Pendidikan

Ukuran Gambar Sangat Penting Saat Membuat Blog WordPress | Begini Caranya

BantulMedia.com – Salah satu cara untuk menghemat bandwidth web hosting adalah dengan mengoptimalkan ukuran gambar agar lebih kecil dari aslinya. Selain menghemat bandwidth, Penggunaan gambar pada postingan blog berukuran kecil tentunya akan mempercepat loading blog.

Untuk memperkecil gambar di blog WordPress secara optimal, kita bisa menggunakan layanan kompresi gambar online bersama dengan plugin pengoptimalan gambar seperti WP Smush dan masih banyak lagi.

WordPress

Konsepnya sebelum kita mengupload gambar ke blog, Baik itu untuk gambar unggulan atau dimasukkan ke dalam postingan, Kita optimalkan terlebih dahulu menggunakan tools online agar ukurannya semakin kecil tanpa mengorbankan kualitas. Setelah kita mendapatkan gambar yang lebih kecil kita upload ke blog dan ketika diupload otomatis dikompresi lagi oleh plugin web hosting yang kita gunakan.

Baca Juga : 

Berbagi Pengalaman Dari Sewa Web Hosting Di HawkHost Untuk Pemula

Ukuran Gambar Sangat Penting Saat Membuat Blog WordPress Ada Beberapa Cara Yang Dapat Diterapkan

Ukuran Gambar Sangat Penting Saat Membuat Blog WordPress

Ada banyak situs web untuk mengurangi ukuran gambar online dan pada kesempatan ini saya memutuskan untuk menggunakan pengoptimal gambar online optimizilla.

Hal ini karena kita bisa mengatur kualitas gambar sesuai kebutuhan sehingga kita bisa mendapatkan gambar dengan ukuran paling kecil, namun kualitasnya tetap sama dengan aslinya.

Cara mengoptimalkan ukuran gambar untuk blog WordPress

Untuk memperjelas, Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat blogger khususnya yang sering menggunakan gambar dalam postingan blog.

1. Instal Plugin Pengoptimal Gambar

Ada banyak pilihan yang tersedia, tetapi dari beberapa plugin yang saya coba, Saya memilih WP Smush karena tidak membebani server dan tidak menggunakan database seperti EWWW Image Optimizer yang tumbuh dalam ukuran cukup cepat.

Anda dapat menginstalnya langsung dari situs resmi WordPress. Setelah diinstal kemudian diaktifkan, maka secara otomatis akan dikompresi atau diciutkan setiap kali kita mengunggah gambar, Baik itu gambar besar atau thumbnail.

2. Kompres Gambar Secara Online

kompres gambar secara online

Langkah ini opsional, tetapi jika Anda ingin mengoptimalkan ukuran gambar agar jauh lebih kecil maka tidak ada masalah untuk mencoba langkah ini juga. Tujuannya agar gambar lebih kecil sebelum kita posting di blog sehingga tidak memakan bandwidth terlalu banyak dan loading lebih cepat, meski mungkin tidak terlihat secara signifikan.

Untuk memperkecil ukuran gambar secara online kita bisa menggunakan optimizilla.com. Caranya buka halaman optimizilla.com, lalu upload gambar yang ingin kita kompres dan biarkan prosesnya selesai. Jika hasilnya masih kurang kecil, kita bisa mengubah angka secara kualitas (default 90).

Misalnya, ukuran gambar asli adalah 30,8 KB setelah dikompresi menjadi 26 KB atau dikurangi 16%. Karena Anda ingin mendapatkan ukuran yang lebih kecil, ubah Kualitas menjadi 70, Misalnya, lalu klik Terapkan.

perbandingan

Bandingkan gambar kiri (asli) dengan yang kanan, Kalau tidak ada perbedaan bisa kita pakai. Namun, Jika hasilnya salah, kami harus menyesuaikan lagi kualitasnya dengan menambah jumlahnya.

Setelah Anda mendapatkan hasil terbaik, unduh dan simpan di PC. Itulah gambar berukuran lebih kecil yang nantinya akan kita gunakan untuk dimasukkan ke dalam artikel blog.

Kesimpulan

Seperti disebutkan di atas, Langkah kedua tidak perlu atau hanya opsional karena kita jelas membutuhkan lebih banyak kuota internet untuk mengunggah dan mengunduh, Tetapi jika Anda ingin mendapatkan gambar dengan ukuran yang lebih kecil tidak ada salahnya ikuti langkah kedua melakukan optimasi.

Itulah sedikit pengalaman dalam optimasi ukuran gambar untuk blog WordPress yaitu dengan menggunakan online image optimizer dan menginstall plugin WP-Smush.

Bagaimana jika Anda tidak menggunakan WordPress, misalnya Blogger? Karena Blogger tidak dilengkapi dengan plugin, Langkah kedua adalah mengompres gambar secara online sebelum mempostingnya di blog. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

Baca Juga : 

Dapat Notifikasi Email Recovery Password Ulas Tuntas Disini Caranya