Wisata

KING BOKO PALACE: Gemerlap Keagungan Di Puncak Bukit Yang Tenang

KING BOKO PALACE: Gemerlap Keagungan di Puncak Bukit yang Tenang

Di puncak bukit yang tenang di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta, berdirilah sebuah istana megah yang dikenal dengan nama King Boko Palace. Istana ini merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di Yogyakarta, dan menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-8 hingga ke-10 Masehi.

King Boko Palace dibangun oleh Raja Rakai Pikatan pada tahun 746 Masehi, dan kemudian dilanjutkan oleh Raja Rakai Panangkaran pada tahun 755 Masehi. Istana ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno, sekaligus sebagai tempat tinggal raja dan keluarganya.

King Boko Palace memiliki luas sekitar 10 hektar, dan dikelilingi oleh tembok tinggi yang terbuat dari batu andesit. Di dalam kompleks istana terdapat berbagai bangunan, di antaranya candi, pendopo, kolam pemandian, dan taman.

Candi utama di King Boko Palace adalah Candi Prambanan, yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun oleh Raja Rakai Pikatan pada tahun 774 Masehi, dan didedikasikan untuk Dewa Siwa, Dewa Wisnu, dan Dewa Brahma.

Selain Candi Prambanan, di King Boko Palace juga terdapat Candi Ratu Boko, Candi Lumbung, dan Candi Bubrah. Candi-candi ini lebih kecil dari Candi Prambanan, tetapi memiliki arsitektur yang indah dan unik.

Di kompleks istana juga terdapat pendopo, yang merupakan tempat raja menerima tamu dan mengadakan pertemuan. Pendopo ini terbuat dari kayu jati, dan memiliki ukiran-ukiran yang sangat indah.

Di sebelah pendopo terdapat kolam pemandian, yang digunakan oleh raja dan keluarganya untuk mandi. Kolam pemandian ini terbuat dari batu andesit, dan memiliki ukuran yang cukup besar.

Di sekitar kolam pemandian terdapat taman, yang ditanami berbagai jenis bunga dan pepohonan. Taman ini menjadi tempat yang asri dan sejuk, sehingga cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan istana.

King Boko Palace merupakan salah satu destinasi wisata sejarah yang wajib dikunjungi di Yogyakarta. Istana ini menawarkan keindahan arsitektur yang luar biasa, serta suasana yang tenang dan damai.

Cara Menuju King Boko Palace

King Boko Palace terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke istana ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mengikuti rute berikut:

  • Dari pusat kota Yogyakarta, ambil jalan menuju Prambanan.
  • Setelah sampai di Prambanan, belok kiri ke arah Desa Bokoharjo.
  • Ikuti jalan tersebut hingga sampai di King Boko Palace.

Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda dapat naik bus jurusan Prambanan dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Setelah sampai di Prambanan, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan naik becak atau ojek menuju King Boko Palace.

Harga Tiket Masuk King Boko Palace

Harga tiket masuk King Boko Palace adalah Rp5.000 untuk wisatawan domestik, dan Rp10.000 untuk wisatawan mancanegara.

Jam Buka King Boko Palace

King Boko Palace buka setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Fasilitas di King Boko Palace

King Boko Palace dilengkapi dengan berbagai fasilitas, di antaranya:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Toko suvenir

Tips Berkunjung ke King Boko Palace

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke King Boko Palace adalah pada pagi atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu panas.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang tidak licin, karena Anda akan berjalan cukup jauh di kompleks istana.
  • Bawa kamera untuk mengabadikan keindahan arsitektur King Boko Palace.
  • Jangan lupa membawa topi atau payung untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  • Jika Anda berkunjung pada hari libur, sebaiknya datang lebih awal untuk menghindari antrean panjang.