Langsung ke konten utama

Cara Mengkonsumsi Nutella dengan Benar? Berikut Tips

BantulMedia.comCara Mengkonsumsi Nutella dengan Benar – Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata ini? Rasa coklat yang enak? Kelembutan di mulut? Sarapan enak setiap pagi? Tahukah Anda terkait Nutella yang mengandung banyak gula?

Semua ini bisa mewakili Nutella sebagai selai atau olesan yang hampir semua kalangan usia menyukainya. Baik itu anak-anak hingga dewasa dan muda hingga tua. Sentuhan rasa cokelat yang lembut dan lumer saat menikmatinya membuat banyak orang ketagihan dengan rasanya.

Konsumsi Nutella Picu Penyakit Gula? Berikut Tips Menanganinya

Cara Mengkonsumsi Nuttela dengan Benar :

Dibalik rasanya, produk buatan Ferrero ini baru-baru ini mendapat kabar buruk tentang efek kesehatannya. Banyak pihak dan penelitian menyebutkan Nutella mengandung bahan berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit berkepanjangan pada konsumen. Wah kenapa bisa begitu? simak artikel berikut ini!

2 sendok makan Nutella = 5 sendok makan gula pasir

Banyak yang mengatakan bahwa gula adalah akar dari banyak penyakit, sebut saja diabetes mellitus. Oleh karena itu, jika Anda menyukai Nutella, hati-hati dengan gula berlebih karena ternyata Nutella mengandung banyak gula.

Setiap 2 sendok makan Nutella mengandung 5 sendok makan gula pasir. Wow, bisa Anda bayangkan betapa berbahayanya jika Anda konsumsi setiap hari? Anda bisa rentan terkena diabetes.

Nutella + roti / oatmeal / pancake = bom gula

Jika 2 sendok makan Nutella sama dengan 5 sendok makan gula pasir, apa jadinya jika kadar gula tinggi itu bercampur dengan berbagai makanan dengan karbohidrat olahan seperti roti, kue, atau pancake? Kadar gula darah Anda akan melonjak drastis, membawa Anda semakin dekat dengan bahaya diabetes.

Selain itu, sarapan penuh gula juga tidak baik untuk fase belajar anak. Kadar gula yang terlalu tinggi dalam tubuh anak dapat menghambat konsentrasi, menjadi mudah mengantuk, dan menghilangkan inisiatif.

Nutella Mengandung Minyak Nabati/Kelapa Sawit Olahan

Salah satu ulasan keras terkait Nutella adalah kehadiran minyak nabati/sawit olahan. Pada dasarnya minyak sawit berguna dalam berbagai makanan seperti coklat, kue atau roti agar makanan tersebut lebih cepat lumer di mulut.

Meski begitu, Anda perlu berhati-hati saat menggunakannya karena banyak penelitian tentang minyak nabati / sawit olahan bersifat karsinogenik, yang artinya dapat menyebabkan kanker dalam tubuh. Jenis minyak ini dapat menyebabkan peradangan pada sel-sel tubuh, membuatnya lebih rentan terhadap kanker.

Nutella Mengandung Lebih Sedikit Nutrisi

Kenikmatan Nutella memang sangat melegenda. Banyak orang yang menyukai kelezatannya, apalagi jika sudah bertemu dengan pasangannya seperti roti, buah, oatmeal atau kue.

Sayangnya, Nutella secara luas lebi populer sebagai salah satu selai yang mengandung nutrisi lebih sedikit daripada yang seharusnya jika Anda membuat selai sendiri dari hazelnut.

Tabel Komposisi Nutella / hazelnut

Kalori : Nutella 100 / hazelnut: 94

Protein : Nutella 1 gr / hazelnut 3 gr

Lemak : Nutella 6 gr / hazelnut 11,5 gr

Karbohidrat : Nutella 11 gr / hazelnut 3 gr

Vitamin E : Nutella 10% (RDI) / Hazelnut 42% (RDI)

Dari tabel di bawah ini, Anda dapat memahami dan menyimpulkan bahwa membuat selai sendiri dari hazelnut alami lebih beraroma dan bergizi daripada mengonsumsi Nutella yang jelas lebih rendah nutrisinya. Singkatnya, lemak dalam kemiri sangat baik untuk perkembangan fungsi otak dan saraf di tubuh Anda.

Baca juga:

Tips Mengatur Gula Darah Pada Penderita Diabetes Tipe 2

Membuat Nutella Anda Sendiri Lebih Baik

Anda mungkin bingung sekarang, mengetahui beberapa hal buruk yang bisa datang dari Nutella. Konsumsi Nutella sepertinya sulit untuk dihindari, apalagi anak-anak sangat menyukai Nutella sebagai pelengkap sarapan.

 Eitts… jangan khawatir! Anda dapat membuat Nutella sendiri di rumah dengan beberapa bahan yang lebih sehat:

Lebih Baik dari Nutella: Resep Selai Cokelat Hazelnut

Beberapa bahan yang bisa Anda siapkan antara lain:

  • 2 cup hazelnut
  • 1/3 cup gula atau pemanis lainnya
  • 1/4 cocoa powder
  • 1 sendok teh coconut oil
  • 1 sendok teh vanila
  • 1/8 sendok teh garam

Cara Membuat:

  • Panggang hazelnut dalam oven pada suhu 375 F (190,5 C) selama 12-15 menit sampai harum.
  • Keluarkan hazelnut panggang dari oven dan masukkan ke dalam mason jar, tutup dan kocok. Kulit hazelnut akan terlepas dan terpisah dari kacangnya.
  • Pindahkan kacang yang sudah dihaluskan ke dalam blender atau food processor lainnya. Jika belum benar-benar terlepas dari kulitnya, kocok kembali hingga benar-benar terlepas.
  • Campurkan hazelnut selama 5 menit sampai diperoleh tekstur yang creamy.
  • Tambahkan gula atau pemanis, cocoa powder, coconut oil, vanili dan garam. Aduk sedikit lagi sampai semua bahan tercampur rata dan halus.
  • Masukkan ke dalam mason jar. Simpan di lemari es selama beberapa minggu. Anda dapat menggunakannya untuk kebutuhan sarapan anak atau sarapan Anda sendiri. Sama enaknya, tapi jauh lebih sehat.

Kesimpulan

Produk Nutella ini walau menjadi favorit banyak orang, namun Anda harus lebih bijak dalam mengkonsumsinya. Kandungan yang terdapat di dalam Nutella bisa anda siasati dengan mengolahnya seperti resep di atas. Sayangi kesehatan Anda agar bisa tetap fit di masa mendatang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,