Wisata

Mengagumkan! Berinteraksi Dengan Kuntul Di Desa Wisata Ketingan

Mengagumkan! Berinteraksi dengan Kuntul di Desa Wisata Ketingan

Desa Wisata Ketingan terletak di Kecamatan Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Desa ini terkenal dengan keindahan alamnya, terutama keberadaan burung kuntul yang bermukim di sana. Kuntul merupakan burung berukuran besar dengan bulu berwarna putih bersih. Burung ini sangat jinak dan ramah terhadap manusia, sehingga pengunjung dapat berinteraksi dengan mereka secara langsung.

Untuk mencapai Desa Wisata Ketingan, pengunjung dapat menggunakan jalur darat atau jalur sungai. Jika menggunakan jalur darat, pengunjung dapat menempuh perjalanan selama sekitar 2 jam dari Kota Palangka Raya. Sedangkan jika menggunakan jalur sungai, pengunjung dapat menempuh perjalanan selama sekitar 1 jam dari Pelabuhan Rambang.

Setibanya di Desa Wisata Ketingan, pengunjung akan disambut oleh pemandangan alam yang indah. Desa ini dikelilingi oleh hutan lebat dan sungai yang mengalir jernih. Di sekitar desa, pengunjung dapat melihat berbagai jenis burung, termasuk kuntul.

Kuntul di Desa Wisata Ketingan sangat jinak dan ramah. Pengunjung dapat berinteraksi dengan mereka secara langsung. Pengunjung dapat memberi makan kuntul dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan wadah. Kuntul juga sangat senang bermain dengan pengunjung. Mereka akan terbang mengelilingi pengunjung dan hinggap di bahu atau kepala pengunjung.

Selain berinteraksi dengan kuntul, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas lainnya di Desa Wisata Ketingan. Pengunjung dapat berkeliling desa dengan menggunakan sepeda atau dengan berjalan kaki. Pengunjung juga dapat memancing di sungai atau berenang di kolam renang alami.

Desa Wisata Ketingan merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman. Di desa ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam, berinteraksi dengan kuntul, dan melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Berikut adalah beberapa tips untuk berinteraksi dengan kuntul di Desa Wisata Ketingan:

  • Jangan membuat gerakan tiba-tiba atau suara keras. Kuntul sangat mudah terkejut dan akan terbang menjauh jika merasa terancam.
  • Berikan makan kuntul dengan menggunakan tangan atau dengan menggunakan wadah. Jangan memberikan makan kuntul dengan menggunakan benda tajam atau benda yang dapat melukai mereka.
  • Jangan menyentuh kuntul secara tiba-tiba. Kuntul sangat sensitif dan akan merasa terganggu jika disentuh secara tiba-tiba.
  • Jangan mengejar kuntul. Kuntul adalah burung yang sangat cepat terbang. Jika Anda mengejar mereka, mereka akan terbang menjauh dan Anda tidak akan dapat berinteraksi dengan mereka.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat berinteraksi dengan kuntul di Desa Wisata Ketingan dengan aman dan menyenangkan.