Pendidikan

Inilah Pengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno

BantulMedia.comPengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno – Makna Pancasila sangat penting bagi setiap warga negara Indonesia. Pasalnya, Pancasila sebagai dasar negara merupakan kesepakatan final dan diterima secara luas oleh rakyat Indonesia. Para pendiri bangsa menyepakati hal ini sebagai kesepakatan mulia dan perwujudan cita-cita seluruh rakyat Indonesia.

Inilah Pengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno

Pengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno

Selain makna pancasila, Anda juga harus memahami makna yang disampaikan oleh para ahli. Merekalah para pemikir yang kemudian menjelaskan pancasila agar lebih mudah diterima masyarakat luas.

Pancasila juga merupakan sumber hak dasar bangsa. Artinya semua regulasi yang ada di Indonesia berasal dari sana. Oleh karena itu, Anda juga harus memahami makna pancasila melalui setiap lambang yang di kandungnya melalui penjelasan berikut ini.

1. Makna Etimologis Pancasila

Secara etimologis, Pancasila berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu panca artinya lima dan sila artinya dasar. Jadi, makna Pancasila adalah lima dasar. Selain itu, tawaran juga dapat diartikan sebagai aturan yang melandasi perilaku seseorang.

Pancasila adalah dasar dari perilaku atau tindakan bangsa Indonesia yang sesuai dengan adab, moralitas, etika atau budi pekerti. Berdasarkan Liputan6, istilah pancasila terdapat dalam kitab Negarakertagama karya Empu Prapanca dan kitab Sutasoma karya Empu Tantular.

Baca juga:

Pentingnya Landasan Pendidikan Pancasila Untuk Warga Negara

Pancasila dalam kitab Sutasoma tidak hanya berarti “lima sendi berbatu” (dari bahasa Sansekerta), tetapi juga implementasi dari lima akhlak. Selain itu, istilah pancasila digunakan oleh Soekarno ketika merumuskan dasar negara Indonesia pascakemerdekaan.

2. Pentingnya Pancasila Menurut Para Ahli

Selain pengertian etimologis yang telah diuraikan di atas, menurut para ahli, Anda juga perlu mengetahui pengertian Pancasila untuk memahami maknanya lebih dalam. Berawal dari informasi dari Bola.com, berikut pengertian Pancasila menurut Ir. Soekarno, Muhammad Yamin dan Tokoh Lain Yang Wajib Anda Ketahui.

– Pengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno

Makna Pancasila menurut Ir. Soekarno adalah jiwa bangsa Indonesia yang terselubung budaya barat selama berabad-abad. Dengan demikian, Pancasila bukan hanya falsafah negara, tetapi lebih luas lagi falsafah bangsa Indonesia.

– Menurut Muhammad Yamin

Menurut Muhammad Yamin, Pancasila berasal dari kata panca yang berarti lima, dan sila yang berarti sendi, ujung, landasan, atau aturan tingkah laku yang penting dan baik. Jadi, pancasila adalah lima landasan yang berisi pedoman atau aturan tentang penting dan perilaku yang baik.

Baca juga:

Pentingnya Kebangkitan Nasional Bagi Kemerdekaan Indonesia

– Menurut Ruslan Abdul Ghani

Definisi Pancasila menurut Ruslan Abdul Ghani adalah sebagai falsafah negara yang diciptakan untuk menjadi ideologi kolektif untuk kesejahteraan rakyat dan bangsa Indonesia.

– Menurut Notonegoro

Makna pancasila adalah falsafah dasar dan ideologi negara, yang diharapkan dapat mewakili pandangan hidup bangsa Indonesia sebagai landasan pemersatu, lambang persatuan dan kesatuan, serta pertahanan bangsa dan negara Indonesia.

– Menurut Prof. Dr. Nurcholish Majdid

Prof. Dr. Nurcholish Majdid memaknai Pancasila sebagai modal bagi terwujudnya demokrasi Indonesia, Pancasila menghadirkan syarat dasar dan dasar bagi demokrasi dan tatanan politik Indonesia, Pancasila memberikan kontribusi beberapa hal penting.

3. Makna dari 5 Lambang Pancasila

Tidak hanya makna Pancasila tetapi juga makna lima simbol yang dikandungnya penting bagi Anda sebagai warga negara Indonesia.

1. Arti simbol bintang emas

Lambang bintang emas pada sila pertama Pancasila memiliki arti cahaya yang terpancar dari Tuhan Yang Maha Esa kepada umat manusia. Latar belakang hitam pada lambang bintang emas melambangkan warna alam, berkah dari Tuhan yang menjadi sumber segala sesuatu di bumi ini.

2. Arti dari rantai emas

Perintah kedua, yang berbunyi “Manusia yang Adil dan Beradab,” memiliki simbol rantai emas. Tautan pada ikon berbentuk persegi dan lingkaran yang saling terhubung.

Rantai persegi panjang mewakili simbol pria sedangkan tautan melingkar mewakili simbol wanita. Kemudian mata rantai penghubung melambangkan hubungan timbal balik antara manusia, pria dan wanita.

3. Arti pohon beringin

Pohon beringin merupakan lambang dari perintah ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Lambang pohon beringin dengan akar terkulai berarti tempat berteduh.

Pancasila sebagai dasar negara dapat diibaratkan sebagai tempat berlindung bagi bangsa Indonesia. Jadilah tempat perlindungan untuk merasa aman. Pohon beringin juga memiliki akar tunggang yang kuat yang melambangkan persatuan bangsa Indonesia.

Sedangkan sulur pohon beringin melambangkan perbedaan suku, garis keturunan dan agama di Indonesia. Terlepas dari perbedaan mereka, bangsa Indonesia tetap bersatu sebagai bangsa Indonesia di bawah lambang Pancasila.

4. Arti kepala banteng

Perintah keempat “orang yang dibimbing oleh kebijaksanaan dalam nasihat perwakilan” memiliki simbol kepala banteng. Banteng berarti sebagai hewan sosial yang suka berkumpul dan menggembala. Saat banteng berkumpul, mereka menjadi lebih kuat dan lebih sulit untuk menyerang lawan.

Simbol kepala banteng dapat menjadi gambaran budaya masyarakat Indonesia yang senang berkumpul, berdiskusi dan mencapai mufakat. Kepala banteng adalah perumpamaan bagi orang yang membuat keputusan dengan tegas.

5. Pentingnya Beras dan Kapas

Perintah kelima, yang berbunyi “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, memiliki lambang padi dan kapas. Padi dan kapas melambangkan dua kebutuhan dasar manusia untuk bertahan hidup.

Nah itulah penjelasan tentang pengertian pancasila beserta penjelasan tentang lima syiar perintah yang ada di dalamnya.

Kesimpulan

Demikian penjelasan tentang – Pengertian Pancasila Menurut Ir. Soekarno – yang bisa Anda ketahui. Dengan berbagai pengertian dari para ahli tersebut membuat kita menjadi lebih paham tentang keberadaan Pancasila.