Pendidikan

Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Era Gus Dur Tutup Usia

BantulMedia.comYahya Muhaimin Menteri Pendidikan Era Gus Dur Tutup Usia – Menteri Pendidikan di era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur (periode 1999-2001), meninggal pada Rabu 9 Februari 2022. Kabar meninggalnya Profesor Yahya Muhaimin itu disampaikan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir. Ia mengatakan, keluarga Muhammadiyah sangat berduka atas meninggalnya tokoh Muhammadiyah.

Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Era Gus Dur Tutup Usia

Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Era Gus Dur Tutup Usia

“Keluarga Muhammadiyah menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Prof Yahya Muhaimin. Meninggal hari ini, Rabu, 9 Februari 2022 pukul 10:10 WIB di RS Geriatri Purwokerto,” kata Haedar dalam keterangan pers, Rabu (9/2/2022).

Menurut Haedar, jenazah Yahya Muhaimin akan di bawa ke rumah duka di Bumiayu, Jawa Tengah. “Informasi pemakaman masih menunggu dari pihak keluarga,” kata Haedar.

Baca juga:

Inilah Biografi Singkat Dari Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan

Haedar mengenang sosok Yahya sebagai guru dan sosok Muhammadiyah yang rendah hati. “Dia adalah guru dan pemimpin kita yang rendah hati, mudah bergaul dan baik kepada kader-kader muda Muhammadiyah,” ujarnya.

Mantan Ketua Majelis Pendidikan Tinggi PP Muhammadiyah ini juga lebih familiar sebagai intelektual yang kritis.
“Dia adalah sosok intelektual yang patut di contoh yang menunjukkan bahwa kata-kata sesuai dengan perbuatan. Meski kritis, dia tetap rendah hati dan tidak ada aura kesombongan dengan ilmunya yang mumpuni,” kata Haedar.

Kabar meninggalnya Yahya Muhaimin pertama kali tersiar pada Rabu, 9 Februari 2022 oleh mantan Hakim Agung (MK), Profesor Jimly Ashiddiqie.

Baca juga:

5 Fakta Tentang Yahya Muhaimin Menteri Pendidikan Di Zaman Gus Dur

Berita Duka Menteri Pendidikan

Hal itu terekam dalam unggahan Jimly di akun Twitternya @JimlyAs pada Rabu 9 Februari 2022.
Dalam unggahannya, Jimly Ashiddiqie mengabarkan Prof Dr Yahya Muhaimin meninggal dunia di RS Purwokerto.
“Saya baru mendapat kabar duka tadi pagi Prof. Dr. Yahya Muhaimin mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan diinformasikan meninggal dunia di RS Purwokerto,” ujarnya,

“Kita doakan Almarhum Husnukhotimah dan mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah swt,” lanjutnya.
Selain itu, kabar meninggalnya Yahya Muhaimin juga beredar di grup WhatsApp.
“Assalamualaikum Wr. Wb.
Innalilahi wa innailaihi rojiuun.
Kabar duka. Telah wafat pak de kami. Bapak Prof. H. Yahya A. Muhaimin Rektor Universitas Peradaban / mantan menteri pendidikan era gus dur. Hari Rabu 9 February 2022 jam 10.15 di Purwokerto. Rencana pemakaman sore ini di Pengempon.
Mohon maaf dan doa.
Billahi taufik wal hidayah Waalaikumsalam Wr. Wb.” Tulis keterangan dari pesan WhatApp.”