Langsung ke konten utama

7 Ide Kegiatan Kreatif yang dapat dilakukan Bersama Anak Selama di Rumah

BantulMedia.com7 Ide Kegiatan Kreatif yang dapat dilakukan Bersama Anak Selama di Rumah – Ajak anak melakukan aktivitas menyenangkan di rumah agar tidak mudah bosan. Berikut adalah kegiatan untuk anak-anak di rumah.

Pandemi yang muncul beberapa bulan terakhir membuat masyarakat lebih banyak beraktivitas di rumah. Tidak hanya untuk orang dewasa, tetapi juga untuk anak-anak. Aktivitas yang hanya dilakukan di rumah bisa terasa membosankan bagi si kecil.

Selain belajar atau home schooling, Anda bisa membantu si kecil menikmati kegiatan yang menyenangkan untuk mengisi waktu luangnya. Sebagai referensi, berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan anak-anak di rumah:

7 Ide Kegiatan Kreatif yang dapat dilakukan Bersama Anak Selama di Rumah

7 Ide Kegiatan Kreatif yang dapat dilakukan Bersama Anak :

1. Membersihkan mainan bersama-sama

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan anak adalah meminta mereka membersihkan mainannya.

Kegiatan ini secara tidak langsung meningkatkan tanggung jawab dan melatih keterampilan sensorik dan motorik si kecil.

2. Siapkan camilan sehat

Anda juga bisa menjadikan memasak sebagai kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak. Ajak si kecil membuat camilan yang disukainya, seperti puding susu, kue coklat, dan set menu lainnya.

Kegiatan ini juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan anak dengan mengontrol asupan makanan.

3. Mainkan alat musik

Apakah Anda memiliki alat musik seperti gitar, organ, atau bahkan piano di rumah? Mengapa tidak menggunakannya sebagai kegiatan anak untuk mengenalkan mereka pada musik?

Anda bisa mengajarinya memainkan alat musik tersebut. Ajarkan nada atau nada yang mudah dimainkan, atau lembaran musik dari lagu favorit anak.

Dari sini Anda juga bisa melihat apakah si kecil memiliki bakat bermusik atau tidak.

4. Ruangan bersih

Anda pasti setuju bahwa sifat kemandirian harus diajarkan sejak kecil. Karena anak-anak sekarang lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, situasi ini mungkin saat yang tepat untuk memulai kebiasaan mandiri dengan anak-anak.

Misalnya dengan mulai membiasakan anak untuk menjaga kamar dan belajarnya tetap rapi dan bersih. Anda dapat mengajari anak Anda untuk menyapu dan membersihkan debu di ruang belajar dan kamar, serta merapikan tempat tidur mereka.

Cara ini sangat membantu dalam mengajarkan kedisiplinan dan menjaga kebersihan pada anak sejak dini.

5. Kerajinan dari bahan alam

Kegiatan kreatif lain untuk anak yang bisa dilakukan di rumah adalah mengajak mereka membuat benda-benda di sekitar mereka.

Anda bisa mengajak anak berjalan-jalan di sekitar rumah sambil meminta mereka memasukkan bahan apa saja yang mereka inginkan ke dalam wadah, seperti batu kecil, daun, dan ranting.

Sesampai di rumah, mintalah anak merekatkan barang-barang yang mereka ambil pada kotak untuk dijadikan karya seni hasil kreativitas dan imajinasi anak.

Untuk memotivasi buah cinta, Anda bisa memamerkan karya di rumah.

6. Berkebun

Jika Anda senang berkebun, mengapa tidak membiarkan anak-anak Anda membantu? Anda bisa menyiapkan alat berkebun kecil untuk anak. Berikan contoh cara menanam yang benar.

Jika rumah Anda tidak memiliki taman, Anda bisa menggunakan pot sebagai wadahnya. Saat anak sudah siap menanam, secara rutin minta mereka menyirami benih yang sudah ditanam.

Aktivitas anak ini akan sangat membantu mengembangkan rasa cinta terhadap lingkungan, kesabaran, dan mengajarkan mereka untuk menghargai proses.

7. Menari Bersama

Menari tidak hanya menyenangkan, tetapi juga aktif menggerakkan tubuh anak dan karenanya baik untuk kesehatan tulang.

Untuk membuatnya lebih menyenangkan, berdandanlah seperti Anda berada di pesta dan mainkan lagu favorit anak Anda, seperti Balon saya, bintang kecil, naik kereta, dll.

Kemudian buat gerakan yang dapat dengan mudah diikuti oleh anak mengikuti irama lagu.

Baca Juga :

Inilah Makanan Sehat Yang Dibutuhkan Ibu Hamil dan Anak

Kesimpulan

Berikut Diatas Ulasan Tentang Ide Kreatif kegiatan yang bisa anda lakukan dengan anak dan keluarga dirumah, Ternyata ada banyak kegiatan kreatif untuk anak yang bisa dilakukan.

Sehingga Kegiatan di atas pasti akan sangat menyenangkan. semoga bermanfaat dan selalu membuat keluarga anda bahagia selalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali