Tekno

Bagaimana Cara Registrasi Dan Aktivasi Untuk Mandiri Internet Bangking

BantulMedia.com – Mendaftar dan mengaktifkan Mandiri Internet Banking tidaklah sulit karena hampir sama dengan mendaftar Mandiri SMS Banking melalui ATM. Pertama kita mendaftar internet banking mandiri di ATM kemudian mengaktifkannya secara online dari PC atau handphone, namun tentunya menjadi lebih sulit karena ukuran layar handphone lebih kecil dari pada PC.

Bagaimana Cara Registrasi Dan Aktivasi Untuk Mandiri Internet Bangking

Proses registrasi mandiri internet banking ini memang lebih lama dibandingkan dengan daftar mandiri SMS banking, karena setelah melakukan registrasi melalui ATM kita juga harus melakukan aktivasi secara online dan meminta token di cabang jika ingin digunakan untuk transaksi finansial.

Apa itu transaksi keuangan? Singkatnya, ini adalah jenis transaksi yang menyebabkan perubahan pada keuangan/saldo rekening Anda, sepertiTransfer bank, pembelian pulsa, pembayaran tagihan, dll.

Jadi meskipun kami telah mendaftar dan mengaktifkan internet banking Mandiri, kami tidak dapat menggunakannya untuk transaksi keuangan termasuk belanja online dll sampai Anda pergi ke cabang untuk meminta token.

Baca Juga : 

Kelebihan Mandiri Mobile Digunakan Untuk Bertransaksi Secara Langsung

Cara registrasi dan aktivasi untuk menggunakan mandiri internet banking pertama Anda harus registrasi di ATM independen dan aktifkan secara online

Berikut langkah-langkahnya :

1. Pendaftaran Internet mandiri melalui ATM

1. Masuk ke ATM Mandiri, masukkan kartu ATM, pilih Bahasa Indonesia, lalu masukkan PIN.
2. Pilih menu Transaksi Lainnya

dashboard mesin ATM mandiri

3. Pilih menu Registrasi E-Banking
4. Pilih menu Internet Banking kemudian Setuju.
5. Pada langkah selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan kode akses 6 digit. Silahkan buat kode yang mudah diingat, karena kode akses (PIN) ini nantinya akan digunakan pada saat kita melakukan aktivasi internet banking online di website Bank Mandiri.
6. Konfirmasikan kode akses dengan memasukkan kode yang sama dan pilih Benar.
7. Jika pendaftaran berhasil maka akan dikeluarkan kwitansi atau struk yang berisi seperti gambar berikut.

pendaftaran berhasil
Di sisi lain, jika pendaftaran internet banking gagal dengan ATM, maka terlepas dari cs, Anda harus menghubungi. Kalau gagal biasanya keluar struk transaksi, entah kenapa tapi rekening Saya tidak bisa digunakan untuk registrasi internet banking di ATM.
Setelah registrasi langkah pertama selesai, selanjutnya Kita aktivasi dan sebelumnya Anda harus mempersiapkan/menghafal kode akses yang dibuat di ATM dan 16 digit nomor kartu ATM di bagian depan.

2. Cara Mengaktifkan Mandiri Internet Banking

1. Langkah pertama buka halaman ib standalone kemudian pilih tombol Agree.
2. Masukkan 16 digit nomor ATM pada kolom ACCESS ID dan PIN yang dibuat di ATM saat mendaftar Internet banking pada kolom ACCESS CODE kemudian pilih tombol Activate

saat daftar internet banking pada kolom ACCESS CODE lalu pilih tombol Aktifkan.

3. Selanjutnya buat User ID dan 6 Pin Internet Banking sebanyak dua kali, lalu alamat email dan terakhir pilih tombol Submit.

buat user id dan 6 pin internet banking

Penting: Catat user ID dan PIN internet banking Anda agar tidak lupa. Karena jika lupa dan tidak memiliki token maka akan sulit untuk melakukan reset.
4. Jika proses aktivasi Mandiri Internet berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman login Mandiri ib. Silahkan login dengan user ID dan password yang telah dibuat sebelumnya.

Setelah berhasil login, Anda baru bisa cek saldo dan cek perubahan pada rekening Mandiri. Untuk transaksi lainnya seperti pembayaran, pembelian, transfer ke rekening bank lain atau mandiri lainnya, Anda harus terlebih dahulu ke cabang untuk mengaktifkan transaksi keuangan dengan token Mandiri.

Ini adalah panduan kecil untuk mendaftar dan mengaktifkan Internet independen. Setelah proses di atas, langkah terakhir adalah meminta token di cabang dengan membawa buku tabungan, ATM dan juga KTP. Kemudian aktifkan token independen secara online.

Baca Juga : 

Pakai Provider kartu Tri Bermasalah Saat Daftar Line Pay e-Cash Atau e-Cash Mandiri