Wisata

TAMAN PELANGI: Keajaiban Warna Di Malam Hari

TAMAN PELANGI: Keajaiban Warna di Malam Hari

Di tengah hiruk pikuk kehidupan kota, tersembunyi sebuah taman yang memancarkan keindahan luar biasa di malam hari. Taman Pelangi, begitulah namanya, menjadi destinasi wisata populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Taman ini terletak di Kota Batu, Jawa Timur, dan menawarkan pengalaman unik menikmati keindahan warna-warni lampu yang menghiasi setiap sudut taman.

Sejarah Taman Pelangi

Taman Pelangi dibangun pada tahun 2012 oleh Pemerintah Kota Batu sebagai upaya untuk mempercantik kawasan wisata di kota tersebut. Taman ini awalnya bernama Taman Lampion, namun kemudian diubah menjadi Taman Pelangi karena keindahan lampu-lampu yang menyerupai pelangi di malam hari.

Daya Tarik Taman Pelangi

Taman Pelangi memiliki luas sekitar 1,5 hektar dan dipenuhi dengan berbagai jenis lampu warna-warni. Lampu-lampu tersebut disusun sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana yang romantis dan memukau. Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti area bermain anak, tempat duduk, dan panggung hiburan.

Wahana dan Atraksi di Taman Pelangi

Taman Pelangi menawarkan berbagai wahana dan atraksi yang menarik bagi pengunjung. Beberapa wahana yang dapat dinikmati antara lain:

  • Taman Lampion: Wahana ini merupakan daya tarik utama Taman Pelangi. Di sini, pengunjung dapat melihat berbagai jenis lampion dengan bentuk dan warna yang beragam. Lampion-lampion tersebut disusun sedemikian rupa sehingga menciptakan suasana yang romantis dan memukau.
  • Taman Bunga: Wahana ini menampilkan berbagai jenis bunga yang berwarna-warni. Bunga-bunga tersebut ditata dengan rapi sehingga menciptakan pemandangan yang indah.
  • Air Mancur Menari: Wahana ini menampilkan pertunjukan air mancur yang diiringi musik. Pertunjukan ini berlangsung setiap malam dan menjadi salah satu atraksi yang paling ditunggu-tunggu oleh pengunjung.
  • Panggung Hiburan: Wahana ini menampilkan berbagai pertunjukan hiburan seperti musik, tari, dan drama. Pertunjukan ini berlangsung setiap malam dan menjadi salah satu cara untuk menghibur pengunjung.

Fasilitas di Taman Pelangi

Taman Pelangi dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang membuat pengunjung merasa nyaman. Beberapa fasilitas tersebut antara lain:

  • Area Parkir: Taman Pelangi memiliki area parkir yang luas sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan mencari tempat parkir.
  • Tempat Duduk: Taman Pelangi menyediakan banyak tempat duduk yang nyaman bagi pengunjung untuk beristirahat dan menikmati keindahan taman.
  • Toilet: Taman Pelangi memiliki toilet yang bersih dan terawat sehingga pengunjung tidak perlu khawatir kesulitan mencari toilet.
  • Kios Makanan dan Minuman: Taman Pelangi menyediakan berbagai kios makanan dan minuman yang menjual berbagai jenis makanan dan minuman ringan.

Harga Tiket Masuk Taman Pelangi

Harga tiket masuk Taman Pelangi sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak. Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk biaya parkir.

Jam Buka Taman Pelangi

Taman Pelangi buka setiap hari mulai pukul 17.00 hingga 22.00 WIB. Namun, pada hari-hari tertentu seperti akhir pekan dan hari libur, taman ini buka lebih lama hingga pukul 23.00 WIB.

Lokasi Taman Pelangi

Taman Pelangi terletak di Jalan Raya Oro-Oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur. Taman ini dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Cara Menuju Taman Pelangi

Jika menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat mengikuti rute berikut:

  • Dari Kota Malang, ambil jalan menuju Kota Batu.
  • Setelah sampai di Kota Batu, ikuti jalan menuju Oro-Oro Ombo.
  • Taman Pelangi terletak di sebelah kanan jalan.

Jika menggunakan kendaraan umum, pengunjung dapat naik angkot jurusan Kota Batu-Oro-Oro Ombo. Angkot tersebut akan berhenti tepat di depan Taman Pelangi.

Tips Berkunjung ke Taman Pelangi

Berikut ini adalah beberapa tips untuk pengunjung yang ingin berkunjung ke Taman Pelangi:

  • Datanglah pada malam hari agar dapat menikmati keindahan lampu-lampu yang menghiasi taman.
  • Bawalah kamera untuk mengabadikan momen-momen indah di Taman Pelangi.
  • Kenakan pakaian yang nyaman dan sepatu yang tidak terlalu tinggi karena Anda akan banyak berjalan di taman.
  • Bawalah uang tunai yang cukup karena tidak ada ATM di dalam taman.
  • Jangan lupa untuk menjaga kebersihan taman dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Taman Pelangi: Destinasi Wisata yang Wajib Dikunjungi

Taman Pelangi merupakan destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Taman ini menawarkan keindahan yang luar biasa di malam hari dengan lampu-lampu warna-warni yang menghiasi setiap sudut taman. Taman Pelangi juga dilengkapi dengan berbagai wahana dan atraksi yang menarik serta fasilitas pendukung yang lengkap.