Pendidikan

Berikut Lembaga Internasional PBB Di Bidang Pendidikan

BantulMedia.comBerikut Lembaga Internasional PBB Di Bidang Pendidikan – Anda pasti pernah mendengar tentang Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations yang disebut United Nations atau PBB. Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah organisasi antar pemerintah yang bertujuan untuk membangun dan memelihara perdamaian dan keamanan internasional.

Selain itu, tujuan PBB juga untuk menciptakan persahabatan antar bangsa dan mengembangkan kerjasama internasional.

Berikut Lembaga Internasional PBB Di Bidang Pendidikan

Lembaga Internasional PBB Di Bidang Pendidikan

Perserikatan Bangsa-Bangsa menjadi organisasi yang didedikasikan untuk mencegah perang di masa depan pada 24 Oktober 1945, tepat setelah Perang Dunia II.

Piagam PBB yang disusun menyatakan bahwa PBB bertujuan untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional, melindungi hak asasi manusia dan menegakkan hukum internasional.

Saat ini, 193 negara di dunia telah menjadi anggota PBB dan ada dua negara yang bukan anggota PBB, yaitu Vatikan dan Palestina.

Nah, PBB juga memiliki organisasi lain yang berada di bawah dan menangani berbagai masalah di dunia.

Anda tentu tidak asing dengan organisasi seperti WHO, UNICEF atau UNESCO. Sebelum kita bahas organisasi PBB di bidang pendidikan, yuk kita simak juga untuk bidang lainnya.

Ini adalah tiga contoh organisasi khusus milik Perserikatan Bangsa-Bangsa. Cari tahu tentang empat badan khusus PBB, yuk!

  1. WHO

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia adalah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berfokus atau bertanggung jawab atas kesehatan masyarakat global atau internasional.

Tujuan utama WHO adalah untuk mencapai tingkat kesehatan yang setinggi mungkin bagi semua orang. WHO didirikan pada tanggal 7 April 1948 dan mulai bekerja untuk kesehatan masyarakat di dunia dari tahun 1951.

Jadi apa tanggung jawab WHO sebagai organisasi milik PBB yang fokus pada kesehatan? Misi WHO termasuk memberikan pengetahuan tentang cakupan kesehatan universal, memantau risiko kesehatan masyarakat dan mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan orang-orang di seluruh dunia.

Selain itu, WHO juga bertugas memberikan bantuan kesehatan kepada negara-negara, menetapkan standar kesehatan internasional dan mengumpulkan data masalah kesehatan global.

Baca juga:

5 Negara Yang Memprakarsai Terbentuknya Asean, Indonesia Ada

  1. UNICEF

UNICEF adalah singkatan dari United Nations Children’s Fund, yang berfokus pada perkembangan anak-anak di seluruh dunia.

Pemberian bantuan kemanusiaan dan perkembangan anak merupakan misi utama UNICEF.

Prioritas UNICEF adalah:

  • – Pemberian imunisasi dan pencegahan penyakit;
  • – Memberikan pengobatan kepada ibu dan anak yang hidup dengan HIV;
  • – Perbaikan gizi ibu dan anak;
  • – meningkatkan pendidikan;
  • – Memberikan bantuan darurat jika terjadi bencana.

UNICEF didirikan di New York pada 11 Desember 1946 dan merupakan kantor pusat UNICEF. Setelah didirikan, misi pertama UNICEF saat itu adalah membantu ibu dan anak yang terkena dampak Perang Dunia II.

  1. UNESCO – Lembaga PBB di Bidang Pendidikan

Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak hanya berfokus pada manusia, tetapi juga pada pendidikan, sains, dan budaya.

Badan khusus PBB yang fokus pada ketiga isu tersebut adalah UNESCO, yaitu United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Baca juga:

Penjelasan Tentang Latar Belakang Dan Kapan PBB Didirikan

Apa tugas UNESCO sebagai organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa,?

Seperti tugas utama PBB, UNESCO memiliki tugas menjaga perdamaian dan keamanan dunia melalui kerjasama internasional.

Bedanya, tugas UNESCO ini dilakukan melalui bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan budaya.

Berikut kemungkinan yang muncul dari fokus atau tugas utama UNESCO:

  1. Meningkatkan kecepatan membaca;
  2. Memberikan pelatihan dan pendidikan teknis;
  3. Promosi ilmu pengetahuan;
  4. Melestarikan sejarah tempat dan budaya tertentu;
  5. Mempromosikan keragaman budaya.

Pendirian UNESCO seharusnya melanjutkan tujuan Liga Bangsa-Bangsa, yaitu agar negara-negara dapat dengan bebas berbagi budaya, pendidikan, dan pengetahuan ilmiah.

  1. Bank Dunia

Organisasi lain milik PBB adalah Bank Dunia, yang fokus atau tujuan utamanya adalah untuk mengurangi kemiskinan dunia. Secara teknis, Bank Dunia adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa tetapi memiliki kepemimpinan yang berbeda.

Misi Bank Dunia adalah memberikan bantuan kepada negara-negara anggota untuk meningkatkan pembangunan ekonomi negara-negara peminta. Contoh dukungan Bank Dunia adalah meminjamkan ke negara-negara tertentu dengan suku bunga rendah.

Karena misi utama ini, Bank Dunia telah menjadi sumber bantuan keuangan terbesar bagi negara-negara berkembang.

Selain itu, Bank Dunia juga memiliki tugas untuk memantau kebijakan ekonomi negara-negara anggota PBB. Jadi ini adalah empat badan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa yang bekerja di bidang yang berbeda. Selain keempat organisasi khusus tersebut, ada organisasi PBB lainnya yang aktif atau fokus di bidang lain.

Kesimpulan

Demikian – Lembaga Internasional PBB Di Bidang Pendidikan – dapat kita ketahui bersama bahwa UNESCO yang lebih berperan dalam hal pendidikan anak-anak di seluruh dunia.