Tekno

Begini Cara Mudah Membuka File RAR Di Andriod Anda

BantulMedia.comBegini Cara Mudah Membuka File RAR Di Andriod Anda – Teknologi saat ini semakin memudahkan kita untuk saling berkirim dokumen. Bahkan mungkin Anda mendapat dokumen berukuran besar. Terkadang ketika Anda mendownload file baik itu dokumen, aplikasi atau file tersebut sering diarsipkan dalam format RAR untuk mengurangi ukuran file itu sendiri.

Anda mungkin terbiasa mendapat file RAR dan ZiP.Keduanya adalah kompresi data yang paling umum dorang gunakan. Beberapa orang mungkin merasa asing melihat atau menemukan kedua jenis file ini untuk pertama kalinya.

Begini Cara Mudah Membuka File RAR Di Andriod Anda

Begini Cara Mudah Membuka File RAR Di Andriod Anda

Misalnya, jika ukuran file asli adalah 1,3 GB, saat mengarsipkan atau mengonversi ke format file RAR, ukurannya akan dikompresi secara otomatis ke ukuran yang lebih kecil 1,0 GB.

RAR adalah format kompresi yang membantu mengurangi ukuran file. Selain RAR, ada format kompresi lain yaitu Zip.

Namun format RAR lebih banyak orang pakai daripada dengan Zip. Terutama untuk mengompres aplikasi, dokumen, game, dan jenis file lainnya.

Ini karena file dapat dikompresi dalam format RAR hingga 70% dari ukuran aslinya. Padahal zip hanya bisa mengompres file hingga 60%.

Format file RAR adalah yang paling banyak digunakan saat ini. Meskipun demikian, ternyata masih banyak pengguna yang belum mengetahui cara membuka file RAR di Android dengan atau tanpa aplikasi.

Karena itu, pengguna yang menemukan file dalam format RAR terkadang mengalami kebingungan saat ingin membukanya melalui perangkat Android. Lalu bagaimana cara membuka file RAR di Android?

Mengenai hal ini, ada 2 pilihan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan aplikasi atau tanpa aplikasi. Untuk lebih jelasnya silahkan simak langkah-langkah berikut ini dengan jelas dan cermat.

Cara Membuka File RAR di Android Tanpa Aplikasi

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah tidak menggunakan aplikasi tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan tools online yang bisa mengekstrak file berformat RAR. Di sini kami merekomendasikan situs web ezyzip.com.

Dengan menggunakan situs alat online ini, Anda dapat dengan mudah membuka file RAR di Android karena file telah diekstraksi dan tidak lagi diarsipkan dalam format RAR. Bagaimana cara menggunakannya:

  1. Pertama-tama, Anda buka aplikasi browser web di Android
  2. Setelah itu silahkan buka halaman https://www.ezyzip.com/open-extract-rar-file-online.html
  3. Kemudian ketuk Pilih file
  4. Silakan telusuri file RAR yang ingin Anda ekstrak atau buka
  5. Tunggu proses upload selesai
  6. Kemudian tap Extract dan tunggu prosesnya
  7. Terakhir, ketuk Simpan
  8. Selesai

Cara Membuka File RAR di Android Dengan Aplikasi

Untuk cara membuka file RAR di Android selanjutnya adalah menggunakan aplikasi bernama ZArchiver. Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuka berbagai file arsip termasuk RAR.

Namun sebelum bisa membukanya, terlebih dahulu Anda harus mendownload aplikasi ZArchiver dari Google Play Store atau bisa langsung klik link di bawah ini.

Baca juga:

Bagaimana Cara File PDF Bisa Digabungkan Di Android atau Laptop

Cara menggunakannya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  1. Setelah di download tinggal buka aplikasi ZArchiver
  2. Kemudian cari file RAR yang ingin Anda buka
  3. Klik pada file
  4. Ada beberapa pilihan, silahkan pilih View atau bisa di extract terlebih dahulu dengan memilih Extract Here
  5. Terakhir, Anda akan melihat isi arsip RAR
  6. Selesai

Kesimpulan

Itulah pembahasan – Begini Cara Mudah Membuka File RAR Di Andriod Anda – yang bisa Anda coba dengan dan tanpa aplikasi berikut. Bagaimana mudah bukan? Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi.

Semoga pembahasan ini bisa sangat bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa untuk membagikan postingan ini ke media sosial agar pengguna Android lainnya juga mengetahuinya. Terima kasih