Pendidikan

Simak Kelemahan Mandiri e-Cash Dalam Melayani Pembayaran Online

BantulMedia.com – Salah satu kelemahan Mandiri E-Cash jika digunakan untuk pembayaran transaksi online atau transaksi lain yang membutuhkan OTP, seperti tarik tunai atau transfer ke rekening Mandiri, tidak dapat digunakan untuk beberapa transaksi dalam waktu dekat.

Simak Kelemahan Mandiri e-Cash Dalam Melayani Pembayaran Online

Artinya setelah pembayaran atau transaksi berhasil dengan e-cash mandiri via OTP, kita harus menunggu beberapa menit sebelum bisa melakukan transaksi lainnya.

Baca Juga : 

Begini Cara Mengaktifkan Token PIN Di Mandiri Internet Banking

Hal ini dikarenakan OTP berlaku selama 15 menit, walaupun transaksi pembayaran berhasil atau selesai, kami tetap tidak dapat meminta OTP lagi dalam waktu kurang dari 15 menit. Jika Anda terus melakukan ini, OTP lama biasanya akan datang.

Simak Kelemahan Mandiri e-Cash Dalam Melayani Pembayaran Online

Untuk pemahaman yang lebih baik, saya mengambil contoh penggunaan Mandiri e-Cash untuk membayar Bukalapak. Ceritanya saya mau beli pulsa simpati untuk 2 nomor yang berbeda.

Dengan transaksi pertama proses lancar, kode OTP langsung masuk ke nomor e-cash saya, 14 menit kemudian saya coba beli pulsa di nomor lain pada transaksi kedua dan ternyata Kode OTP tidak masuk lambat. Saya menerima SMS tepat 10 menit.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat SMS di bawah yang berisi kode OTP, perhatikan waktu SMS masuk

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat SMS di bawah yang berisi kode OTP, perhatikan waktu SMS masuk.

Keterangan :

  1. SMS pertama sampai jam 18.18, transaksi pembayaran ke Bukalapak dan berhasil (selesai).
  2. SMS kedua datang pada pukul 18:43 atau sekitar 14 menit setelah waktu transaksi pada pukul 18:29 dan ternyata ketika saya mencoba memasukkan kode, saya telah melampaui batas validitas OTP 15 menit dan hasilnya adalah transaksi pembayaran gagal dengan pesan (status transaksi: EXPIRED) seperti pada gambar di bawah.

Jadi apa sisi kelemahannya

Expired

Seperti yang saya jelaskan di atas, kelemahan menggunakan e-cash mandiri untuk pembayaran yang perlu menggunakan OTP adalah tidak dapat digunakan dalam waktu dekat atau Anda harus menunggu kode OTP sebelumnya habis masa berlakunya 15 menit kemudian baru bisa melakukan transaksi dan meminta OTP kembali.

Kesimpulan

Untuk menghindari transaksi yang kedaluwarsa karena memasukkan kode OTP yang lama, lebih baik setelah Anda meminta OTP pertama dan transaksi selesai atau bahkan OTP tidak diterima, Anda harus menunggu setidaknya 15 menit sebelum melakukan transaksi lainnya. coba atau lakukan apa pun yang diperlukan menggunakan OTP.

Kenapa harus menunggu 15 menit? Tujuannya agar transaksi anda berjalan lancar dan anda tidak perlu mendapatkan kode OTP berkali-kali dan jika salah memasukan kode tersebut kemudian kadaluarsa seperti yang saya alami, selain itu tentunya saldo anda akan habis. habis karena setiap kali Anda mendapatkan kode OTP Anda akan dikenakan biaya 550 rupiah.

Baca Juga : 

Bagaimana Cara Registrasi Dan Aktivasi Untuk Mandiri Internet Bangking