Langsung ke konten utama

Cara Ekstrak Audio dan Video Menggunakan komputer atau Laptop

BantulMedia.com – Bagaimana cara ekstrak audio dan video menggunakan komputer atau laptop dengan Camtasia, Filmora, dan Adobe Premier PRO tidaklah sulit. Anda bisa melakukannya dengan beberapa klik. Ini berguna ketika Anda ingin menghapus audio atau audio yang tidak diinginkan dari video yang direkam.

Cara Ekstrak Audio dan Video Menggunakan komputer atau Laptop

Mungkin juga ada saatnya Anda ingin mengganti suara asli dalam video dengan musik. Untuk membuatnya lebih jelas kita perlu menghapus suara aslinya. Selain memisahkan suara dan video, sebenarnya kita bisa memilih untuk mute atau unmute. Dengan Cara ekstrak audio dan video menggunakan komputer atau Laptop.

Namun terkadang ukuran file video yang dihasilkan lebih besar karena suara asli yang sebenarnya tidak kita gunakan. Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan software video editing untuk PC seperti Camtasia dan lain-lain.

Baca Juga :

6 Daftar Aplikasi Android 2021 Terbaik Yang Harus Anda Coba

Lihat cara ekstrak audio dan video menggunakan komputer atau laptop dengan Filmore, Adobe Premier Pro, dan Camtasia.

Cara Berbagi Video dan Audio di Camtasia

Camtasia

  1. Buka aplikasi TechSmith Camtasia.
  2. Kemudian klik Impor Media untuk menambahkan video.
  3. Klik kanan pada timeline video yang ingin Anda edit.
  4. Untuk memisahkan, pilih Pisahkan audio dan video.
  5. Kemudian file akan dibagi menjadi dua bagian, di atas adalah audio dan di bawah adalah video.
  6. Jika Anda ingin menghapus audio, klik kanan trek audio, lalu klik Hapus

Seperti yang Anda lihat, hanya dibutuhkan beberapa klik di Camtasia untuk memisahkan video dan audio. Sekadar informasi, software Camtasia yang kami gunakan adalah versi 2020. Jadi jika ada perbedaan tampilan maka tidak perlu bingung karena pada dasarnya sama saja. Selain perangkat lunak Camtasia, Anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan Wondershare Filmora.

Cara Membagi Audio dan Video di Filmora

Filmora

  1. Buka Wondershare Filmora.
  2. Pilih Proyek Baru.
  3. Tambahkan video ke Filmora.
  4. Kemudian seret video ke timeline.
  5. Klik kanan video dan pilih Putuskan Sambungan Audio. Anda juga dapat menekan CTRL + ALT + D secara bersamaan.
  6. Setelah audio dan video dipisahkan, file audio terletak di bawah video.
  7. Jika Anda ingin menghapus salah satunya, klik trek yang ingin Anda hapus, lalu tekan Hapus.

Tidak jauh berbeda dengan Camtasia, untuk Filmora Anda bahkan perlu klik kanan pada file videonya. Kemudian pilih Putus saat memutuskan sambungan audio dan video di Camtasia.

Versi yang Saya gunakan dalam contoh di atas adalah Filmora X. Anda dapat mencobanya secara gratis selama 30 hari, tetapi setelah 30 hari Anda harus berlangganan atau membeli lisensi.

Cara berbagi audio (suara) dengan video di Adobe Premier Pro

Pilihan lain bagi mereka yang ingin menghapus audio atau suara dalam video dapat menggunakan Adobe Premier Pro. Dalam contoh ini kami menggunakan Adobe Premier Pro 2020.

Cara Memisahkan Audio dan Video di Adobe Premier Pro.

Adobe Premier Pro

  1. Buka Adobe Premiere Pro.
  2. Kemudian buat proyek baru
  3. Tambahkan video yang ingin diedit dengan menekan Ctrl + I (import).
  4. Tempel video ke timeline.
  5. Klik video yang ingin Anda bagi dengan audio.
  6. Klik kanan dan pilih Batalkan Tautan
  7. Setelah pemisahan, Anda dapat menghapus yang tidak perlu.

Berbeda dengan Camtasia dan Filmora, ketika Anda menambahkan video, Adobe Premier Pro langsung menunjukkan bahwa ada 2 file di timeline. Jadi file audio dan video berada di trek yang berbeda, tetapi jika Anda ingin menghapusnya, Anda harus memutuskan tautannya terlebih dahulu.

Jika Anda memilih Hapus segera, video dan audio akan dihapus.

Selain menggunakan komputer atau laptop, Android juga memungkinkan Anda memisahkan video dan audio. Tentu aplikasinya berbeda, misalnya dengan capcut dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Jika Anda ingin memisahkan video dan audio, Anda dapat menggunakan Camtasia, Filmora, Adobe Premier Pro dan aplikasi lainnya.

Namun sayangnya ketiga program pengeditan video tersebut tidak gratis dan Anda hanya dapat mengujinya dalam waktu yang terbatas. Jika Anda ingin bebas, Anda dapat mencoba memisahkan audio dan video secara online atau menggunakan perangkat lunak gratis

Pengguna Windows 10 bisa mencoba menggunakan software Audiotonic Audio Editor & Recorder. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari Microsoft Store dan mengekstrak audio atau musik dari video.

Baca Juga : 

9 Daftar Aplikasi Penghasil Uang tahun 2022 | Rebahan Dibayar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa