Tekno

3 Cara Login Lebih Dari 1 Akun Gmail Di Smartphone Android

BantulMedia.com – Setahu Saya, ada 3 Cara Login Lebih Dari 1 Akun Gmail Di Smartphone Android agar kita bisa melihat atau melihat beberapa akun Google di HP tergantung yang Kita tambahkan.

Namun sebelum melakukan panduan di bawah ini, sebaiknya ketahui dulu apa tujuan menambahkan 3 Cara Login Lebih Dari 1 Akun Gmail Di Smartphone Android, baik itu hanya untuk Google Play Store atau hanya untuk akses email karena tujuan yang berbeda tentu saja cara yang berbeda.

Jika tujuannya adalah untuk dapat membuka lebih dari satu email Gmail di satu ponsel yang sama, Anda dapat melakukannya menggunakan aplikasi Gmail atau Yahoo Mail dan kemudian menambahkan akun lain saat mengakses Google Play Store Untuk akun lain, caranya  dari menu pengaturan.

3 Cara Login Lebih Dari 1 Akun Gmail Di Smartphone Android

Untuk dapat membuka beberapa akun Google atau Gmail dari ponsel secara bersamaan, Anda perlu menambahkan akun terlebih dahulu. Setelah ditambahkan, Anda dapat mengakses atau membuka akun ini dari ponsel Android yang sama.

Baca Juga : 

Lupa Password Gmail Di Device Dan Bagaimana Cara Melihatnya

Berikut 3 Cara Login Lebih Dari 1 Akun Gmail Di Smartphone Android

1. Cara pertama melalui menu pengaturan

Anda bisa memilih cara ini jika ingin mengakses Google Play Store, Gmail, atau Google Plus Mail dengan akun yang berbeda. Jadi setelah Anda menambahkan akun baru, saat Anda membuka Play Store, Anda akan diberikan opsi untuk memilih akun yang akan digunakan, serta Gmail dan Google+. .

Cara ini persis saat hapus akun Google Play Store di HP Android, bedanya hanya menambahkan bukan menghapus. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka menu Setting atau Setting pada HP.
  2. Kemudian pilih Umum atau General
  3. Selanjutnya, pilih Akun
  4. Kemudian pilih + Tambah Akun atau Add Account
  5. Pilih Google.
  6. Langkah selanjutnya pilih Existing jika sudah memiliki akun Gmail, lalu masukkan alamat email dan password, atau pilih New jika ingin membuat akun Gmail baru.
  7. Kemudian ikuti petunjuk di layar hingga proses selesai dan akun Gmail baru telah berhasil ditambahkan.

Apa yang terjadi setelah kita mengikuti langkah-langkah di atas?

Yang terjadi adalah Anda bisa mengakses 2 atau lebih akun email Gmail ketika kita membuka dari aplikasi Gmail. Saat kita membuka Google Play Store, akan ada pilihan akun mana yang ingin kita gunakan, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Jika Anda telah menambahkan 2 akun Gmail, dapatkah Anda menghapus salah satunya?

Bisa, dan caranya hampir sama dengan langkah-langkah di atas, namun bedanya setelah masuk ke menu Setting, pilih Akun Google Anda, lalu pilih akun yang ingin Anda hapus. Setelah itu tap tombol Hapus Akun atau jika kurang jelas silahkan baca artikel ini.

2. Cara kedua melalui aplikasi Gmail

Langkah kedua adalah Anda harus memilih kapan harus membuka 2 akun email Gmail di ponsel Android yang sama. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

1. Buka aplikasi Gmail.

2. Lalu tap menu di pojok kiri atas

3. Kemudian ketuk segitiga pengungkapan di sebelah kanan nama akun.

4. Pilih + Tambah Akun / Add Account.

5. Pilih Google

1. Selanjutnya silahkan pilih Existing atau New jika ingin membuat email baru terlebih dahulu.

2. Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.

Note : cara kedua ini efeknya sama dengan cara pertama, selain membuka 2 email Gmail yang berbeda juga mempengaruhi aplikasi yang membutuhkan akun Google, jadi saat membuka Google Play Store, Google Drive, Google Plus anda akan melihat 2 perbedaan akun.

3. Cara ketiga melalui aplikasi Yahoo Mail

Cara alternatif lain untuk membuka 2 akun Gmail di ponsel yang sama adalah dengan menggunakan aplikasi Yahoo Mail. Untuk informasi lebih lanjut, lihat panduan di bawah ini.

1. Jalankan aplikasi Yahoo Mail di ponsel Android Anda.

2. Ketuk menu di pojok kiri atas

3. Ketuk Tambah Kotak Surat Lain.

4. Pilih Google.

5. Masukkan alamat email Gmail Anda dan pilih Berikutnya.

6. Selanjutnya Anda akan diminta untuk sign in ke Gmail. Jadi, pilih tombol Berikutnya, masukkan kata sandi Gmail Anda, lalu pilih Masuk.

7. Kemudian pilih tombol Izinkan.

8. Jika berhasil, Anda dapat mengakses Gmail melalui aplikasi Yahoo.

Berbeda dengan cara pertama dan kedua, cara ketiga ini tidak mempengaruhi aplikasi lain sehingga saat membuka aplikasi Google Play Store tidak akan terlihat ada 2 akun Gmail yang berbeda.

Jika Anda ingin menambahkan akun lain, ulangi langkah-langkah tersebut agar nantinya Anda dapat membuka 2 akun email Gmail atau lebih dari satu ponsel tersebut.

Kesimpulan

Jika Anda hanya ingin membuka atau mengakses 2 akun Gmail untuk memeriksa email, gunakan metode nomor 3 sementara Anda ingin mengakses aplikasi yang memerlukan akun Google seperti aplikasi Gmail, Google Plus, Google Drive, Google Play Store dengan yang lain akun, lalu pilih metode nomor 1 atau nomor 2.

Ini adalah 3 cara untuk membuka 2 atau lebih akun Gmail di ponsel Android yang sama tanpa harus masuk lalu keluar untuk mengakses akun lain. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga : 

Dapat Notifikasi Email Recovery Password Ulas Tuntas Disini Caranya