Pendidikan

Cara Menemukan Passion dengan Tepat | Agar Lebih PercayaDiri

BantulMedia.comCara Menemukan Passion dengan Tepat – Jika Anda belum menemukan passion Anda, jangan berkecil hati.

Berikut cara menemukan passion yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Setiap orang pasti akan merasa lebih nyaman bekerja di bidang yang disukainya.

Ketika kita melihat postingan teman-teman di media sosial yang mendapatkan pekerjaan impian atau melakukan pekerjaan yang kebetulan menjadi hobi mereka, kita bisa menciptakan keinginan untuk menjadi seperti mereka.

Ingatlah bahwa setiap orang memiliki cara mereka sendiri untuk menemukan passion mereka dan butuh waktu untuk menemukannya, jadi jangan berkecil hati!

Anda bisa mencoba menemukan passion Anda dan siapa tahu, mungkin Anda bisa segera menemukan pekerjaan impian Anda.

Apa kemungkinan untuk menemukan gairah Anda?

Cara Menemukan Passion dengan Tepat

Cara menemukan gairah yang tepat:

Elaborasi kecemburuan yang muncul

Rasa iri yang muncul pada diri seseorang tidak selamanya negatif. Perasaan ini bisa dijadikan motivasi atau jalan menuju gairah jika dilakukan dengan benar.

Menariknya, iri hati bisa dijadikan indikator untuk melihat kesuksesan orang lain dan apa yang diharapkan dari kesuksesan orang lain.

Misalnya, apakah Anda cemburu karena orang tersebut sering bepergian ke luar negeri untuk bekerja? Atau kesejahteraan? Jam kerja geser? Atau bagaimana dia berpakaian di tempat kerja? Anda paling tahu jawabannya.

Jangan lelah mencari. Cobalah untuk membuat setidaknya tiga teman yang membuat Anda iri karena pekerjaan mereka.

Setelah menemukannya, cari tahu lebih tepatnya apa pekerjaan itu, kualifikasi profesional apa yang harus dimiliki dan perkaya keterampilan Anda dengan pekerjaan yang Anda inginkan.

Cari tahu panutannya

Sehubungan dengan poin-poin di atas, Anda dapat terbantu untuk menemukan passion dalam karir Anda dengan menemukan role model atau panutan dalam hidup Anda.

Carilah seseorang yang menginspirasi Anda untuk terus maju. Cari tahu secara spesifik di mana letak kekuatan Anda sehingga Anda bisa menjadi panutan. Anda bisa terinspirasi oleh kecerdasannya, pekerjaannya, atau hal lainnya.

Cari tahu keterampilan mana yang ingin Anda kuasai

Jawab pertanyaan dari Ikigai Quadrant. Konsep ikigai sendiri merupakan nilai kehidupan yang berakar dari budaya Jepang. Coba jawab pertanyaan berikut:

Apa yang paling Anda sukai? Apa keahlian terbaik Anda? Apakah dunia membutuhkannya? Bisakah Anda menghasilkan pendapatan dengan itu? Tanyakan pada diri Anda empat hal ini.

Anda bisa memulainya dengan mengenal diri sendiri. Apa yang membuat Anda kemungkinan besar bisa menghabiskan waktu lama melakukan sesuatu dan bersenang-senang melakukannya pada saat yang bersamaan?

Mungkin ini adalah passion yang kamu miliki, tapi selama ini kamu belum menyadarinya.

Tanya Tetanggamu

Jika Anda belum menemukan passion Anda, tanyakan pada orang-orang terdekat Anda, seperti orang tua, teman, atau pasangan. Tanyakan manfaat apa yang Anda dapatkan selama ini.

Kemudian coba tanyakan pada diri sendiri berapa banyak dari manfaat tersebut yang bisa Anda dapatkan dan apakah Anda benar-benar menikmatinya.

Berani mencoba

Setelah mengikuti empat langkah di atas yang coba Anda lakukan dan mencari tahu bidang apa yang Anda sukai, inilah saatnya Anda mencoba membuktikan pada diri sendiri bahwa Anda mampu dan benar-benar cocok untuk pekerjaan itu.

Anda dapat mencari informasi tentang posisi tersebut dan berkomitmen untuk mencoba posisi tersebut untuk jangka waktu tertentu, misalnya satu hingga tiga tahun.

Baca Juga :

Bingung jawab pertanyaan sesi interview wawancara kerja untuk lamar pekerjaan

Kesimpulan

Berikut Ulasan Diatas  cara menemukan passion untuk pekerjaan impian. Selain berusaha menemukan passion yang diinginkan.

Apabila anda sudah menemukan Passion anda, diharapkan anda lebih Percayadiri dalam menjalani hidup dan lebih mudah untuk meraih kesuksesan.