Pendidikan

Cara Menggunakan Mandiri Mobile Untuk Beli Token Listrik dan Bayar Tagihan PLN

BantulMedia.com – Mau bayar tagihan PLN atau beli listrik merk dari HP Android? Coba saja aplikasi Mandiri Mobile. Dengan catatan, sebelum dapat menggunakan Mandiri Mobile, kita harus memiliki rekening bank Mandiri dan mengaktifkan layanan SMS banking.

Cara Menggunakan Mandiri Mobile Untuk Beli Token Listrik dan Bayar Tagihan PLN

Jika Anda belum melakukan registrasi SMS banking, silahkan datang ke cabang terdekat dengan membawa rekening tabungan dan KTP yang masih berlaku dan minta aktivasi bagian CS agar bisa digunakan untuk transaksi finansial.

Meskipun Anda dapat mendaftar melalui ATM, itu hanya memungkinkan transaksi non-finansial seperti memeriksa saldo rekening tanpa dapat digunakan untuk membayar, membeli, atau mentransfer ke rekening lain.

Baca Juga : 

Melakukan Pembelian Pulsa Atau Token PLN Melalui BBM Dengan Smartphone

Keuntungan membayar tagihan PLN pascabayar melalui Mandiri Mobile adalah tidak ada biaya impuls seperti SMS banking, karena aplikasi ini berjalan pada paket data. Perlu diketahui bahwa terdapat biaya administrasi sebesar 3.500 rupiah per transaksi baik untuk pembelian listrik maupun pembayaran PLN pasca bayar.

Cara Menggunakan Mandiri Mobile Untuk Beli Token Listrik dan Bayar Tagihan PLN

  1. Jalankan aplikasi mobile mandiri, lalu login
  2. Setelah login, pilih menu Bayar – Listrik
  3. Kemudian pilih PLN dari penyedia layanan
  4. Masukkan ID pelanggan/nomor meteran lalu lanjutkan.
  5. Jumlah invoice dan nama pelanggan ditampilkan sesuai dengan nomor pelanggan yang Anda masukkan. Jika sudah benar masukkan PIN SMS banking, lalu OK, selesai.

Cara beli token PLN melalui Mandiri Mobile

  1. Buka aplikasi mobile mandiri dan masuk dengan kata sandi kami.
  2. Pilih menu Bayar – Listrik.
  3. Pilih PLN Prebayar dari penyedia layanan.
  4. Kemudian masukkan nomor pelanggan dan pilih jumlah atau nominal voucher listrik yang akan kita beli. Saat ini tersedia dari 20.000. Kemudian pergi.
  5. Terakhir muncul data pemegang rekening listrik dan jika sudah benar masukkan PIN SMS banking lalu OK, selesai.

Awalnya saya agak bingung karena setelah membeli token pln dengan Mandiri Mobile tidak ada notifikasi baik di aplikasi maupun melalui SMS. Lalu dimana kita melihat kode tokennya?

Untuk melihat kode 20 digit token yang perlu dimasukkan ke dalam meteran, Anda dapat melakukannya melalui Menu Admin – Message Box.

Kemudian pilih daftar transaksi yang baru saja kita lakukan yaitu “Pembayaran Listrik”, paling bawah di depan tombol OK, lihat bagian TOKEN / LISTRIK, karena itu adalah kode tokennya.

Jika Invoice Tidak Muncul

Bagaimana jika data invoice tidak muncul setelah memasukkan ID pelanggan? Dalam hal ini, mohon dicek kembali apakah ID yang dimasukkan sudah benar dan apakah invoice sudah jatuh tempo atau belum.

Kesimpulan

Membayar tagihan PLN pascabayar atau pembelian token listrik melalui handphone dengan aplikasi Mandiri mobile memang sangat mudah dan tidak ada biaya pulsa karena menggunakan paket data.

Anda juga bisa memasukkannya ke dalam daftar transaksi favorit sehingga jika suatu saat kita membayar tagihan listrik lagi, kita tidak perlu memasukkan nomor pelanggan, tetapi cukup pilih dari favorit dan bayar. Namun perlu diingat bahwa ada biaya administrasi sebesar 3.500 rupiah. Menurut saya lebih efisien jika kita membeli token secara online karena tidak ada tambahan biaya administrasi.

Penting : Jika anda mengalami kesulitan atau sudah membeli token dari Mandiri Mobile namun kode token tidak muncul, sebaiknya langsung menghubungi Bank Mandiri cs, karena saya hanya berbagi pengalaman disini.

Baca Juga : 

Fitur Keren Pembelian Token PLN Dan Pulsa Sekarang Bisa Di Akses Lewat Line