Wisata

Wisata Belanja Unik di Bantul, Yogyakarta: Menjelajahi Pasar Tradisional dan Sentra Kerajinan Lokal

Wisata Belanja Unik di Bantul, Yogyakarta: Menjelajahi Pasar Tradisional dan Sentra Kerajinan Lokal

Wisata Belanja Unik di Bantul, Yogyakarta: Menjelajahi Pasar Tradisional dan Sentra Kerajinan Lokal

Bantul, daerah yang terletak di sebelah selatan Kota Yogyakarta ini, menyimpan pesona wisata belanja yang unik dan autentik. Dari pasar tradisional hingga sentra kerajinan lokal, Bantul menawarkan pengalaman belanja yang berbeda dan tak terlupakan. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata belanja unik di Bantul yang wajib Anda kunjungi:

Pasar Seni Gabusan Jati

Pasar Seni Gabusan Jati, atau yang lebih dikenal dengan Pasar Seni Gabusan, merupakan tempat belanja wajib bagi para pencinta seni dan kerajinan. Pasar ini terletak di Desa Tembi, Kecamatan Sewon, Bantul, sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta. Pasar Seni Gabusan buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Di Pasar Seni Gabusan, Anda dapat menemukan berbagai macam kerajinan tangan khas Bantul, seperti gerabah, keramik, patung, lukisan, hingga ukiran kayu. Harganya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Selain berbelanja, Anda juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan kerajinan tangan oleh para pengrajin setempat.

Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo merupakan salah satu pasar tertua dan terbesar di Yogyakarta. Pasar ini terletak di Jalan Margo Mulyo, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta. Pasar Beringharjo buka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Di Pasar Beringharjo, Anda dapat menemukan berbagai macam barang, mulai dari kebutuhan pokok hingga oleh-oleh khas Yogyakarta. Di pasar ini, Anda juga bisa menemukan berbagai macam makanan tradisional Jawa, seperti gudeg, sate klathak, hingga wedang ronde.

Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan

Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan terletak di Desa Kasongan, Kecamatan Kasihan, Bantul. Desa ini terkenal sebagai sentra produksi gerabah terbesar di Indonesia. Di desa ini, Anda dapat menemukan berbagai macam gerabah, mulai dari peralatan rumah tangga hingga hiasan rumah. Harganya pun bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah.

Selain berbelanja, Anda juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan gerabah oleh para pengrajin setempat. Di Desa Kasongan, juga terdapat beberapa galeri gerabah yang memamerkan berbagai macam karya seni gerabah.

Sentra Kerajinan Perak Kotagede

Sentra Kerajinan Perak Kotagede terletak di Kecamatan Kotagede, Kota Yogyakarta. Daerah ini terkenal sebagai sentra produksi perak terbesar di Indonesia. Di desa ini, Anda dapat menemukan berbagai macam perhiasan perak, mulai dari cincin, kalung, hingga gelang. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Selain berbelanja, Anda juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan perhiasan perak oleh para pengrajin setempat. Di Kotagede, juga terdapat beberapa galeri perak yang memamerkan berbagai macam karya seni perak.

Sentra Kerajinan Batik Bantul

Sentra Kerajinan Batik Bantul terletak di Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul. Daerah ini terkenal sebagai sentra produksi batik terbesar di Indonesia. Di desa ini, Anda dapat menemukan berbagai macam batik, mulai dari batik tulis, batik cap, hingga batik kombinasi. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Selain berbelanja, Anda juga bisa menyaksikan langsung proses pembuatan batik oleh para pengrajin setempat. Di Bantul, juga terdapat beberapa galeri batik yang memamerkan berbagai macam karya seni batik.