Pendidikan

Mudahnya Bertransaksi Belanja Pakai e-cash Mandiri Di Tokopedia

BantulMedia.com – Mau tahu cara menggunakan e-cash mandiri untuk belanja online di Tokopedia? Yuk simak pengalaman singkat Saya menggunakan e-cash untuk pembayaran pembelian pulsa di Tokopedia. Semoga artikel sederhana ini bisa sedikit bermanfaat, khususnya bagi rekan pembaca yang belum pernah menggunakan Mandiri e-cash untuk bertransaksi online.

Mudahnya Bertransaksi Belanja Pakai e-cash Mandiri Di Tokopedia

Awalnya agak bingung, karena pas mau bayar gagal dengan pesan error “Saldo e-cash Anda tidak mencukupi”, padahal jelas-jelas uang di rekening lebih dari cukup. Kemudian setelah mencari informasi tentang penyebab transaksi gagal, Saya menemukan tweet dari @mandiriecash yang pada dasarnya berarti permintaan OTP perlu dijeda.

Baca Juga :

 Belum Dapat Token PIN Mandiri Internet Banking? Simak Disini

Padahal, sebelum Saya dibayar dengan Tokopedia, kami mencoba meminta OTP dari aplikasi dan dalam waktu kurang dari 15 menit kami mencoba membayar, tetapi ternyata tidak bisa dan saldo tidak cukup.

Dari pengalaman ini kami menyimpulkan bahwa jika ingin menggunakan e-cash mandiri sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu dekat, jika tidak maka transaksi akan ditolak dengan pesan error bahwa saldo tidak mencukupi, padahal jelas lebih dari cukup uang di rekening e-cash.

Cara Mudah Bertransaksi Belanja Pakai e-cash Mandiri Di Tokopedia

  1. Langkah pertama tentunya login ke akun lalu pilih item yang ingin dibeli.
  2. Kemudian ketika ingin membayar, pilih Mandiri e-cash lalu bayar

pilih Mandiri e-cash lalu Bayar

  • Untuk melanjutkan, pilih Bayar lagi dan akan diarahkan ke halaman e-cash Mandiri.
  • Kemudian masukkan nomor handphone + PIN (6 digit) kemudian tekan tombol Next. Jika Anda mendapatkan pesan merah pada langkah ini, dana tidak cukup, solusinya adalah menunggu beberapa saat untuk tidak melanjutkan transaksi karena Anda mungkin telah meminta OTP dalam waktu kurang dari 15 menit.
  • Selanjutnya cek SMS yang masuk dengan kode OTP 6 digit, masukkan pada kolom yang tersedia dan pilih tombol Bayar.
  • Jika transaksi berhasil maka kita akan mendapatkan notifikasi artinya proses pembayaran telah selesai. Pilih OK atau tinggalkan, karena dalam waktu 8 detik kita akan diarahkan kembali ke halaman merchant, dalam hal ini Tokopedia.

transaksi sukses

Sangat mudah untuk berbelanja online dengan e-cash independen tanpa perlu konfirmasi ulang pembayaran misalkan saat membayar melalui transfer bank atau ATM.

Kesimpulan

Namun perlu diketahui bahwa sebelum menggunakannya untuk bertransaksi sebaiknya dicek terlebih dahulu apakah sisa pulsa di nomor handphone kita mencukupi atau tidak, karena setiap transaksi pembayaran toko atau setiap belanja online harus menggunakan OTP dan dikenakan biaya SMS sebesar 550 rupiah.

Baca Juga : 

[Terbukti Berhasil] Cara Login Akun Tokopedia Tanpa Kode Verifikasi OTP

Tidak hanya di Tokopedia, dengan e-cash ini kamu bisa beli pulsa, listrik merk dan transaksi bahkan bayar Zakat online dari banyak retailer lain seperti Elevenia, Dinomarket, Foodpanda, bhinneka.com. Semoga bermanfaat.