Langsung ke konten utama

10 Kebiasaan Unik Dari Negeri Gingseng Korea Selatan

BantulMedia.com – Saat ini banyak orang yang tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan Korea Selatan, dan mungkin salah satunya adalah Anda. Korea Selatan memiliki beberapa kebiasaan unik yang jarang terdapat di negara lain. Selain itu, ada juga beberapa kebiasaan belajar anak muda Korea Selatan yang bisa memukau teman-teman.

10 Kebiasaan Unik Dari Negeri Gingseng Korea Selatan

10 Kebiasaan Unik Dari Negeri Gingseng Korea Selatan

Orang-orang Korea Selatan juga memiliki cara makan yang unik yang berbeda dari banyak negara lain. Negara ini terkenal dengan selalu menjaga dan mengolah budayanya. Mereka bahkan masih melakukan beberapa kebiasaan yang sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka. Meski begitu, mereka tetap mengikuti perkembangan zaman.

Penanaman budaya selanjutnya mengikuti perkembangan zaman. Mau tahu seperti apa kebiasaan orang Korea Selatan ini? Ayo simak penjelasan di bawah ini tentang berbagai kebiasaan unik orang Korea Selatan.

  1. Menggunakan Internet Explorer dan Naver

naver korea

Sebagian besar orang di dunia menggunakan browser atau mesin pencari, yaitu Google Chrome. Namun, di Korea Selatan, Internet Explorer  adalah browser yang paling banyak digunakan.

Selain itu masyarakat dunia menggunakan Google untuk mencari semua informasi, orang Korea sebenarnya memiliki situs web mereka sendiri, Naver.

  1. Mengambil Makanan Dengan Sendok Sendiri

Saat makan bersama keluarga atau teman, tidak jarang kita mengambil makanan dari wadah yang sama. Sendok dalam wadah yang biasa kita gunakan untuk mengambil makanan dan meletakkannya di piring. Namun, orang Korea biasanya mengambil makanan dari wadah yang sama dengan sendok atau sumpitnya masing-masing.

  1. Harus bunyi ‘sluurrp’ Saat Makan Mie

Ada banyak makanan yang dibuat dengan mie, seperti mie goreng dan mie rebus. Saat orang Korea makan mie, mereka akan mendengar suara “sluurrp” saat mereka menghisap mie. Suara ini menunjukkan bahwa mie itu enak dan mereka menghargai orang yang memasak dan menyiapkan mie.

  1. Percaya Tentang Menentukan Sifat dan Karakter Berdasarkan Golongan Darah

Ada beberapa cara yang dipercaya dapat menentukan sifat dan karakter kita, salah satunya adalah golongan darah. Misalnya, orang dengan golongan darah A memiliki karakter sebagai pemimpin. Kemudian orang dengan golongan darah B adalah teman sederhana.

Nah kebanyakan orang Korea sangat percaya dengan sifat yang berdasarkan oleh golongan darah ini.

  1. Miliki Sistem Perhitungan Usia Sendiri

Orang Korea juga memiliki sistem perhitungan umur sendiri, jadi umur orang Korea biasanya berbeda dengan umur orang lain, padahal mereka lahir di tahun yang sama. Orang Korea biasanya menganggap bayi yang baru lahir berusia satu tahun.

Kemudian, selama perayaan Seollal, mereka bertambah satu tahun, meskipun mereka belum berulang tahun. Bahkan jika kita lahir di tahun yang sama, kita bisa satu atau dua tahun lebih muda dari orang Korea.

  1. Jam Belajar Hingga 12 Jam Lebih

jam belajar korea

Orang Korea Selatan memiliki masa studi yang panjang. Rata-rata, siswa sekolah dasar mulai sekolah pada pukul 08:40 pagi dan kemudian pulang pada pukul 15:00. Sementara itu, siswa sekolah menengah mulai sekolah dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Dan yang mengejutkan adalah siswa SMA yang berangkat ke sekolah dari jam 8 pagi sampai jam 7 malam.

Bahkan ada beberapa siswa SMA yang menambah waktu belajarnya sendiri hingga pukul 11 ​​malam. Jam belajar ini tidak ditambah dengan bimbingan belajar ya. Sekolah juga tetap masuk setengah hari pada hari Sabtu. Siswa Korea Selatan bersekolah selama 220 hari per tahun, yang berarti lebih banyak dari Amerika Serikat yaitu 180 hari.

Padahal kedua negara ini memiliki sama-sama liburan musim panas dan musim dingin.

  1. Tes Masuk Universitas

Tes masuk universitas di Korea Selatan juga unik. Untuk mengikuti tes masuk universitas, mahasiswa Korea Selatan biasanya sudah mempersiapkan diri terlebih dahulu. Bahkan ada orang tua yang sudah mempersiapkan ini sejak anaknya duduk di bangku sekolah dasar.

Baca juga:

Mengenal Lebih Dekat Tentang Hanbok Korea

Banyak juga siswa SMA yang tidak tidur hanya untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Bagi masyarakat Korea Selatan, kuliah di universitas ternama adalah suatu kebanggaan. Bahkan saat tes ini berlangsung, Korea Selatan menjadi lebih tenang.

Sebagian besar toko buka di sore hari dan truk besar tidak boleh lewat karena menimbulkan suara bising yang mengganggu.

8. Tes SWAB COVID-19 Di Pinggir Jalan

swab di korea selatan

Sama halnya dengan negara-negara lain yang masih menghadapi krisis pandemi COVID-19, Korea Selatan pun masih terus gencar dalam hal sosialisasi swab test. Penasaran dengan protokol kesehatan yang berlaku di Korea Selatan? Sesuai anjuran WHO, tes SWAB merupakan salah satu upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran.

Namun siapa sangka tes SWAB di Korea Selatan justru dilakukan di pinggir jalan. Tepatnya, pemerintah Korea Selatan menyediakan stand tes SWAB COVID-19 yang bertebaran di jalan-jalan untuk mengantisipasi antrean.

9. Mesin Ramen Otomatis

 

ramenMelihat kehidupan masyarakat Korea Selatan melalui layar kaca  dalam Drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan kecintaan mereka terhadap ramen, bukan? Namun, tahukah Anda bahwa kecintaan ini sebenarnya juga terlihat melalui fasilitas uniknya.

Lebih khusus lagi, ada mesin penjual ramen yang bisa Anda temukan di area publik Korea Selatan. Hal ini sengaja disediakan guna mengantisipasi warga yang sewaktu-waktu bisa merasa lapar.

10. Bangku jalan dengan fungsi USB

bangku pinggir jalan korea

Setiap orang pasti suka bepergian ke tempat yang berbeda untuk tujuan tertentu atau hanya untuk bersantai. Namun, seperti di sebagian besar negara lain, sering kali ada masalah di Korea Selatan bahwa kinerja smartphone menurun jika Anda bepergian terlalu lama.

Oleh karena itu, warga Korea Selatan sebenarnya tidak perlu bingung dan bersusah payah mencari charger. Alasannya adalah bangku-bangku jalan di ibu kota Seoul menggunakan energi matahari, yang dilengkapi dengan fungsi USB dan pengisi daya.

Penutup

Nah itulah beberapa kebiasaan unik tentang Korea Selatan. Segala hal menarik dari negeri gingseng ini memang menyenangkan untuk kita bahas ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,