Langsung ke konten utama

6 Cara Ampuh Atasi Asam Lambung (GERD) | Simak penjelasannya

BantulMedia.com6 Cara Ampuh Atasi Asam Lambung (GERD), Gejala Asam Lambung atau GERD Sering Menyiksa? Simak cara mengatasi asam lambung naik di bawah ini!

Asam lambung, atau yang sering dikenal dengan GERD (gastroesophageal reflux disease), seringkali menyiksa.

Pasalnya, berbagai gejala dari kondisi ini adalah rasa panas di dada (heartburn), mual, mulas dan juga rasa asam di mulut.

Gejala dan kondisi GERD ini umumnya lebih berisiko bagi ibu hamil dan orang yang sering menunda makan.

6 Cara Ampuh Atasi Asam Lambung

Berikut 6 Cara Ampuh Atasi Asam Lambung (GERD) :

1. Mengunyah permen karet

Salah satu cara mengelola asam lambung secara alami adalah dengan mengunyah permen karet. Gerakan mengunyah dari waktu ke waktu.

Saat mengunyah permen karet, dapat merangsang kecepatan pengeluaran air liur. Akibatnya, asam yang menumpuk di perut “dicuci” dan dibersihkan lebih cepat, sehingga risiko asam lambung naik ke tenggorokan berkurang.

2. Minum Air dengan Rajin

Untuk mencegah asam lambung naik, pastikan pencernaan berjalan lancar. Perlu ada keseimbangan kadar pH agar usus bekerja lebih cepat saat mengolah makanan.

Anda bisa memastikannya dengan minum air putih yang cukup setiap hari.

Air tidak hanya mendukung pencernaan, tetapi juga dapat memberi tubuh kelembapan yang tepat.

3. Perhatikan Pola Makan

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memperbaiki pola makan agar asam lambung tidak meningkat.

Pertama-tama, hindari makan dalam porsi besar sekaligus karena dapat menyebabkan asam lambung meningkat dalam tubuh.

Sebaliknya, Anda bisa sering makan dalam porsi kecil dan kemudian mengunyah makanan secara perlahan.

Juga, hindari makanan seperti cokelat, alkohol, dan makanan pedas karena dapat mengendurkan katup esofagus bagian bawah, membuat asam lambung lebih mudah naik.

Kemudian Anda juga bisa mengobati asam lambung dengan bahan alami seperti jahe atau air rebusan akar manis.

4. Kurangi Konsumsi Kopi

Karena bisa diminum kapan saja, di mana saja, kopi menjadi salah satu hidangan yang paling banyak dikonsumsi banyak orang.

Meski begitu, Anda perlu berhati-hati saat mengonsumsinya karena kopi merupakan minuman yang bisa memicu lonjakan asam lambung.

Anda dapat mengurangi konsumsi kopi setiap hari dan minum teh chamomile atau teh hijau yang ramah perut.

5. Perhatikan Posisi Tidur

Cara mengatasi asam lambung selanjutnya adalah dengan mengubah posisi tidur Anda. Sebelum tidur, pastikan Anda mengangkat tubuh bagian atas (dada dan kepala) lebih tinggi dari tubuh bagian bawah (pinggang ke bawah).

Selanjutnya, cobalah untuk tidur dengan sisi kiri tubuh Anda menempel di kasur, karena ini akan membuat kerongkongan lebih tinggi dari perut dan membuat asam lambung lebih sulit untuk naik.

6. Hindari dan Kelola Stres

Setiap orang pasti pernah mengalami kecemasan atau stres karena suatu alasan. Meskipun stres tidak menyebabkan refluks asam, stres dapat memperburuk gejala. Ini karena Anda mungkin lebih sensitif terhadap asam lambung yang naik.

Jika Anda memiliki refluks asam atau GERD, ada baiknya untuk menghindari stresor. Kemudian, cobalah aktivitas yang berguna untuk mengelola kecemasan dan stres, seperti latihan pernapasan dan meditasi.

Baca Juga :

Tips Masakan Sehat Dengan Menggunakan Bumbu Rendang

Kesimpulan

Dari Pembahasan Diatas, ada beberapa cara pengelolaan asam lambung yang efektif yang bisa Anda tiru.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa untuk menurunkan gejala bahkan mencegah timbulnya asam lambung pada tubuh anda

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali