Pendidikan

Ketahui 8 Unsur-Unsur Penting Dalam Seni Rupa

BantulMedia.com8 Unsur  Seni Rupa – Seni rupa adalah salah satu cabang seni rupa yang karya-karyanya dapat dinikmati dan diraba secara visual. Hasil seni rupa biasanya memiliki wujud yang berwujud unsur seni rupa sehingga membentuk suatu estetika tertentu yang enak dipandang mata.

Ketahui 8 Unsur-Unsur Penting Dalam Seni Rupa

8 Unsur-Unsur Penting Dalam Seni Rupa

Dalam seni rupa terbagi menjadi dua cabang, yaitu seni rupa dua dimensi atau yang hanya berupa panjang dan lebar saja, dan juga seni rupa tiga dimensi yang memiliki panjang, lebar dan ruang. Namun tentunya kedua cabang tersebut harus sesuai dengan unsur seni.

Dalam membuat karya seni harus mempertimbangkan dan mengolah konsep unsur seni berupa garis, bidang, titik, bentuk, volume, warna, tekstur dan pencahayaan berdasarkan estetika.

Sebelum menciptakan sebuah karya, untuk memahami unsur-unsur seni, Anda bisa menyimak artikel berikut.

Elemen seni rupa Ilustrasi seni.

1. Titik

Elemen paling dasar dari seni adalah titik. Menurut Sadjiman Ebdi Sanyoto, penulis buku Nirmana; Fundamentals of Art and Design (2009) berpendapat bahwa

“Secara umum dipahami bahwa suatu bentuk disebut titik karena ukurannya yang kecil, disebut kecil karena benda itu berada di area yang luas, dan jika benda yang sama bisa disebut besar, jika diletakkan di tempat yang luas. “daerah sempit”.

Dalam sebuah karya seni, unsur titik digunakan untuk melengkapi bagian-bagian terkecil. Ini biasanya terlihat dalam lukisan. Bahkan, ada juga teknik melukis yang menggunakan kombinasi berbagai variasi ukuran dan warna titik yang dikenal sebagai pointillism.

Baca juga:

Name Efect Instagram Dengan Lagu

2. Garis

Kemudian unsur seni yang kedua adalah garis atau guratan suatu benda, bidang, ruang, tekstur, warna dan sebagainya. Garis adalah suatu bentuk yang lebih panjang dari titik dan dapat dibagi menjadi beberapa bentuk yaitu, garis lurus, garis lengkung, garis panjang, garis pendek, garis horizontal, garis vertikal, garis diagonal, garis putus-putus, dan lain-lain.

Dari berbagai jenis garis, biasanya mereka menyampaikan kesan dan simbol masing-masing sehingga dapat mewakili ide, gagasan, dll. Berdasarkan bentuknya, garis dibagi menjadi dua bagian, yaitu garis nyata dan garis semu. Garis adalah salah satu elemen dasar seni yang juga penting.

Unsur Seni Rupa

3. Bidang

Unsur seni yang ketiga adalah bidang. Pada hasil karya seni rupa dua dimensi, bidang terbentuk karena adanya hubungan antar garis yang membatasi suatu bentuk. Lapangan itu sendiri juga memiliki ukuran panjang dan lebar, atau biasa disebut dengan datar. Secara formal, bidang terdiri dari bidang biomorfik (organik), bidang geometris, bidang tidak beraturan, dan bidang sudut.

Baca juga:

Bukti Bahwa Indonesia Memiliki Keragaman Sosial Budaya

Dalam unsur dasar seni rupa terdapat bidang dasar yaitu persegi, segitiga, lingkaran, trapesium dan sebagainya.

4. Bentuk

Unsur seni selanjutnya adalah bentuk. Seperti namanya, bentuk adalah wujud atau perwujudan karya seni ketika berada di alam dan tampak nyata.

Bentuk dapat juga disebut unsur kompleks karena memiliki 3 dimensi yaitu panjang, lebar dan tinggi yang bergabung menjadi satu kesatuan untuk membentuk suatu volume atau isi. Secara umum bentuk terbagi menjadi dua, yaitu bentuk beraturan dan bentuk tidak beraturan. Contohnya adalah persegi, bulat, hias, kubis, atau silinder.

Elemen seni rupa Ilustrasi seni.

5. Tekstur

Dalam sebuah karya seni, tekstur merupakan salah satu unsur seni yang terpenting. Tekstur adalah suatu elemen dimana elemen tersebut merupakan properti dari suatu objek. Sifat-sifat ini bisa tampak kasar, halus, mengkilat, licin, dll.

Secara umum tekstur dapat kita bedakan menjadi dua jenis, yaitu tekstur semu, yang tidak nyata atau yang memiliki kesan visual dan taktil yang berbeda. Dan tekstur kesan yang sebenarnya adalah sama dari permukaan objek saat dilihat dan disentuh.

Tekstur berfungsi untuk memberikan permukaan suatu karakter tertentu yang dapat membangkitkan nilai estetika.

6. Warna

Salah satu hal yang paling mencuri perhatian dari unsur seni adalah warna. Warna adalah pantulan cahaya pada benda yang memiliki pigmen tertentu. Warna terbagi menjadi warna primer, sekunder, tersier, analog dan komplementer. Elemen warna adalah salah satu elemen dasar seni yang paling penting.

Perbedaan yang nyata dari dua macam unsur warna pada bidang yang sama disebut KONTRAS.

Elemen Seni Rupa Kombinasi bayangan objek menciptakan ilustrasi yang unik.

7. Ruang atau kedalaman

Unsur-unsur seni rupa tersebut di atas biasanya terdapat pada seni rupa dua dimensi. Ruang dan kedalaman kini menjadi elemen seni tiga dimensi. Ruang dapat dirasakan langsung oleh para penikmat seni, seperti B. Ruangan pada gedung, rumah, sekolah dan lain-lain. Setiap bentuk pasti memiliki ruang, sehingga ruang merupakan elemen dasar seni yang harus ada.

Menurut Sadjiman Ebdi Sanyoto, ruang terbagi menjadi dua jenis yaitu ruang dua dimensi dan ruang tiga dimensi.

8. Cahaya gelap

Elemen terakhir dari seni ini adalah Dark Light. Setiap objek tentunya memiliki intensitas cahaya yang berbeda di setiap sudutnya. Ini juga berlaku untuk sebuah karya seni.

Gelap dan terang memberikan sebuah karya seni kesan atau kontras yang dalam. Teknik gelap dan terang terbagi menjadi dua, yaitu chiaroscuro yang merupakan transisi atau gradasi bertahap, dan siluet, yaitu bayangan tanpa transisi atau gradasi bertahap.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – 8 Unsur  Seni Rupa – semoga bisa menambah wawasan Anda. Terima kasih