Wisata

SITUS WARUNGBOTO: Megahnya Transformasi Dari Terabaikan Menjadi Destinasi Memikat

SITUS WARUNGBOTO: Megahnya Transformasi dari Terabaikan menjadi Destinasi Memikat

Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern, terkadang kita membutuhkan tempat untuk melarikan diri dan menemukan ketenangan. Salah satu tempat yang menawarkan suasana damai dan keindahan alam yang memikat adalah Situs Warungboto.

Situs Warungboto terletak di Desa Warungboto, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Situs ini merupakan kompleks candi Hindu-Buddha yang dibangun pada abad ke-9 hingga ke-10 Masehi. Candi-candi di Situs Warungboto memiliki arsitektur yang unik dan indah, serta dihiasi dengan berbagai ukiran yang menceritakan kisah-kisah mitologi Hindu-Buddha.

Namun, pada masa lalu, Situs Warungboto sempat terabaikan dan tidak terawat. Candi-candi di situs ini tertutup oleh semak belukar dan banyak yang rusak akibat vandalisme. Kondisi ini tentu saja sangat memprihatinkan, mengingat Situs Warungboto merupakan salah satu warisan budaya yang sangat berharga.

Untungnya, pada tahun 2010, pemerintah daerah setempat mulai melakukan revitalisasi Situs Warungboto. Candi-candi di situs ini dibersihkan, dipugar, dan direkonstruksi. Selain itu, dibangun juga berbagai fasilitas pendukung seperti jalan setapak, tempat parkir, dan pusat informasi.

Hasilnya, Situs Warungboto kini telah berubah menjadi destinasi wisata yang menarik dan memikat. Candi-candi di situs ini berdiri kokoh dan megah, dikelilingi oleh taman yang asri dan tertata rapi. Pengunjung dapat berjalan-jalan di sekitar candi, menikmati keindahan arsitektur dan ukirannya, serta mempelajari sejarah dan budaya Hindu-Buddha.

Selain candi-candi, Situs Warungboto juga memiliki beberapa objek wisata lainnya yang menarik, seperti:

  • Museum Warungboto: Museum ini menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah yang ditemukan di Situs Warungboto, seperti arca, prasasti, dan keramik.
  • Pemandian Air Panas Warungboto: Pemandian air panas ini terletak tidak jauh dari Situs Warungboto. Air panas di pemandian ini dipercaya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.
  • Air Terjun Warungboto: Air terjun ini terletak di tengah hutan, sekitar 1 kilometer dari Situs Warungboto. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 10 meter dan dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah.

Dengan berbagai objek wisata yang menarik tersebut, tidak heran jika Situs Warungboto menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Kabupaten Rembang. Setiap tahun, ribuan wisatawan berkunjung ke situs ini untuk menikmati keindahan alam dan belajar tentang sejarah dan budaya Hindu-Buddha.

Transformasi Situs Warungboto dari tempat yang terabaikan menjadi destinasi wisata yang memikat merupakan bukti nyata bahwa dengan perhatian dan perawatan yang tepat, warisan budaya yang berharga dapat diselamatkan dan dilestarikan. Situs Warungboto kini menjadi kebanggaan masyarakat Rembang dan menjadi salah satu ikon pariwisata di Jawa Tengah.