Langsung ke konten utama

Cara Membuat Makanan Berbahan Dasar Abon

BantulMedia.com – Abon daging merupakan salah satu produk olahan daging yang paling populer di Indonesia. Rasanya yang lezat dan kandungan energinya yang tinggi membuat abon semakin banyak penggermarnya. Selain Dendeng Sapi, Abon juga merupakan produk makanan instan praktis yang bisa Anda padukan dengan berbagai makanan lainnya.

Cara Membuat Makanan Berbahan Dasar Abon

Cara Membuat Makanan Berbahan Dasar Abon

Dalam hal membuat jajanan, Anda juga bisa mengandalkan abon untuk melengkapi isian jajanan rumahan Anda. Ingin tahu lebih banyak tentang Nilai Gizi Abon dan Ulasan Resep Makanan Abon? Yuk simak informasinya berikut ini!

Abon Sebagai Makanan Populer Di Masyarakat

Abon daging bukanlah produk turunan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Sekarang bukan hanya industri skala besar yang memproduksi abon. Banyak juga usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang menghasilkan kualitas dengan cita rasa yang berbeda.

Permintaan akan produk abon juga mempengaruhi konsumsi daging secara keseluruhan. Salah satu sentra UMKM yang memproduksi abon terletak di Kota Boyolali, Jawa Tengah.

Setiap hidangan abon mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan sejumlah vitamin. Berbagai nilai gizi tersebut berasal dari daging, bumbu, dan bahan lain yang orang gunakan dalam pembuatan abon. Harga abon yang ada di pasaran sebanding dengan kualitas bahan yang biasanya di gunakan. Anda bebas memilih sesuai selera dan bahan dasar yang Anda suka.

Baca juga:

Sarapan Praktis Bernutrisi dengan Roti dan Selai

Berbagai Jenis Abon Di Pasaran

Jenis abon yang paling banyak peminatnya di Indonesia adalah abon sapi dan abon ayam, dimana harga abon sapi relatif lebih mahal daripada abon karena mengikuti harga daging sapi yang lebih mahal dari daging ayam.

Meski begitu, abon merupakan jenis abon yang paling disukai karena rasanya yang sangat enak dan khas. Bagi Anda yang tidak menyukai abon sapi, Anda bisa beralih ke alternatif lain yaitu abon ayam yang tidak kalah dengan abon sapi dari segi rasa dan nilai gizinya. Ciri khas abon ayam adalah warnanya yang lebih pucat dibandingkan abon sapi.

Selain dua jenis abon, ada juga abon dari ikan lele, bandeng dan jenis ikan lainnya. Abon ikan merupakan hasil kreasi UKM untuk mengatasi melimpahnya ikan. Variasi abon juga bisa dikelompokkan sesuai selera. Pada umumnya orang menyukai abon yang bercita rasa asli dengan tambahan bawang goreng. Namun, abon pedas tak kalah populer karena memiliki cita rasa unik dan menggugah selera.

Resep Makanan Praktis dari Bahan Abon

Ternyata, abon sapi bukan hanya pelengkap nasi yang enak. Di bawah ini kamu juga bisa mengolah abon menjadi berbagai resep makanan khas.

Ekado Isi Abon Sapi Pedes

Resep ini terdiri dari bahan-bahan berikut:

  1. Kulit lumpia yang sudah jadi
  2. 4 putih telur
  3. 300 gram abon sapi pedas
  4. minyak secukupnya

Cara membuatnya, lakukan hal berikut:

• Potong kulit lumpia menjadi empat bagian, lalu taruh isian abon sapi pedas di atas kulit lumpia secukupnya.

• Oleskan putih telur pada pinggiran kulit lumpia dan lipat menjadi tas. Setelah semua kulit lumpia terisi adonan yang sudah Anda parut, panaskan minyak goreng secukupnya.

• Goreng Ekado isi abon pedas ke dalam minyak bertemperatur sedang hingga matang dan berwarna keemasan, lalu angkat Ekado yang sudah matang dan tiriskan agar tidak terlalu berminyak.

• Ekado isi abon sapi siap untuk Anda santap.

Semar Mendem isi abon

Selanjutnya adalah Semar Mendem Isi Abon. Bahan-bahannya terbagi menjadi:

  • 500 gram beras ketan cuci bersih
  • 600 ml santan
  • 1 sendok teh garam
  • 2 lembar daun salam
  • 250 gram tepung terigu
  • 3 telur
  • 500 ml santan
  • sendok teh garam.

Cara membuatnya:

  • Masak ketan dengan santan, 1 sdt garam dan daun salam untuk membuat nasi aron, lalu kukus selama 30 menit hingga ketan matang.
  • Sambil menunggu ketan mengepul, pertama siapkan telur dadar dan campur semua bahan untuk dadar, lalu di wajan anti lengket, siapkan telur dadar bertekstur tipis. Lakukan sampai semua adonan habis.
  • Ambil dua sendok makan nasi ketan yang sudah dimasak. Tambahkan beras yang telah dihancurkan ke dalam beras ketan dan bulatkan ketan sampai padat dan lonjong.
  • Letakkan ketan yang sudah diisi abon pada setiap lembar dadar, lalu lipat menjadi bentuk amplop.
  • Semar mendem isi abon siap dihidangkan.

Menyiapkan variasi makanan menjadi lebih mudah ketika Anda mengetahui resep dari bahan abon.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,