Langsung ke konten utama

Cara Membuat Sop Buntut Sapi Yang Rendah Kolesterol

BantulMedia.com – Dari sekian banyak bagian tubuh sapi, buntut sapi merupakan bagian yang enak pengolahannya untuk makanan. Sayangnya, kita harus berhati-hati saat memasak sop buntut.

Kandungan lemak buntut yang dalam resep sop buntut bisa membuat makanan ini kenyal dan kurang enak. Namun dengan pengolahan yang tepat, buntut sapi bisa menjadi sangat empuk dan enak.

Cara Membuat Sop Buntut Sapi Yang Rendah Kolesterol

Cara Membuat Sop Buntut Sapi Yang Rendah Kolesterol

Selain enak, buntut sapi juga bergizi tinggi. Setiap 100 gram buntut sapi mengandung 30,93 protein dan 3,6 mg zat besi, sehingga buntut sapi bisa merupakan sumber protein dan zat besi yang baik.

Meski begitu, kadar kolesterol dan lemak pada buntut sapi juga cukup tinggi. Setiap 100 gram buntut sapi mengandung tepat 14,34 gram lemak dan 141 mg kolesterol.

Jumlah ini memang relatif tidak terlalu tinggi, namun agar sajian buntut sapi tidak terlalu berlemak, maka pengolahannya harus dengan lembut.

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika mencoba membuat resep sup buntut adalah sup buntut buatan Anda tidak hanya empuk dan enak, tetapi juga rendah lemak.

  1. Gunakan Buntut Sapi yang Benar

Buntut berukuran besar juga memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi. Jadi pilihlah buntut sapi berukuran kecil hingga sedang karena mungkin mengandung lebih sedikit lemak.

Selain itu, Anda juga bisa memilih buntut sapi lokal yang dagingnya lebih tebal dan sedikit lemaknya daripada buntut sapi impor yang tinggi lemak. Anda juga bisa meminta tukang daging untuk menghilangkan lemak yang terlalu kental pada buntut.

  1. Masak Buntut dengan Pressure Cooker

Masalah buntut sapi adalah sulitnya membuat buntut yang empuk dan enak. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan panci presto (pressure cooker) untuk mengurangi waktu memasak dan membuat buntut lebih empuk.

Masak buntut dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah dalam pressure cooker selama sekitar 40 menit (waktu memasak dihitung setelah panci mulai mendesis). Selain itu, gunakan air secukupnya agar buntut terendam seluruhnya. Gunakan sekitar 2 liter air untuk setiap 1 kg buntut sapi.

Baca juga:

Jadikan Sayur Berkuah Menu Sarapan Anda – Bergizi Dan Mengenyangkan

  1. Gunakan bumbu yang tepat

Berbagai bumbu yang Anda perlukan berperan penting dalam membuat kuah sop buntut yang enak dan beraroma. Gunakan bumbu alami seperti jahe, pala, bawang merah, lada hitam, cengkeh, serai, dan garam untuk membuat sup buntut.

Saat membuat sup buntut, Anda juga bisa menambahkan beberapa tulang sapi ke dalam rebusan. Daging buah yang terdapat pada tulang sapi membuat kuahnya lebih kental dan gurih.

Penambahan Kaldu alami dengan rasa sapi sebagai bumbu alami juga membuat rasa sop buntut semakin mantap.

  1. Buang Lemak yang mengendap di permukaan kuah

Langkah ini Anda perlukan jika Anda ingin sup buntut rendah lemak. Caranya, setelah buntut sapi empuk, diamkan beberapa saat hingga mencapai suhu ruang. Simpan buntut dan saus di lemari es sampai lemak dalam sup mengapung di permukaan sup.

Biasanya, buntut dan kuahnya perlu didinginkan selama 1 malam sampai lemaknya terkumpul di permukaan. Setelah lemak menumpuk di saus dan mengapung ke permukaan, ambil sendok dan buang lemaknya. Ini akan mengurangi kandungan lemak dalam sup buntut buatan Anda.

Keismpulan

Siapa bilang sop buntut itu berat, lembut dan rendah lemak? Kini Anda tidak perlu ragu untuk memasak sop buntut sapi.

Dengan langkah-langkah di atas, siapa saja bisa membuat sop buntut yang enak dan rendah lemak yang tidak kalah dengan sop buntut buatan restoran. Jangan ragu lagi untuk membuat resep sop buntut favorit Anda! Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,