyak orang Indonesia lebih suka meniru atau mengutamakan budaya Barat, misalnya dalam hal cara berpakaian, musik, cara berbicara, membeli produk luar negeri, dll.

Bangsa Indonesia harus menghormati etika dan moral yang berlaku di Indonesia. Namun pada kenyataannya, budaya asing memiliki dampak yang lebih besar pada masyarakat Indonesia.

Seiring dengan pengaruh budaya Barat terhadap budaya Indonesia, Indonesia sendiri mengalami kemerosotan nilai-nilai luhur yang ada di Indonesia. Contohnya hukum di Indonesia. Selain hukum negara yang berlaku oleh pemerintah, Indonesia sendiri sudah memiliki hukum adat. Namun, hari ini, hukum umum jarang di terapkan, memberikan preferensi kepada hukum negara.

Kemudian nilai-nilai Pancasila belum menjadi acuan sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila harus menjadi acuan atau pedoman hidup bagi masyarakat Indonesia. Namun, masih banyak orang yang tidak menggunakan pancasila sebagai acuan.

Misalnya, masih banyak orang yang merokok di tempat umum padahal merokok sangat berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain di sekitarnya. Selain tidak menggunakan Pancasila sebagai acuan, bangsa Indonesia juga telah kehilangan rasa nasionalisme dan patriotismenya.

Baca juga:

Potensi Indonesia Mengembangkan Aerocity

Ketika rasa nasionalisme dan patriotisme memudar, hal itu berdampak besar pada masyarakat Indonesia. Bila itu terjadi, maka pertahanan bangsa Indonesia akan lemah dan bangsa asing dapat dengan mudah menyerbu dan menghancurkan ideologi bangsa.

Peranan Identitas Nasional Bagi Bangsa Indonesia

Bangsa Indonesia sendiri masih banyak warganya yang lebih suka menggunakan bendera asing daripada bendera merah putih, banyak juga masyarakat yang menggunakan bahasa asing daripada bahasa Indonesia untuk pemakaian sehari-hari.

Selain bendera dan bahasa, sebagian masyarakat Indonesia juga lebih memilih lambang asing daripada lambang bangsanya sendiri dan lebih menghargai karya bangsa lain daripada bangsanya sendiri. Jika ini terus berlanjut, Indonesia akan mengalami kemunduran.

Sebagai warga negara Indonesia, kita harus lebih dikenal dengan ciri khas bangsanya, sehingga negara Indonesia akan lebih mudah dikenal oleh negara lain. Jika negara Indonesia telah diakui secara budaya, budaya dan regional oleh negara lain, maka kita akan semakin eksis sebagai bangsa sesuai fitrahnya.

Selain itu, identitas nasional sangat penting bagi suatu bangsa untuk bertahan hidup karena dapat mempersatukan bangsa. Setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga masing-masing negara perlu saling membantu atau bekerja sama agar negaranya dapat berfungsi dengan lancar.

Maka identitas nasional sangat penting bagi kewibawaan negara Indonesia sebagai ciri bangsa. Jika ingin negara ini eksis dan dikenal luas oleh negara lain, Indonesia harus memiliki ciri khas tersendiri. Karena sifat itulah yang membuat Indonesia lebih dikenal dan disegani oleh negara lain.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Peranan Identitas Nasional Sebagai Jati Diri Bangsa Indonesia – semoga bisa menambah wawasan Anda.