Tekno

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Di Cas Pada Baterai Tanam

BantulMedia.comCara Mengatasi Hp Tidak Bisa Di Cas Pada Baterai Tanam – Salah satu kelemahan ponsel dengan baterai built-in (baterai tanam) adalah kinerjanya tidak meningkat bahkan ketika di isi. Ketika ini terjadi, ponsel tidak dapat di isi, baterai bawaan tidak dapat mengandalkan pengisi daya katak seperti baterai biasa.

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Di Cas Pada Baterai Tanam

Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Di Cas Pada Baterai Tanam

Perlu tips khusus agar baterai terisi kembali. Jika Anda adalah pengguna baterai yang tidak dapat dilepas dan mengalami masalah ini. Simak pembahasan cara mengatasi baterai bawaan yang tidak mau terisi berikut ini.

Tutorial mengatasi Hp Tidak bisa di Cas di baterai tanam

1. Nyalakan kembali ponsel Anda

Ponsel dengan baterai non-removable atau baterai built-in memiliki keunggulan tersendiri daripada baterai biasa. Namun salah satu kekurangannya adalah tidak bisa di copot seperti baterai biasa, apalagi saat handphone bermasalah.

Baca juga:

Tips Menghemat Baterai Samsung Tanpa Aplikasi

Namun, cara pertama untuk mengatasi baterai bawaan yang tidak mau diisi adalah dengan me-restart ponsel. Cara pertama ini sangat efektif untuk membersihkan data cache yang terakumulasi di RAM.

Karena tidak menutup kemungkinan baterai yang sudah terpasang tidak bisa diisi karena memori utama terlalu penuh dengan data. Jadi, tidak ada salahnya mencoba cara ini terlebih dahulu dan lihat apakah berhasil atau tidak.

2. Gunakan pengisi daya dengan peringkat ampere yang lebih tinggi

Untuk mengatasi ponsel yang tidak dapat mengisi daya baterai yang ditanamkan, langkah selanjutnya adalah menggunakan pengisi daya berbeda yang memiliki peringkat ampere lebih tinggi dari yang biasa Anda gunakan. Sebagai gantinya, gunakan beban yang memiliki nilai ampere dua kali nilai ampere yang tercantum pada beban asli.

Pengisi daya asli memiliki misalnya 0,4 A (= 400 mAh) ditentukan, kemudian gunakan charger dengan nilai ampere yang lebih besar tersebut. 1A (= 1000mAh). Cara ini sudah terbukti ampuh dan efektif serta cukup aman untuk mengatasi masalah baterai ponsel implan Anda.

Baca juga:

Simak Cara Mengecas HP Dengan Cepat Tanpa Aplikasi

3. Gunakan tombol daya dan volume turun

Cara praktis lain yang dapat Anda gunakan saat baterai internal gagal mengisi daya adalah dengan menekan tombol Daya dan Volume Turun secara bersamaan. Setelah itu, biarkan ponsel dalam keadaan terisi daya.

Tekan terus kedua tombol hingga ponsel bergetar. Cara ini tidak hanya sederhana dan cepat, tetapi juga telah terbukti pada ponsel merek Samsung.

4. Lepaskan Micro SD dan kartu SIM

Jika ketiga cara diatas tidak menunjukkan hasil apapun, anda bisa mencoba mengatasi hp yang tidak bisa di charge dengan baterai tanam. Yaitu dengan cara mencopot atau mencopot semua memory yang ada di handphone seperti Micro SD, SIM card, dll.

Kondisi baterai bawaan yang tidak mau diisi bisa terjadi karena penyimpanan data melebihi kapasitas atau spesifikasi dari ponsel itu sendiri. Ponsel juga perlu istirahat dari penggunaan non-stop.

Jadi, langkah yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan menghapus semua penyimpanan ekstra seperti kartu SIM dan micro SD dan biarkan selama beberapa menit. Setidaknya tunggu hingga ponsel tidak lagi panas saat disentuh, lalu pasang kembali dan coba isi daya lagi seperti biasa.

5. Gunakan kabel USB untuk mengisi daya

Solusi Ponsel tidak dapat diisi daya. Selanjutnya, Anda dapat menggunakan kabel USB untuk mengisi baterai implan ponsel Anda dan menghubungkannya ke laptop atau PC.

Hal ini terjadi karena daya yang diterima saat charging melalui laptop atau PC lebih besar dari charge biasa.

Cara ini sering digunakan untuk mengisi baterai yang benar-benar mati karena tidak bisa diisi. Tujuannya adalah untuk menyetrum baterai yang sudah kosong.

Jika metode ini berhasil dan baterai mulai terisi, biarkan proses berlanjut setidaknya hingga baterai internal terisi sekitar 15%. Kemudian Anda dapat mencabutnya dan terus mengisi daya dengan pengisi daya biasa.

6. Kalibrasi Baterai dengan Aplikasi

Cara yang dapat dilakukan ponsel tidak dapat diisi dengan baterai yang ditanamkan, tetapi dengan mengkalibrasi baterai. Sejauh ini, Anda pertama kali mengunduh aplikasi kalibrasi dari Google Play Store.

Kemudian gunakan aplikasi untuk merangsang baterai agar kembali ke siklus semula. Cara ini juga berfungsi untuk mereset baterai HP meter yang rusak.

7. Periksa koneksi USB

Jika baterai tertanam tidak mengisi daya, salah satu hal yang harus Anda periksa adalah port USB pada ponsel Anda. Karena bisa jadi port USB dalam keadaan rusak akibat seringnya lepas dan penyambungan kabel yang ceroboh.

Untuk memeriksanya, colokkan kabel pengisi daya dan goyangkan sedikit. Jika posisi kabel dapat dengan mudah dipindahkan ke kiri dan ke kanan. Ada kemungkinan soket pada port USB rusak atau terlepas.

Untuk mengatasinya, mau tidak mau Anda terpaksa harus pergi ke service desk untuk perbaikan atau penggantian konektor USB baru.

8. Ganti kabel data baru

Cara mengatasi hp tidak bisa di charge dengan baterai bawaan, bisa juga anda lakukan jika pada saat charging tidak mau bertambah tapi malah berkurang.

Anda dapat mengganti kabel data dengan yang baru jika tidak terasa panas sama sekali saat Anda menyentuh adaptor pengisi daya. Karena ada kemungkinan kabel data Anda rusak atau rusak.

Hal ini wajar karena kabel merupakan komponen yang paling rentan rusak akibat kebiasaan buruk. Gulung kabel pengisi daya saat tidak Anda gunakan.

9. Gunakan pengisi daya nirkabel

Mereka yang memiliki ponsel dengan fungsi pengisi daya nirkabel dapat menggunakan teknologi ini untuk mengisi dayanya. Kemudian Anda akan melihat apakah ponsel dapat di isi atau tidak. Jika Anda bertanya-tanya apakah itu dapat di isi, port USB atau pengisi daya yang Anda gunakan mungkin rusak.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang – Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Di Cas Pada Baterai Tanam – yang bisa Anda coba. Berbagai cara bisa Anda terapkan untuk mengatasi hp yang tidak bisa di charge dengan baterai tanam di atas sebelum Anda membawanya ke loket servis. Jika itu tidak berhasil, mungkin sudah saatnya mengganti ponsel Anda dengan baterai baru.