Langsung ke konten utama

5 Cara Menghilangkan Stres | Berikut Langkah langkahnya

BantulMedia.com Cara Menghilangkan Stres – Ingin tahu cara mengurangi tingkat stres Anda? Jika stres Anda masih berintensitas rendah, sekarang Anda bisa melakukannya dengan mudah.

Soal stres, semua orang pasti pernah mengalaminya. Alasannya bisa banyak dan beragam mulai dari pekerjaan, kuliah, keluarga, hubungan dengan rekan kerja dan lain sebagainya. Jika Anda benar-benar tidak bisa menghindari stres, jangan biarkan stres berlalu.

Ini karena timbulnya stres membawa berbagai gejala, termasuk pikiran negatif ringan, kegelisahan, lekas marah, kesepian, dan kesulitan menenangkan pikiran. Akibatnya, stres itu sendiri dapat berdampak negatif pada kinerja dan kesehatan Anda.

Jika stres yang Anda alami masih tergolong rendah, cobalah cara sederhana menghilangkan stres dari pikiran dan bersiaplah untuk mempraktekkannya sekarang di bawah ini!

Cara Menghilangkan Stres

5 Cara Menghilangkan Stres

Ambil napas dalam-dalam

Cara pertama dan termudah untuk menghilangkan stres pikiran saat ini adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Langkah ini dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan menurunkan kadar kortisol.

Anda bisa memulainya dengan duduk tenang di tempat yang nyaman dan tenang. Kemudian tutup mata Anda dan ambil napas dalam-dalam melalui hidung sampai dua hitungan. Kemudian, tahan napas Anda, hitung sampai satu dan hembuskan perlahan sampai Anda menghitung sampai empat. Jangan ragu untuk menyesuaikan nomornya agar lebih nyaman bagi Anda.

Menulis atau mencoret-coret di atas kertas

Ternyata menulis, menggambar, bahkan mencoret-coret di kertas bisa menjadi cara untuk menghilangkan stres. Metode ini dikenal sebagai mencoret-coret. Cara ini membantu mengurangi rasa gugup dan menenangkan pikiran. Yang Anda butuhkan hanyalah alat tulis, seperti kertas dan pulpen, yang sudah Anda miliki. Dengan cara ini, mencoret-coret dapat dilakukan di tepi tumpukan pekerjaan Anda dengan mudah!

Bahkan, kini sudah ada beberapa jenis buku yang didesain khusus untuk mencoret-coret yang bisa Anda beli di toko buku. Jadi yang harus Anda lakukan adalah mewarnainya. Buku seperti ini bertujuan untuk meningkatkan kegunaan mencoret-coret, yang dapat meredakan ketegangan dan mengasah kreativitas dan fokus.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dengan ritme yang lembut juga bisa menjadi salah satu cara termudah dan tercepat untuk menghilangkan stres. Hal ini karena mendengarkan musik dapat menenangkan pikiran, mengalihkan pikiran, dan meningkatkan mood. Di sisi lain, mendengarkan musik keras membuat Anda lebih stres dan terganggu.

Olahraga

Berolahraga tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh Anda, tetapi juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan stres psikologis. Karena olahraga teratur dapat melatih tubuh untuk merespons stres dengan lebih baik.

Ingat, stres bisa membuat tekanan darah jadi tinggi, otot tegang, dan jantung berdetak lebih cepat. Gerakan dapat mengurangi dan menormalkan keadaan ini.

Jika ya, Anda tidak perlu melakukan olahraga berat! Anda dapat bersepeda atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Cobalah untuk berolahraga secara teratur selama 30 menit sehari.

Menghirup aromaterapi

Aromaterapi juga dapat membantu mengurangi stres. Menghirup aromanya yang menenangkan dapat membuat Anda merasa lebih rileks dan nyaman dan sejenak melupakan tekanan atau masalah yang sedang Anda hadapi.

Selain itu, aromaterapi sendiri dapat merangsang saraf di otak yang berperan dalam mengatur emosi dan membantu meningkatkan mood. Mulai sekarang, jangan lupa tawarkan aromaterapi di rumah atau di meja kerja Anda, ya!

Baca Juga :

Tips Bebas Finansial Ikuti 5 Cara Berikut ini

Kesimpulan

Bagaimana, menerapkan cara menghilangkan stres pikiran di atas? Cukup mudah, bukan? Menjaga suasana hati yang baik itu penting karena stres dapat memengaruhi kesehatan fisik Anda dan bahkan menyebabkan penyakit serius.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa