Wisata

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi.

Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman.

Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo.

Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dengan gudeg pada umumnya. Pertama, gudeg ini menggunakan nangka muda sebagai bahan utamanya. Nangka muda tersebut dimasak dengan santan dan bumbu-bumbu rempah hingga empuk dan meresap.

Kedua, Gudeg Bromo Bu Tekluk menggunakan telur bebek sebagai pelengkap. Telur bebek tersebut dimasak dengan bumbu bacem hingga berwarna cokelat kehitaman. Telur bebek bacem ini memiliki rasa yang gurih dan legit.

Ketiga, Gudeg Bromo Bu Tekluk disajikan dengan nasi putih, krecek, dan sambal goreng krecek. Krecek merupakan kulit sapi yang dikeringkan dan digoreng. Sambal goreng krecek terbuat dari krecek yang dimasak dengan bumbu-bumbu rempah hingga kering.

Cita Rasa Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk memiliki cita rasa yang khas dan gurih. Nangka mudanya yang empuk dan meresap bumbu, telur bebek bacemnya yang gurih dan legit, serta kreceknya yang renyah dan pedas, membuat gudeg ini sangat nikmat disantap.

Lokasi Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo Bu Tekluk berlokasi di Jalan Bromo No. 16, Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 21.00 WIB.

Harga Gudeg Bromo Bu Tekluk

Harga gudeg di Gudeg Bromo Bu Tekluk cukup terjangkau. Seporsi gudeg lengkap dengan nasi putih, krecek, dan sambal goreng krecek dibanderol dengan harga Rp25.000. Anda juga dapat memesan lauk tambahan seperti telur bebek bacem, ayam kampung goreng, atau tempe goreng.

Tips Menikmati Gudeg Bromo Bu Tekluk

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menikmati Gudeg Bromo Bu Tekluk:

  • Datanglah ke warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pada saat jam makan siang atau makan malam. Pada saat-saat tersebut, gudegnya masih hangat dan baru matang.
  • Pesanlah seporsi gudeg lengkap dengan nasi putih, krecek, dan sambal goreng krecek.
  • Jangan lupa untuk memesan lauk tambahan seperti telur bebek bacem, ayam kampung goreng, atau tempe goreng.
  • Nikmati gudeg dengan perlahan dan rasakan cita rasanya yang khas.

Gudeg Bromo Bu Tekluk, Kuliner Legendaris di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Gudeg ini memiliki cita rasa yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Jika Anda berkunjung ke Sleman, jangan lupa untuk mampir ke Gudeg Bromo Bu Tekluk dan nikmati kelezatan gudegnya.