Langsung ke konten utama

Cara Mengurus STNK yang Hilang

BantulMedia.comCara Mengurus STNK yang Hilang – Jangan panik jika STNK hilang. Anda dapat kembali untuk mendapatkan yang baru. Yuk cari tahu Cara Mengurus STNK yang Hilang di bawah ini

Selain kartu SIM, Anda juga harus membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) saat berkendara. Namun sayangnya item ini bisa hilang sewaktu-waktu dan bisa menyulitkan kamu jika tidak memilikinya. Jika STNK hilang tentunya harus segera diurus, agar tidak mendapat masalah jika sampai di atur oleh polisi lalu lintas. Jika Anda masih belum mengetahui cara merawat STNK yang hilang, maka sebaiknya Anda membaca ulasan berikut terlebih dahulu!

Cara Mengurus STNK yang Hilang

Cara Mengurus STNK yang Hilang

Laporkan ke kantor polisi terdekat

Langkah pertama dalam menangani STNK yang hilang adalah dengan membuat laporan di kantor polisi terdekat (Polres atau Polsek). Tujuannya untuk membuat surat keterangan kehilangan yang harus dibawa untuk proses pembuatan STNK baru.

Selesai Secara Administratif Selesai

Perlu diketahui juga bahwa jika ingin membuat STNK baru tentunya harus menyiapkan berbagai persyaratan dokumen, antara lain: BPKB (asli dan fotokopi), fotokopi STNK, KTP pemilik kendaraan (asli dan fotokopi) dan surat keterangan kehilangan dari STNK dari kepolisian (Polres atau polsek setempat).

Pergi ke kantor SAMSAT

Jika berkas sudah lengkap, Anda tinggal membawanya ke kantor SAMSAT (One-Stop Manunggal System). SAMSAT merupakan wadah penerbitan atau pengesahan STNK oleh tiga otoritas yaitu otoritas pajak provinsi, PT Jasa Raharja dan kepolisian.

Cek kondisi fisik kendaraan

Opsi selanjutnya untuk menangani STNK yang hilang adalah dengan memeriksa fisik kendaraan di SAMSAT dan memberikan nomor rangka dan mesin. Kemudian fotokopi hasil fisik kendaraan dan isi formulir pendaftaran dengan benar dan lengkap. Kemudian serahkan ke sakelar STNK yang hilang. Siapkan juga dokumen administratif yang Anda buat.

Menangani sertifikat SAMSAT yang hilang (cek blok)

Cara mengatasi STNK yang hilang selanjutnya adalah dengan melakukan cek blok. Tujuan dari proses ini adalah untuk mengurus sertifikat STNK yang hilang dari SAMSAT, yang berisi informasi tentang legalitas STNK, mis. B. STNK tidak dicari atau kondisi terblokir. Untuk mendapatkannya, Anda perlu melampirkan hasil pemeriksaan fisik kendaraan.

Buat STNK baru di loket BBN II

Selain itu, Anda harus menyerahkan semua kelengkapan dokumen dan sertifikat yang hilang dari SAMSAT ke Loket BBN (Bea Transfer of Names) II.

Pembayaran pajak kendaraan dan biaya STNK baru

Jika Anda belum membayar pajak kendaraan tahunan, Anda harus membayarnya terlebih dahulu. Namun, jika Anda sudah membayar biaya pajak ini, Anda bisa langsung membayar biaya pembuatan STNK baru.

STNK dan SKPD bisa diambil

Jika semua langkah di atas telah dilakukan, Anda hanya perlu menunjukkan bukti pembayaran dari kasir di area Pengumpulan STNK Baru dan menunggu panggilan untuk menerima STNK dan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).

Jika STNK anda sudah hilang tapi belum sempat fotocopy atau motor masih kredit sehingga BPKB tidak diterima, caranya hampir sama dengan cara diatas, bedanya anda mendapatkan fotocopy STNK BPKB dan minta surat pengantar dari pengecer tempat Anda membelinya. Kendaraan bermotor. Anda juga perlu mengesahkan fotokopi BPKB dari bandar di kantor polisi.

Baca Juga :

Cara Mengurus Izin PIRT, Pelaku Bisnis Rumahan Wajib Tahu

Kesimpulan

Itulah Cara Mengurus STNK yang Hilang. Sebenarnya tidak rumit jika dilakukan dengan benar dan diikuti sesuai prosedur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,