Wisata

Jogja Gallery: Destinasi Budaya Yang Menginspirasi

Jogja Gallery: Destinasi Budaya yang Menginspirasi

Jogja Gallery merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Galeri ini terletak di kawasan Kotagede, yang merupakan salah satu kawasan bersejarah di Yogyakarta. Jogja Gallery menyajikan berbagai koleksi seni dan budaya yang menarik, mulai dari lukisan, patung, hingga kerajinan tangan.

Sejarah Jogja Gallery

Jogja Gallery didirikan pada tahun 2006 oleh seorang seniman bernama Heri Pemad. Heri Pemad memiliki keinginan untuk menciptakan sebuah ruang publik yang dapat digunakan untuk memamerkan karya-karya seni dan budaya dari para seniman lokal. Jogja Gallery pun menjadi tempat berkumpulnya para seniman dan pecinta seni di Yogyakarta.

Koleksi Jogja Gallery

Jogja Gallery memiliki koleksi seni dan budaya yang sangat beragam. Koleksi tersebut meliputi lukisan, patung, keramik, hingga kerajinan tangan. Karya-karya seni yang dipamerkan di Jogja Gallery berasal dari berbagai seniman, baik seniman lokal maupun seniman nasional.

Lukisan

Koleksi lukisan di Jogja Gallery sangat beragam. Ada lukisan yang bergaya klasik, ada juga lukisan yang bergaya modern. Beberapa lukisan yang terkenal di Jogja Gallery antara lain adalah lukisan "Gajah Mada" karya Raden Saleh, lukisan "Sriwedari" karya Basuki Abdullah, dan lukisan "Pasar Malam" karya Affandi.

Patung

Koleksi patung di Jogja Gallery juga sangat beragam. Ada patung yang terbuat dari batu, ada juga patung yang terbuat dari kayu. Beberapa patung yang terkenal di Jogja Gallery antara lain adalah patung "Roro Jonggrang" karya Edhi Sunarso, patung "Ganesha" karya Nyoman Nuarta, dan patung "Kuda Lumping" karya I Nyoman Gede Sentana.

Keramik

Koleksi keramik di Jogja Gallery juga sangat beragam. Ada keramik yang berasal dari Tiongkok, ada juga keramik yang berasal dari Indonesia. Beberapa keramik yang terkenal di Jogja Gallery antara lain adalah keramik "Cina Kuno" karya Wang Yuxiang, keramik "Gerabah Kasongan" karya Kasongan, dan keramik "Batik Keramik" karya Iwan Tirta.

Kerajinan Tangan

Koleksi kerajinan tangan di Jogja Gallery juga sangat beragam. Ada kerajinan tangan yang terbuat dari kayu, ada juga kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Beberapa kerajinan tangan yang terkenal di Jogja Gallery antara lain adalah kerajinan tangan "Wayang Kulit" karya Ki Manteb Sudarsono, kerajinan tangan "Batik" karya Iwan Tirta, dan kerajinan tangan "Gerabah Kasongan" karya Kasongan.

Kegiatan di Jogja Gallery

Selain memamerkan koleksi seni dan budaya, Jogja Gallery juga menyelenggarakan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut antara lain adalah pameran seni, pertunjukan seni, dan workshop seni. Pameran seni yang diselenggarakan di Jogja Gallery biasanya diikuti oleh para seniman lokal dan nasional. Pertunjukan seni yang diselenggarakan di Jogja Gallery biasanya berupa tari, musik, dan teater. Workshop seni yang diselenggarakan di Jogja Gallery biasanya berupa melukis, memahat, dan membuat keramik.

Jogja Gallery sebagai Destinasi Wisata Budaya

Jogja Gallery merupakan salah satu destinasi wisata budaya yang wajib dikunjungi saat berada di Yogyakarta. Galeri ini menyajikan berbagai koleksi seni dan budaya yang menarik, mulai dari lukisan, patung, hingga kerajinan tangan. Jogja Gallery juga menyelenggarakan berbagai kegiatan, seperti pameran seni, pertunjukan seni, dan workshop seni. Dengan demikian, Jogja Gallery menjadi tempat yang tepat untuk belajar tentang seni dan budaya Indonesia.

Informasi Tambahan

  • Alamat: Jl. Gedongkuning No.123, Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171
  • Jam Buka: Selasa-Minggu, pukul 10.00-17.00 WIB
  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000,- per orang