Pendidikan

Dampak Interaksi Ruang Antar Negara Di Semua Bidang

BantulMedia.com – Dampak Interaksi Ruang Antar Negara Di Semua Bidang – Perubahan keruangan dan interaksi antar ruang dapat berlangsung pada tingkatan yang berbeda. Proses ini dapat berlangsung di tingkat desa dan kota hingga mencakup wilayah negara dan benua (dunia).

Dampak Interaksi Ruang Antar Negara Di Semua Bidang

Mengutip Modul IPS (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, proses transformasi ruang dapat terlihat seperti pada kasus transformasi lahan. Misalnya di Asia, dimana 50 persennya sudah berpindah dari desa ke kota. Perubahan spasial ini mengarah pada interaksi antar ruangan, misalnya perpindahan penduduk dari pedesaan ke perkotaan, bahkan antar negara dan benua.

Kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi membuat transportasi penumpang semakin mudah dan praktis. Mobilitas yang lebih besar kemudian akan berdampak pada banyak sektor.

Jadi perubahan ruang dan interaksi antar ruang merupakan dua hal yang saling berhubungan dan dapat berdampak besar bagi kehidupan.

Pengaruh interaksi ruang antar negara dalam berbagai aspek kehidupan

Luar angkasa adalah suatu tempat di permukaan bumi yang digunakan secara keseluruhan atau sebagian sebagai habitat oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Setiap kamar memiliki karakteristik yang berbeda dari yang lain. Tidak ada ruang seperti yang lain.

Baca juga:

Dampak Kemajuan Teknologi Di Bidang Pendidikan

Perbedaan antara satu ruangan dengan ruangan lainnya dapat menimbulkan interaksi. Proses interaksi tersebut juga dapat memicu perubahan spasial, seperti terlihat pada kasus urbanisasi yang memicu munculnya permukiman kumuh bagi masyarakat miskin di perkotaan.

Di sisi lain, perubahan spasial juga dapat memicu interaksi spasial, sejenis konversi lahan yang mendorong urbanisasi.

Berdasarkan catatan Iwan Setiawan dkk di bidang ilmu sosial (2018:79-80), dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi serta transportasi, masyarakat dapat memperoleh informasi dari berbagai belahan dunia dengan lebih cepat. Mobilitas penduduk dari satu daerah ke daerah lain juga akan dipermudah.

Komunikasi, transportasi dan mobilitas penduduk merupakan bentuk interaksi antar ruang. Interaksi ini dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia mulai dari ekonomi, sosial, budaya, politik hingga pendidikan. Lihat detail di bawah untuk penjelasan tentang beberapa pengaruh ini.

Baca juga:

Kenali Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak

1. Pengaruh interaksi spasial antar negara dalam bidang ekonomi

Setiap negara di dunia pasti memiliki barang atau jasa yang tidak dapat diciptakan sendiri. Oleh karena itu, interaksi antar ruang terjadi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seperti dalam bentuk perdagangan.

Dari interaksi yang dilakukan, masing-masing negara dengan produknya yang khas akan memperoleh keuntungan ekonomi dengan menjual atau menyediakan jasanya.

2. Pengaruh interaksi spasial antar negara dalam ranah sosial

Manusia sebagai makhluk sosial merupakan aktor utama dalam interaksi antar ruang. Interaksi antar negara dan benua juga melibatkan manusia sebagai aktor. Kemudian terjadi interaksi sosial antara orang-orang yang memiliki kehidupan sosial yang berbeda.

Interaksi ini dapat melalui pertemuan atau melalui media komunikasi. Kehidupan sosial dapat berubah karena dampak dari interaksi tersebut. Karena interaksi antar warga negara yang berbeda memicu terjadinya pertukaran ide, pengetahuan dan pengalaman.

3. Pengaruh interaksi spasial antar negara dalam bidang kebudayaan

Sebelumnya orang-orang dari satu kamar berkomunikasi dengan orang-orang dari kamar lain. Dari interaksi tersebut, budaya yang di bawa masing-masing individu (sesuai dengan budaya di ruang aslinya) akan bertemu dengan budaya lain.

Perjumpaan budaya tersebut dapat saling mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung, apakah ada penurunan budaya salah satunya atau ada kerjasama (akulturasi) antara dua budaya yang saling bertemu.

Kemajuan teknologi transportasi dan komunikasi membuat interaksi antariksa semakin intens. Kondisi ini membuat interaksi antara orang-orang yang berbeda budaya menjadi lebih umum, baik secara langsung maupun tidak langsung. Peristiwa budaya suatu masyarakat dapat dengan mudah disaksikan oleh masyarakat di berbagai daerah.

Oleh karena itu, budaya masyarakat suatu negara dapat dengan mudah dipopulerkan oleh warga negara lain. Pengaruh budaya dapat meluas ke banyak negara. Misalnya, tren pakaian di Korea Selatan dapat ditiru oleh banyak orang Indonesia karena faktor “globalisasi” K-pop.

4. Dampak interaksi spasial antar negara dalam ranah politik

Interaksi antariksa dapat mempengaruhi sistem pemerintahan di berbagai negara. Sebagai contoh, sistem demokrasi yang semula dikembangkan di Barat kini telah diadopsi oleh sebagian besar negara di dunia.

Selain itu, pengaruh interaksi spasial antar negara dalam ranah politik juga dapat membawa perubahan kebijakan pemerintah di berbagai daerah.

Peristiwa politik tertentu di satu negara dapat mempengaruhi politik negara lain. Misalnya, konflik Israel-Palestina mempengaruhi kebijakan pemerintah Indonesia dalam menangani Israel dan Palestina.

5. Pengaruh interaksi spasial antar negara dalam pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu unsur terpenting yang sangat perlu untuk kemajuan negara. Bidang ini juga dapat berpengaruh pada interaksi spasial antar negara.

Selama ini telah banyak kerjasama antar negara dalam bidang pendidikan. Banyak negara berkembang mengirim siswa ke negara maju. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di negara berkembang.

Proses interaksi spasial antar negara, memicu terjadinya transfer of knowledge dari negara maju ke negara berkembang. Hal ini kemudian membantu memajukan bidang pendidikan di negara-negara berkembang. Sementara itu, sektor pendidikan negara-negara maju juga berkembang di saat banyak siswa datang dari berbagai belahan dunia.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang – Dampak Interaksi Ruang Antar Negara Di Semua Bidang – semoga bisa menambah wawasan Anda.