Wisata

10 Destinasi Seru Yang Harus Dikunjungi Di Jogja

10 Destinasi Seru yang Harus Dikunjungi di Jogja

Yogyakarta, atau yang lebih dikenal dengan Jogja, adalah salah satu kota tujuan wisata paling populer di Indonesia. Kota ini menawarkan berbagai macam atraksi wisata, mulai dari wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner.

Jika Anda berencana untuk mengunjungi Jogja, berikut adalah 10 destinasi seru yang wajib Anda kunjungi:

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 oleh Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terdiri dari tiga candi utama, yaitu Candi Siwa, Candi Brahma, dan Candi Wisnu. Selain itu, terdapat juga candi-candi perwara yang lebih kecil.

2. Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Jogja. Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 oleh Kerajaan Mataram Kuno. Candi ini terdiri dari sembilan tingkat, dengan puncaknya berupa stupa induk. Candi Borobudur dihiasi dengan relief-relief yang menceritakan kisah kehidupan Buddha.

3. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah istana resmi Kesultanan Yogyakarta. Keraton ini terletak di pusat kota Jogja, tepatnya di Kecamatan Kraton. Keraton Yogyakarta dibangun pada abad ke-18 oleh Sultan Hamengkubuwono I. Keraton ini terdiri dari beberapa bangunan, di antaranya adalah Bangsal Kencana, Bangsal Manis, dan Bangsal Sri Manganti. Keraton Yogyakarta terbuka untuk umum dan pengunjung dapat melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah, seperti pusaka kerajaan, gamelan, dan wayang kulit.

4. Taman Sari

Taman Sari adalah kompleks taman kerajaan yang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono I pada abad ke-18. Taman Sari terletak di Kecamatan Kraton, sekitar 1 kilometer dari Keraton Yogyakarta. Taman Sari terdiri dari beberapa bagian, di antaranya adalah kolam renang, pulau buatan, dan gua-gua. Taman Sari dulunya digunakan sebagai tempat rekreasi dan peristirahatan para raja dan keluarganya.

5. Malioboro

Malioboro adalah jalan utama di pusat kota Jogja. Jalan ini membentang dari Tugu Yogyakarta hingga Stasiun Tugu. Malioboro merupakan kawasan yang ramai dan penuh dengan aktivitas. Di sepanjang jalan ini terdapat berbagai macam toko, restoran, dan kafe. Malioboro juga merupakan tempat yang tepat untuk membeli oleh-oleh khas Jogja.

6. Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo adalah pasar tradisional terbesar di Jogja. Pasar ini terletak di Kecamatan Kraton, sekitar 1 kilometer dari Keraton Yogyakarta. Pasar Beringharjo menjual berbagai macam barang, mulai dari makanan, pakaian, hingga oleh-oleh. Pasar Beringharjo juga merupakan tempat yang tepat untuk mencicipi kuliner khas Jogja.

7. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu pantai paling populer di Jogja. Pantai ini terletak di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, sekitar 27 kilometer dari pusat kota Jogja. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan pemandangannya yang indah. Pantai Parangtritis juga merupakan tempat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam.

8. Pantai Baron

Pantai Baron adalah pantai yang terletak di Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 60 kilometer dari pusat kota Jogja. Pantai Baron terkenal dengan pasir putihnya yang halus dan pemandangannya yang indah. Pantai Baron juga merupakan tempat yang tepat untuk berselancar.

9. Goa Pindul

Goa Pindul adalah goa yang terletak di Kecamatan Bejiharjo, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 40 kilometer dari pusat kota Jogja. Goa Pindul merupakan goa yang terbentuk dari aliran sungai bawah tanah. Pengunjung dapat menyusuri Goa Pindul dengan menggunakan ban karet. Goa Pindul juga merupakan tempat yang tepat untuk berpetualang.

10. Gunung Merapi

Gunung Merapi adalah gunung berapi aktif yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Gunung Merapi seringkali meletus dan mengeluarkan awan panas. Pengunjung dapat mendaki Gunung Merapi dan menikmati pemandangan alam yang indah dari puncaknya.

Itulah 10 destinasi seru yang wajib Anda kunjungi di Jogja. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik sebelum memulai perjalanan Anda. Selamat berlibur!