Wisata

Bantul, Yogyakarta: Menjelajahi Tempat-tempat Unik yang Belum Tersentuh Wisatawan

Bantul, Yogyakarta: Menjelajahi Tempat-tempat Unik yang Belum Tersentuh Wisatawan

Bantul, Yogyakarta: Menjelajahi Tempat-tempat Unik yang Belum Tersentuh Wisatawan

Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dikenal dengan berbagai destinasi wisata yang menarik. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak tempat unik di Bantul yang belum banyak dikunjungi wisatawan? Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda menjelajahi beberapa tempat unik di Bantul yang wajib dikunjungi.

1. Watu Giring

Watu Giring adalah sebuah tebing batu yang terletak di Desa Giring, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Tebing batu ini memiliki pemandangan yang sangat indah, terutama saat matahari terbit dan terbenam. Anda dapat menikmati pemandangan pantai selatan Yogyakarta dari atas tebing batu ini.

Untuk mencapai Watu Giring, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Yogyakarta menuju Pantai Parangtritis. Setelah sampai di Pantai Parangtritis, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah barat hingga sampai di Watu Giring. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus jurusan Yogyakarta-Panggang, lalu turun di Desa Giring. Dari Desa Giring, Anda dapat berjalan kaki atau naik ojek menuju Watu Giring.

2. Gua Selarong

Gua Selarong adalah sebuah gua yang terletak di Desa Selarong, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul. Gua ini memiliki panjang sekitar 1,5 kilometer dan lebar sekitar 5 meter. Di dalam gua, Anda dapat melihat berbagai stalaktit dan stalagmit yang sangat indah.

Untuk mencapai Gua Selarong, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Yogyakarta menuju Kecamatan Pajangan. Setelah sampai di Kecamatan Pajangan, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah selatan hingga sampai di Desa Selarong. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus jurusan Yogyakarta-Wonosari, lalu turun di Desa Selarong. Dari Desa Selarong, Anda dapat berjalan kaki atau naik ojek menuju Gua Selarong.

3. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan lebar sekitar 10 meter. Di bawah air terjun, terdapat sebuah kolam alami yang sangat indah.

Untuk mencapai Air Terjun Kedung Kandang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Yogyakarta menuju Kecamatan Dlingo. Setelah sampai di Kecamatan Dlingo, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah selatan hingga sampai di Desa Jatimulyo. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus jurusan Yogyakarta-Wonosari, lalu turun di Desa Jatimulyo. Dari Desa Jatimulyo, Anda dapat berjalan kaki atau naik ojek menuju Air Terjun Kedung Kandang.

4. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan adalah sebuah kebun buah yang terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kebun buah ini memiliki luas sekitar 25 hektar dan ditanami berbagai jenis buah-buahan, seperti mangga, durian, rambutan, dan sirsak. Di kebun buah ini, Anda dapat memetik buah langsung dari pohonnya.

Untuk mencapai Kebun Buah Mangunan, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Yogyakarta menuju Kecamatan Dlingo. Setelah sampai di Kecamatan Dlingo, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah barat hingga sampai di Desa Mangunan. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus jurusan Yogyakarta-Wonosari, lalu turun di Desa Mangunan. Dari Desa Mangunan, Anda dapat berjalan kaki atau naik ojek menuju Kebun Buah Mangunan.

5. Puncak Becici

Puncak Becici adalah sebuah puncak bukit yang terletak di Desa Gunungcilik, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Puncak bukit ini memiliki ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut dan menawarkan pemandangan yang sangat indah. Dari Puncak Becici, Anda dapat melihat pemandangan Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Lawu.

Untuk mencapai Puncak Becici, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute dari Yogyakarta menuju Kecamatan Dlingo. Setelah sampai di Kecamatan Dlingo, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah selatan hingga sampai di Desa Gunungcilik. Jika menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik bus jurusan Yogyakarta-Wonosari, lalu turun di Desa Gunungcilik. Dari Desa Gunungcilik, Anda dapat berjalan kaki atau naik ojek menuju Puncak Becici.

Demikian beberapa tempat unik di Bantul yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Jika Anda ingin menjelajahi tempat-tempat unik yang belum tersentuh wisatawan, Bantul adalah tujuan yang tepat untuk Anda.