Tekno

Bagaimana Cara Ubah Size File PDF Jadi Kecil

BantulMedia.com – Jika Anda ingin tahu bagaimana cara ubah Size File PDF jadi kecil, ada dua pilihan umum yaitu online atau offline dengan software tambahan gratis seperti ORPALIS PDF Reducer.

Keuntungan mengompresi dokumen PDF ke ukuran online adalah Anda tidak perlu menginstal ulang aplikasi di komputer Anda, tetapi tentu saja membutuhkan koneksi internet dan cepat atau lambat tergantung pada seberapa besar file yang diproses dan internet digunakan untuk mempercepat.

Bagaimana Cara Ubah Size File PDF Jadi Kecil

Sedangkan jika kita melakukannya secara offline tentunya Anda harus menginstall softwarenya terlebih dahulu, walaupun hanya sekali. Keuntungannya, bagaimanapun, adalah bahwa kita dapat melakukan ini kapan saja tanpa koneksi internet.

Selain itu bisa lebih aman, apalagi jika file PDF yang sedang diproses bersifat penting atau rahasia sehingga hanya bisa dibaca oleh kelompok tertentu saja.

Baca Juga :

Transfer File Melalui WiFi Gunakan Aplikasi Xender Caranya Disini

Dari sisi hasil, pengurangan ukuran PDF online sebenarnya bisa dimaksimalkan karena tingkat atau level kompresinya lebih tinggi.

Bagaimana Cara ubah Size File PDF Jadi Kecil

Sejak Saya mencoba membandingkan hasil kompresi dengan ORPALIS PDF Reducer dengan smallpdf (online), ternyata smallpdf dapat menghasilkan ukuran file yang lebih kecil dan kualitas yang dihasilkan hampir sama dengan aslinya.

Semoga panduan yang kami bahas di bawah ini dapat bermanfaat, terutama bagi Anda yang kesulitan mengirim file PDF ke email karena ukurannya melebihi batas. Baik itu untuk aplikasi atau laporan yang harus dikirim dalam format PDF.

Berikut cara mudah untuk mengurangi ukuran file PDF

Cara pertama: Gunakan ORPALIS PDF Reducer

ORPALIS PDF Reducer

  1. Langkah pertama download program instalasi software Orpalis PDF Reducer dari sini
  2. Kemudian instal dan jalankan.
  3. Pertama-tama ubah pengaturan agar Anda dapat membaca file alih-alih folder saat Anda memilih menu Opsi, lalu pilih tab Umum dan ubah mode input menjadi Pilihan File
  4. Langkah selanjutnya adalah memilih tombol sumber kemudian mencari dokumen PDF yang ingin kita kecilkan.
  5. Kemudian pilih tombol Destination untuk menentukan folder dimana hasil akan disimpan.
  6. Terakhir, pilih tombol Start Batch dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Seperti langkah-langkah di atas, ternyata software ini mampu memperkecil ukuran file PDF hingga 51% dibandingkan dengan ukuran aslinya. Alternatif lain bagi yang tidak ingin menginstal aplikasi tambahan dapat mencoba secara online. Berikut adalah panduannya.

Metode 2: kompres file PDF secara online

kompres file PDF secara online

  1. Kunjungi situs smallpdf
  2. Kemudian upload dokumen PDF dari PC/DropBox/Google Drive. Jika Anda mengambilnya dari PC, Anda dapat menarik dan melepasnya atau mengklik Pilih File.
  3. Tunggu proses upload dan kompresi selesai.
  4. Terakhir, unduh hasilnya ke PC Anda dengan memilih Unduh file sekarang.

Unduh file sekarang

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, file asli 4.82MB setelah dikompres menjadi 962.78KB, cukup kecil bukan?

Jika Anda membandingkan ORPALIS PDF Reducer dan smallpdf, jelas bahwa smallpdf dapat menghasilkan ukuran file yang lebih kecil, tetapi kembali ke kebutuhan masing-masing. Karena seperti yang disebutkan di atas, jika Anda khawatir atau tidak ingin mengunggah file penting, Saya sarankan untuk melakukannya secara offline meskipun tingkat kompresinya tidak terlalu tinggi.

Ini adalah dua cara mudah untuk mengurangi ukuran

Kesimpulan

Dari hasil penjelasan tersebut bahwa dari kedua software mempunyai kelebihan dan kekurangan, Kalau Anda kompresi dengan ORPALIS PDF Reducer dengan smallpdf (online), ternyata smallpdf dapat menghasilkan ukuran file yang lebih kecil dan kualitas, tetapi kembali ke kebutuhan masing-masing.

Baca Juga : 

Bagaimana Cara Edit File PDF Apa saja Toolsnya