Wisata

Soto Sampah: Wisata Kuliner Tersembunyi Di Kota Jogja

Soto Sampah: Wisata Kuliner Tersembunyi di Kota Jogja

Di antara hiruk pikuk kota Jogja yang terkenal dengan wisata budaya dan alamnya, terdapat sebuah kuliner tersembunyi yang wajib dicoba oleh para pecinta kuliner. Soto Sampah, begitulah nama kuliner unik ini, menawarkan cita rasa yang tak biasa dan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Soto Sampah bukanlah soto biasa. Dinamakan demikian karena soto ini berisi berbagai macam lauk-pauk yang seolah-olah seperti sampah. Namun, jangan salah, sampah yang dimaksud di sini bukanlah sampah yang sebenarnya, melainkan berbagai macam lauk-pauk yang dicampur menjadi satu dalam kuah soto yang gurih dan segar.

Lauk-pauk yang digunakan dalam Soto Sampah sangat beragam, mulai dari daging sapi, jeroan sapi, babat, paru, hingga kikil. Selain itu, ada juga tambahan sayuran seperti kol, wortel, dan tomat. Semua bahan tersebut dimasak bersama dalam kuah soto yang terbuat dari kaldu sapi yang gurih dan segar.

Yang membuat Soto Sampah semakin unik adalah penggunaan kerupuk gendar sebagai pelengkap. Kerupuk gendar adalah kerupuk yang terbuat dari beras yang digoreng hingga kering. Ketika dicelupkan ke dalam kuah soto, kerupuk gendar akan menyerap kuah soto dan menjadi lembut. Tekstur kerupuk gendar yang renyah dan lembut berpadu sempurna dengan kuah soto yang gurih dan segar, menciptakan sensasi rasa yang unik dan tak terlupakan.

Soto Sampah biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal. Sambal yang digunakan adalah sambal khas Jogja yang terbuat dari cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Sambal ini memiliki rasa yang pedas dan gurih, sehingga menambah cita rasa Soto Sampah semakin nikmat.

Soto Sampah dapat ditemukan di beberapa warung makan di Kota Jogja. Namun, warung makan yang paling terkenal dengan Soto Sampah-nya adalah Warung Soto Sampah Pak Bari. Warung makan ini terletak di Jalan Imogiri Timur No. 184, Yogyakarta. Warung Soto Sampah Pak Bari buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Warung Soto Sampah Pak Bari selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner, baik dari Jogja maupun dari luar kota. Mereka rela antre panjang demi menikmati semangkuk Soto Sampah yang nikmat. Harga satu porsi Soto Sampah di Warung Soto Sampah Pak Bari sangat terjangkau, yaitu hanya sekitar Rp20.000.

Soto Sampah merupakan salah satu kuliner unik dan wajib dicoba di Kota Jogja. Cita rasanya yang tak biasa dan pengalaman kuliner yang tak terlupakan membuat Soto Sampah menjadi salah satu kuliner favorit para pecinta kuliner. Jika Anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mencoba Soto Sampah. Anda pasti akan ketagihan!

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menikmati Soto Sampah:

  • Pilihlah warung makan yang bersih dan terpercaya.
  • Pastikan Soto Sampah yang Anda pesan dimasak dengan baik dan higienis.
  • Jangan lupa untuk menambahkan kerupuk gendar sebagai pelengkap.
  • Tambahkan sambal sesuai dengan selera Anda.
  • Nikmati Soto Sampah selagi hangat.

Soto Sampah merupakan kuliner unik dan wajib dicoba di Kota Jogja. Cita rasanya yang tak biasa dan pengalaman kuliner yang tak terlupakan membuat Soto Sampah menjadi salah satu kuliner favorit para pecinta kuliner. Jika Anda berkunjung ke Jogja, jangan lupa untuk mencoba Soto Sampah. Anda pasti akan ketagihan!