Langsung ke konten utama

Cara Kelola Keuangan Untuk Keluarga Baru

BantulMedia.comCara Kelola Keuangan Untuk Keluarga Baru –  Memiliki keluarga baru sungguh sangat membahagiakan. Namun, penting juga untuk memperhatikan pemilihan perencanaan keuangan yang tepat sebagai salah satu jaminan hidup.

Memiliki keluarga baru memang suatu kebahagiaan dan saat ini kami benar-benar sedang membangun mimpi bersama pasangan. Namun, jangan terlalu lama tenggelam dalam euforia. Karena ketika melangkah ke dunia pernikahan ada banyak hal yang harus dipikirkan bersama, termasuk mengatur keuangan yang tidak mudah.

Mengelola keuangan sebagai lajang dan menikah sangat berbeda. Inilah yang membingungkan banyak pasangan baru saat mereka mengobrol dan mengatur keuangan setelah pernikahan. Karena setelah menikah, banyak perubahan yang terjadi tidak hanya pada pola pikir, tetapi juga pada prioritas. Segera sepakati langkah selanjutnya, salah satunya melalui perencanaan keuangan. Lalu bagaimana cara mengelola keuangan yang benar?

Cara Kelola Keuangan Untuk Keluarga Baru

Cara Kelola Keuangan Untuk Keluarga Baru

Tentukan pola perencanaan keuangan

Jika Anda memiliki penghasilan dan pengeluaran sendiri sebelum menikah, Anda akan memiliki penghasilan dan pengeluaran bersama setelah menikah. Diskusikan perencanaan keuangan dengan pasangan Anda, berdasarkan berapa banyak pendapatan dan pengeluaran yang digabungkan dalam sebulan dan juga distribusi pengeluarannya.

Misalnya, gaji suami digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok bulanan, sedangkan keuangan istri digunakan untuk membiayai tunjangan atau tunjangan tambahan.

Penataan ini sangat penting dalam merencanakan masa depan yang sejahtera. Selain mengetahui alur pengeluaran, juga penting untuk menghindari perselisihan atau salah penilaian terkait pembagian tugas dalam pembiayaan pengeluaran keluarga.

Penentuan skala prioritas

Bagi pasangan baru, perencanaan keuangan dalam hal ini termasuk poin penting yang harus dilakukan, yang perlu dipenuhi terlebih dahulu. Karena ketika Anda menikah, kebutuhannya berlipat ganda. Dengan demikian biaya meningkat dibandingkan dengan lajang. Oleh karena itu, diskusikan dengan pasangan Anda kebutuhan apa saja yang ada di depan.

Memang ada tiga hal utama yang harus diperhatikan, yakni perumahan, pendidikan anak, dan kemudian pemenuhan gaya hidup lainnya.

Simpan dan investasikan

Pada dasarnya, perencanaan tidak terbatas pada masalah atau alokasi tunggal uang, pendapatan atau pengeluaran. Tetapi bagaimana Anda dapat menginvestasikan uang Anda dengan baik tidak kalah pentingnya. Dalam hal ini, berinvestasi bukan hanya sekedar kegiatan menabung dan menyimpan uang, tetapi investasi adalah suatu cara menghitung dan mengalokasikan dana agar memiliki nilai yang lebih menguntungkan di masa yang akan datang.

Jadi sisihkan setidaknya 10% dari penghasilan Anda untuk digunakan sebagai perencanaan keuangan untuk investasi jangka panjang.

Penilaian persyaratan perlindungan

Bagi pasangan muda, menjadikan asuransi sebagai salah satu item penting yang perlu diperhatikan dalam perencanaan keuangan. Langkah ini dapat digambarkan sebagai bentuk perlindungan masa depan bagi Anda dan keluarga. Jadi dimana semua keuangan tersalurkan, tidak perlu berurusan dengan tabungan, karena asuransi sudah menjamin dan melindungi semuanya.

Baca Juga :

Mengapa Asuransi Keluarga Penting? Berikut Penjelasannya

Kesimpulan

Buatlah perencanaan keuangan Anda sedini mungkin agar jalur kehidupan keluarga lebih terencana. Hal terpenting tentang seni berorganisasi adalah menyusun segala sesuatunya dengan mengutamakan kenyamanan dan kepentingan keluarga itu sendiri dan memilih lembaga keuangan yang menjamin masa depan Anda dengan aman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta | Yang Wajib Kamu Kunjungi

Menikmati Keindahan Pantai Cemara Sewu di Bantul, Yogyakarta Pesona Alam Pantai Cemara Sewu di Bantul Pantai Cemara Sewu adalah salah satu surga tersembunyi di Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan pesona alam yang begitu memukau. Pantai ini adalah tempat yang sempurna untuk melepaskan penat, menikmati matahari, dan merasakan angin laut yang menyegarkan. Pemandangan Eksotis Pantai Cemara Sewu Dengan garis pantai yang panjang, pasir putih yang lembut, dan air laut yang jernih, Pantai Cemara Sewu memanjakan mata setiap pengunjung. Namun, apa yang membuatnya begitu eksotis adalah hamparan pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Pemandangan ini memberikan sentuhan magis pada destinasi ini. Aktivitas Seru di Pantai Cemara Sewu Bagi para pencari petualangan, Pantai Cemara Sewu menyediakan berbagai aktivitas menarik. Anda dapat mencoba snorkeling, surfing, atau sekadar berjalan-jalan di sepanjang pantai yang panjang. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat Anda merasakan kegembiraa