Wisata

Menikmati Kehangatan Desa Di Desa Wisata Ketingan

Menikmati Kehangatan Desa di Desa Wisata Ketingan

Desa Wisata Ketingan terletak di Kecamatan Ketingan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Desa ini berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Blitar. Desa Ketingan merupakan salah satu desa wisata yang cukup populer di Blitar. Desa ini menawarkan berbagai macam atraksi wisata yang menarik, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner.

Wisata Alam

Desa Ketingan memiliki beberapa objek wisata alam yang menarik, seperti Air Terjun Ketingan, Goa Ketingan, dan Bukit Ketingan. Air Terjun Ketingan merupakan air terjun yang cukup tinggi dan indah. Air terjun ini terletak di tengah hutan sehingga suasana di sekitarnya masih sangat alami. Goa Ketingan merupakan goa yang cukup panjang dan gelap. Goa ini dihuni oleh banyak kelelawar. Bukit Ketingan merupakan bukit yang cukup tinggi dan menawarkan pemandangan yang indah. Dari atas bukit ini, pengunjung dapat melihat pemandangan desa Ketingan dan sekitarnya.

Wisata Budaya

Desa Ketingan memiliki beberapa objek wisata budaya yang menarik, seperti Rumah Adat Ketingan, Tari Kuda Lumping, dan Musik Angklung. Rumah Adat Ketingan merupakan rumah tradisional masyarakat Ketingan. Rumah ini terbuat dari kayu dan beratap jerami. Tari Kuda Lumping merupakan tari tradisional masyarakat Ketingan yang dibawakan oleh penari laki-laki. Musik Angklung merupakan musik tradisional masyarakat Ketingan yang dimainkan menggunakan alat musik angklung.

Wisata Kuliner

Desa Ketingan memiliki beberapa objek wisata kuliner yang menarik, seperti Warung Makan Ketingan, Rumah Makan Ketingan, dan Cafe Ketingan. Warung Makan Ketingan menyajikan berbagai macam masakan khas Ketingan, seperti nasi pecel, nasi jagung, dan sayur lodeh. Rumah Makan Ketingan menyajikan berbagai macam masakan Indonesia, seperti nasi goreng, mie goreng, dan soto. Cafe Ketingan menyajikan berbagai macam minuman, seperti kopi, teh, dan jus.

Penginapan

Desa Ketingan memiliki beberapa penginapan yang cukup nyaman, seperti Homestay Ketingan, Guest House Ketingan, dan Hotel Ketingan. Homestay Ketingan merupakan penginapan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Homestay ini menawarkan kamar-kamar yang sederhana namun cukup nyaman. Guest House Ketingan merupakan penginapan yang dikelola oleh swasta. Guest House ini menawarkan kamar-kamar yang lebih modern dan lengkap. Hotel Ketingan merupakan hotel yang dikelola oleh swasta. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang mewah dan lengkap.

Transportasi

Desa Ketingan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengikuti rute Blitar-Wlingi-Ketingan. Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat naik bus atau angkutan umum dari Blitar ke Ketingan.

Tips Berkunjung ke Desa Wisata Ketingan

  • Waktu terbaik untuk berkunjung ke Desa Wisata Ketingan adalah pada musim kemarau, yaitu antara bulan Mei hingga September.
  • Gunakan pakaian yang nyaman dan alas kaki yang kuat karena medan di Desa Wisata Ketingan cukup terjal.
  • Bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup karena tidak banyak warung makan di Desa Wisata Ketingan.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di Desa Wisata Ketingan.
  • Hormati adat dan budaya masyarakat setempat.

Kesimpulan

Desa Wisata Ketingan merupakan salah satu desa wisata yang cukup populer di Blitar. Desa ini menawarkan berbagai macam atraksi wisata yang menarik, seperti wisata alam, wisata budaya, dan wisata kuliner. Desa Ketingan juga memiliki beberapa penginapan yang cukup nyaman. Dengan demikian, Desa Wisata Ketingan merupakan tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan teman-teman.