Wisata

Kebun Teh Nglinggo: Surga Hijau Di Tengah Perkebunan Teh

Kebun Teh Nglinggo: Surga Hijau di Tengah Perkebunan Teh

Di tengah hamparan perbukitan hijau yang membentang luas di Kabupaten Blitar, Jawa Timur, terdapat sebuah surga hijau yang memikat hati para wisatawan. Namanya adalah Kebun Teh Nglinggo, sebuah perkebunan teh yang telah ada sejak zaman kolonial Belanda.

Kebun Teh Nglinggo terletak di Desa Nglinggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Perkebunan ini berada di ketinggian sekitar 1.000 hingga 1.200 meter di atas permukaan laut, sehingga udaranya sejuk dan segar.

Luas Kebun Teh Nglinggo sekitar 1.000 hektar. Di sini, Anda dapat melihat hamparan tanaman teh yang hijau sejauh mata memandang. Pemandangan ini sangat indah dan menyejukkan mata.

Selain menikmati pemandangan alam, Anda juga dapat belajar tentang proses pembuatan teh di Kebun Teh Nglinggo. Di sini, terdapat pabrik teh yang memproduksi teh hitam dan teh hijau. Anda dapat melihat langsung bagaimana daun teh dipetik, diolah, dan dikemas.

Jika Anda ingin menginap di Kebun Teh Nglinggo, terdapat beberapa pilihan akomodasi yang tersedia. Anda dapat memilih untuk menginap di hotel, bungalow, atau villa. Harga sewa akomodasi di sini cukup terjangkau, mulai dari Rp100.000 hingga Rp500.000 per malam.

Selain menikmati pemandangan alam dan belajar tentang proses pembuatan teh, Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di Kebun Teh Nglinggo. Di sini, terdapat beberapa jalur pendakian yang dapat Anda telusuri. Anda juga dapat bersepeda atau berkuda di sekitar perkebunan teh.

Jika Anda ingin menikmati suasana yang lebih tenang, Anda dapat duduk-duduk di salah satu gazebo yang terdapat di Kebun Teh Nglinggo. Di sini, Anda dapat menikmati pemandangan alam sambil menyesap teh hangat.

Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Blitar. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan asri.

Sejarah Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo didirikan pada tahun 1883 oleh seorang pengusaha Belanda bernama Hendrik van den Berg. Pada awalnya, perkebunan ini hanya seluas 100 hektar. Namun, seiring berjalannya waktu, luas perkebunan ini terus bertambah hingga mencapai 1.000 hektar.

Pada masa kolonial Belanda, Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu perkebunan teh terbesar di Jawa Timur. Teh yang dihasilkan dari perkebunan ini sangat terkenal karena kualitasnya yang baik.

Setelah Indonesia merdeka, Kebun Teh Nglinggo diambil alih oleh pemerintah Indonesia. Perkebunan ini kemudian dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara XII.

Saat ini, Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu perkebunan teh terbesar di Indonesia. Teh yang dihasilkan dari perkebunan ini dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia dan juga diekspor ke luar negeri.

Proses Pembuatan Teh di Kebun Teh Nglinggo

Proses pembuatan teh di Kebun Teh Nglinggo dimulai dari pemetikan daun teh. Daun teh yang dipetik adalah daun teh yang sudah tua dan berwarna hijau tua.

Setelah dipetik, daun teh kemudian dilayukan. Proses pelayuan dilakukan dengan cara menjemur daun teh di bawah sinar matahari selama beberapa jam.

Setelah dilayukan, daun teh kemudian digiling. Proses penggilingan dilakukan dengan menggunakan mesin penggiling khusus.

Setelah digiling, daun teh kemudian difermentasi. Proses fermentasi dilakukan dengan cara menyimpan daun teh di tempat yang lembab dan hangat selama beberapa jam.

Setelah difermentasi, daun teh kemudian dikeringkan. Proses pengeringan dilakukan dengan cara memanaskan daun teh di dalam oven.

Setelah dikeringkan, daun teh kemudian disortir. Daun teh yang baik akan dikemas dan dipasarkan.

Jenis Teh yang Dihasilkan dari Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo menghasilkan dua jenis teh, yaitu teh hitam dan teh hijau. Teh hitam merupakan jenis teh yang paling umum dikonsumsi di Indonesia. Teh hitam memiliki rasa yang kuat dan berwarna gelap.

Teh hijau merupakan jenis teh yang lebih ringan dan memiliki rasa yang lebih segar. Teh hijau juga memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teh hitam.

Manfaat Teh bagi Kesehatan

Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Teh mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Radikal bebas merupakan molekul yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker dan penyakit jantung.

Teh juga mengandung kafein yang dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Selain itu, teh juga mengandung fluoride yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi.

Cara Menikmati Teh

Teh dapat dinikmati dengan berbagai cara. Teh dapat diseduh dengan air panas dan diminum langsung. Teh juga dapat dicampur dengan susu atau gula.

Teh juga dapat digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat berbagai minuman, seperti teh tarik, teh susu, dan teh hijau latte.

Kebun Teh Nglinggo sebagai Destinasi Wisata

Kebun Teh Nglinggo merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Kabupaten Blitar. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati suasana alam yang sejuk dan asri.

Di Kebun Teh Nglinggo, Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah, belajar tentang proses pembuatan teh, dan melakukan berbagai aktivitas menarik.

Jika Anda ingin mengunjungi Kebun Teh Nglinggo, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus atau kereta api ke Stasiun Blitar. Dari Stasiun Blitar, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan umum atau taksi ke Kebun Teh Nglinggo.