Wisata

Embung Batara Sriten: Keajaiban Danau Buatan Tertinggi Di Jogja

Embung Batara Sriten: Keajaiban Danau Buatan Tertinggi di Jogja

Embung Batara Sriten merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Embung ini terletak di Desa Sriten, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Embung Batara Sriten merupakan danau buatan yang dibangun pada tahun 2014 dan diresmikan pada tahun 2016. Embung ini dibangun untuk menampung air hujan dan menjadi sumber air bagi masyarakat sekitar.

Embung Batara Sriten memiliki luas sekitar 10 hektare dengan kedalaman sekitar 15 meter. Embung ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membuat pemandangannya semakin indah. Embung Batara Sriten juga menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, seperti ikan mas, ikan nila, dan ikan mujair.

Embung Batara Sriten menjadi salah satu objek wisata favorit di Yogyakarta karena keindahan alamnya yang memukau. Embung ini menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik, seperti memancing, berperahu, dan berkemah. Selain itu, Embung Batara Sriten juga menjadi tempat yang tepat untuk bersantai dan menikmati suasana alam yang tenang.

Keindahan Alam Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten memiliki keindahan alam yang memukau. Embung ini dikelilingi oleh perbukitan hijau yang membuat pemandangannya semakin indah. Air embung yang berwarna biru jernih membuat siapa saja yang melihatnya merasa takjub.

Embung Batara Sriten juga menjadi habitat bagi berbagai jenis ikan, seperti ikan mas, ikan nila, dan ikan mujair. Ikan-ikan tersebut dapat dilihat dengan jelas dari permukaan embung. Selain itu, Embung Batara Sriten juga menjadi tempat persinggahan bagi berbagai jenis burung, seperti burung pipit, burung gereja, dan burung kutilang.

Aktivitas Wisata di Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten menawarkan berbagai aktivitas wisata yang menarik. Aktivitas wisata yang paling populer di Embung Batara Sriten adalah memancing. Embung ini menjadi tempat yang tepat untuk memancing karena terdapat berbagai jenis ikan yang dapat dipancing.

Selain memancing, pengunjung Embung Batara Sriten juga dapat berperahu. Di sekitar embung terdapat beberapa penyewaan perahu yang dapat digunakan untuk mengelilingi embung. Berperahu di Embung Batara Sriten merupakan pengalaman yang menyenangkan karena pengunjung dapat menikmati keindahan alam embung dari dekat.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, Embung Batara Sriten juga menyediakan area berkemah. Area berkemah tersebut terletak di sekitar embung dan dikelilingi oleh pepohonan rindang. Berkemah di Embung Batara Sriten merupakan pengalaman yang tak terlupakan karena pengunjung dapat menikmati suasana alam yang tenang dan udara yang sejuk.

Lokasi dan Rute Menuju Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten terletak di Desa Sriten, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Embung ini berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Untuk menuju Embung Batara Sriten, pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengambil rute Jalan Wonosari-Yogyakarta. Setelah sampai di Kecamatan Ponjong, pengunjung dapat mengikuti petunjuk arah menuju Embung Batara Sriten.

Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat naik bus dari Terminal Giwangan Yogyakarta menuju Terminal Wonosari. Dari Terminal Wonosari, pengunjung dapat naik angkutan umum menuju Desa Sriten.

Harga Tiket Masuk Embung Batara Sriten

Harga tiket masuk Embung Batara Sriten sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Harga tiket tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan.

Jam Buka Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten buka setiap hari selama 24 jam. Namun, waktu terbaik untuk mengunjungi Embung Batara Sriten adalah pada pagi hari atau sore hari. Pada saat tersebut, cuaca tidak terlalu panas dan pemandangan alam embung terlihat lebih indah.

Fasilitas di Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain:

  • Area parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Area berkemah

Dengan berbagai keindahan alam dan aktivitas wisata yang menarik, Embung Batara Sriten menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Embung ini menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.