Langsung ke konten utama

Apa Itu Home Schooling | Persiapan untuk Anak Anda

BantulMedia.com – Homeschooling dianggap sebagai pendidikan alternatif yang sangat mahal. Persiapan apa saja yang perlu dilakukan orang tua? Simak artikel berikut ini!

Saat ini metode home-schooling bagi orang tua bukan lagi menjadi pilihan asing untuk memenuhi pendidikan anaknya. Apakah Anda tertarik untuk menyekolahkan anak Anda di rumah? Jika iya, tidak ada salahnya untuk mempelajarinya melalui ulasan di bawah ini terlebih dahulu.

homeschooling

Apa itu homeschooling?

Metode pendidikan di rumah sering disebut sebagai sekolah mandiri. Berbeda dengan sekolah formal, metode pendidikan ini menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel dan tidak selalu harus dilakukan di rumah.

Situasi belajar yang kondusif dalam metode homeschooling dimungkinkan di mana saja dan kapan saja dan anak-anak memiliki kebebasan untuk memilih pelajaran yang ingin mereka pelajari di rumah. Namun, metode pembelajaran homeschooling tidak sesederhana yang diharapkan.

Orang tua dan anaknya harus melakukan berbagai persiapan agar metode parenting ini membuahkan hasil yang maksimal. Lalu apa saja persiapan yang perlu dilakukan?

Pelajari cara kerja homeschooling

Tidak ada benar atau salah dalam memilih pendidikan untuk bayi. Orang tua perlu memahami karakter anak agar dapat menawarkan metode pengasuhan yang sesuai. Jika Anda tertarik menggunakan metode homeschooling, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari cara kerja metode pembelajaran ini.

Alasan untuk ini adalah penting untuk melakukan penelitian tentang home schooling sebelum bayi mulai melakukannya. Setelah Anda melakukan penelitian, bagikan informasi ini dengan anak Anda dan undang mereka untuk berdiskusi. Jangan sampai anak kehilangan semangat di tengah proses pembelajaran melalui metode yang tidak sesuai dengan karakternya.

Siapkan dana sekolah rumah

Ketika Anda dan anak telah menyepakati metode home schooling, langkah selanjutnya adalah menyiapkan dana home schooling untuk buah hati.

Tentu saja, Anda dapat meringankan diri Anda nanti jika Anda merencanakan masa depan dan menyediakan lebih banyak dana di muka. Lalu apa yang bisa dilakukan orang tua untuk menabung untuk dana home schooling dan anak?

Tentukan program homeschooling dari awal

Menentukan program homeschooling yang Anda inginkan sejak awal tentu akan memudahkan Anda dalam menentukan anggaran homeschooling untuk buah hati Anda.

Adaptasi dengan kemampuan

Sebaiknya, dana bulanan home schooling juga disesuaikan dengan daya tampung. Pertama, lakukan kalkulasi kebutuhan lainnya, lalu hitung kembali apakah Anda bisa menghemat jumlah tunjangan sekolah rumah untuk anak Anda.

Perhitungan seluruh dana homeschooling

Saat menghitung total dana home schooling, jangan lupa untuk memasukkan biaya-biaya lain, seperti: B. biaya buku pelajaran, internet atau peralatan.

Memilih program home schooling dari institusi/yayasan

Jika ingin mengambil cara yang lebih ringkas, Anda juga bisa memilih dari beberapa lembaga home schooling yang tersebar di seluruh Indonesia. Biasanya, fasilitas home-tuition ini telah menetapkan harga untuk pelatihan sesuai dengan tingkat kelas yang akan dipilih. Ini memberi Anda informasi harga yang jelas dan memudahkan Anda menyisihkan uang untuk biaya kuliah di rumah bagi bayi Anda setiap bulan.

Baca Juga :

Daftar Perguruan Tinggi di Bantul – Peranan Penting Perguruan tinggi dalam pendidikan Akademis

Kesimpulan

Mempersiapkan dana sekolah di rumah untuk buah hati memang penting. Buat persiapan anggaran jauh-jauh hari agar bayi tidak mengalami masalah di kemudian hari selama masa studi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali