Tekno

Tips Cepat Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android

BantulMedia.comTips Cepat Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android – Di era smartphone, koneksi internet menjadi salah satu hal terpenting untuk menikmati konten multimedia di smartphone. Ketika koneksi internet terputus, tidak heran banyak yang ingin mengetahui cara memperbaiki internet di Android yang benar.

Tips Cepat Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android

Tips Cepat Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android

Konektivitas internet di Indonesia sendiri sedang berada di era transisi dari 4G ke 5G. Meski sebenarnya jaringan 4G belum merata di berbagai macam daerah di Indonesia. Namun, langkah positif dengan peluncuran 5G wajib kita apresiai.

Jaringan internet di ponsel Android penting untuk mengakses konten yang membutuhkan akses data. Terkadang pengaturan yang salah, menciptakan akses Internet menjadi lambat dan sering tersendat.

Apabila Anda menghadapi kasus karena koneksi internet yang lambat, Anda perlu menyiapkan beberapa langkah untuk mengatasinya. Terkadang terdapat settingan di hp android kita yang menciptakan koneksi internet menjadi lambat.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya pengguna bisa melakukan beberapa pengecekan yang perlu Anda lakukan dalam menu pengaturan koneksi internet.

Jaringan internet yang lemot tidak hanya terjadi karena ponsel Android yang bermasalah. Bisa jadi penyedia jaringan, misalnya Paket Internet yang Anda beli salah atau terjadi kesalahan dalam jaringan provider.

Jadi terdapat beberapa hal yang wajib Anda antisipasi ketika jaringan internet yang bermasalah. Berikut tutorial cara memperbaiki jaringan internet di Android.

  1. Periksa paket Internet

Hal pertama yang wajib  Anda lakukan adalah mengecek paket internet yang Anda gunakan. Pengguna mungkin sudah membeli paket internet yang salah atau paket internet sudah kadaluwarsa sehingga mengakibatkan koneksi menjadi lambat.

Oleh karena itu, silahkan cek kuota internet yang Anda gunakan, banyak pengguna yang tidak menyadari bahwa paket internet habis. Nah, Anda  bisa cek dulu sisa kuota atau pemakaian paket internet yang Anda  pakai.

  1. Aktifkan Mode Pesawat

Di langkah selanjutnya, Anda bisa mencoba mode Pesawat di ponsel Android yang Anda gunakan. Mode pesawat pastinya tersedia di seluruh ponsel Android.

Mode pesawat sendiri bisa menjadi solusi waktu koneksi internet sedang tidak stabil. Anda bisa memakai mode pesawat dan pulang 1-dua mnt sehabis aktivasi. Kemudian coba lihat apakah koneksi internetnya cepat.

  1. Restart HP / reboot

Cara ampuh memperbaiki jaringan internet di hp android adalah dengan restart atau restart. Dimana cara ini bisa menjadi salah satu langkah sederhana yang bisa Anda  lakukan waktu koneksi internet memang lambat.

Restart ponsel Android Anda akan membawa Anda pulang ke pengaturan awal dan menghilangkan beberapa BUG. Reboot bisa menjadi solusi yang sangat ampuh bagi anda yang sedang mengalami kasus dengan hp android anda.

  1. Pilih Jaringan secara manual

Langkah efektif berikutnya adalah menentukan jaringan secara manual di mana Anda bisa memakai metode ini di seluruh ponsel Android. Di mana terdapat pengaturan jaringan internet, Anda bisa menentukan untuk mengatur koneksi internet Anda.

Silahkan reset prioritas jaringan internet yang akan dipakai di menu setting. Langkahnya juga mudah hanya dengan masuk ke menu setting kemudian pilih jaringan. Lanjutkan dengan menentukan prioritas koneksi Internet.

  1. Keluarkan kartu SIM

Cara simpel untuk mengatasi kasus koneksi internet Android adalah dengan mengeluarkan kartu SIM Anda. Silakan coba dengan mematikan ponsel Android terlebih dahulu kemudian mengeluarkan kartu SIM.

Anda bisa membersihkan kartu SIM yang sebelumnya dikeluarkan. Agar lebih efektif, Anda bisa membersihkannya dengan kuas atau penghapus supaya logam lebih mengkilap.

  1. Setel ulang APN

Langkah sederhana selanjutnya adalah mereset APN. Anda bisa menciptakan pengaturan APN untuk merampungkan kasus internet yang memuntuk repot lebih cepat.

Apabila Anda melakukan perubahan dalam pengaturan APN, koneksi Internet akan berubah. apabila pengaturan ini berhasil, koneksi internet bisa lebih cepat atau sebaliknya.

  1. Gunakan operator lain

Apabila beberapa metode tidak bisa menyediakan koneksi internet yang Anda inginkan, coba beralih ke penyedia lain. Ini bisa dilakukan untuk menguji apakah operator eksklusif mungkin mengalami kasus.

Baca juga:

Sinyal Tak Stabil? Begini Cara Mengunci Jaringan 4G Di Hp Vivo

Anda bisa mencoba ganti koneksi internet ponsel Android Anda dengan memakai operator yang berbeda. Silakan coba operator lain untuk mematikannya bila Anda mungkin mengalami kesalahan dengan operator eksklusif.

  1. Hubungi Call Center

Mungkin metode yang satu ini bisa menjadi metode penyelesaian yang bisa Anda jalankan. Apabila koneksi masih lambat, Anda bisa mencoba menghubungi call center untuk menanyakan apakah mereka mempunyai koneksi internet.

Apabila koneksi internet yang Anda pakai terasa relatif lambat dan seluruh cara sudah digunakan, Anda bisa menghubungi call center. Langkah ini bisa menjadi solusi yang menarik bila ponsel Anda sangat lambat.

Kesimpulan

Nah, itulah pembahasan – Tips Cepat Cara Memperbaiki Jaringan Internet di Android – beberapa langkah yang bisa Anda  lakukan dengan mudah untuk mengatasi hal koneksi lemot. Koneksi yang lambat tidak hanya terjadi dari ponsel Android yang rusak namun terdapat kasus lain misalnya koneksi juga.