Langsung ke konten utama

Cara Mudah Membuat Kimchi Korea Di Rumah, Gampang Banget!

BantulMedia.com – Demam Korean wave yang melanda dunia saat ini tidak hanya terkait dengan musik K-pop dan film drama Korea Selatan atau Drakor. Popularitas budaya Korea Selatan yang tinggi juga merambah bidang kuliner.

Cara Mudah Membuat Kimchi Korea Di Rumah, Gampang Banget!

Cara Mudah Membuat Kimchi Korea Di Rumah, Gampang Banget!

Salah satu makanan yang paling populer saat ini adalah kimchi. Kimchi adalah sayuran acar yang difermentasi yang sebelumnya telah diasinkan dan pedas. Di Korea Selatan, kimchi umumnya terdiri dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, bawang merah, daun bawang, jahe, dan bubuk cabai merah.

Kimchi adalah salah satu dari lima makanan tersehat di dunia menurut Majalah Kesehatan. Kimchi mengandung probiotik, terutama lactobacilli, yang efektif dalam merangsang sistem metabolisme tubuh.

Bumbu cabai yang digunakan untuk membuat kimchi juga kaya akan nutrisi seperti vitamin A dan vitamin C, yang membantu mencegah kanker. Kimchi kaya akan vitamin dan melancarkan pencernaan. Tidak mengherankan, kimchi telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda oleh Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO).

Ada ratusan resep kimchi yang tersebar di dataran Korea Selatan selama ratusan tahun.

Beberapa bahkan mengatakan bahwa setiap keluarga memiliki resep kimchi yang berbeda – dengan karakteristiknya masing-masing. Apakah Anda senang menyantap kuliner asal negeri ginseng? Berikut adalah resep dari Bapsang Korea

Cara Membuat Kimchi Timun

Bahan-bahan:

3 acar Korea, jika tidak tersedia, dapat diganti dengan acar kirby, Persia, Jepang, atau Inggris. Pilih mentimun yang kenyal dan tanpa lemak

 2 sampai 3 ons bawang merah

¼Bawang Sedang

Bahan-bahan untuk membuat bumbu kimchi

 2 hingga 3 sendok makan serpih cabai merah Korea (gochugaru).

1 sendok makan udang asin

1 sendok makan kecap ikan

 2 sendok teh bawang putih cincang

½ Sendok teh jahe parut

1 sendok makan gula

1 sendok teh biji wijen panggang

Cara membuat:

  1. Potong mentimun menjadi potongan-potongan sepanjang 1-1 / 2 inci dan jangan kupas kulitnya. Taburkan timun secara merata dengan garam dan diamkan selama 30 menit.
  2. Tiriskan mentimun selama 30 menit, tapi jangan mencucinya. Potong bawang hijau 1-1 / 2 inci panjangnya. Kemudian potong bawang menjadi irisan tipis. Masukkan semua bahan yang sudah Anda siapkan (cabai, udang asin, kecap ikan, bawang putih cincang, jahe parut, gula dan biji wijen) dalam mangkuk. Aduk hingga rata, lalu tambahkan irisan bawang bombay, irisan daun bawang dan mentimun. Aduk-aduk hingga semua timun terlumuri bumbu dengan baik.
  3. Kemudian tempatkan kimchi dalam wadah tertutup dan simpan di suhu ruang semalaman untuk mempercepat proses fermentasi.

Nah, itulah langkah-langkah membuat kimchi timun ala korea selatan. Kamu bisa mengisi waktu dengan mencoba melakukannya di rumah.

Baca lagi:

Ketahui Manfaat Kimchi, Makanan Khas Korea Yang Baik Untuk Jantung

Kimchi memang makanan yang luar biasa. Karena selain kimchi bisa menjadi makanan utama, yang disantap dengan nasi , Kimchi juga bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat.

Enam Olahan Kimchi Yang Terkenal di Korea:

  • Yang pertama kimchi bokkeumbap atau nasi kimchi goreng.
  • kimchi jjigae atau sup pedas Korea.
  • kimchijeon atau panekuk kimchi -sup kimchi.
  • keempat, kimchi mandu (pangsit kimchi).
  • dan kimchi Ramen – mie instan Korea dicampur dengan kimchi
  • Keenam olahan kimchi all-in-one ini tidak hanya lezat, tetapi juga sehat dan menyegarkan.

Kesimpulan

Karena kecintaannya pada kimchi, orang Korea bisa mengonsumsi 18 kg kimchi dalam setahun. Popularitas Kimchi bahkan telah bergema di seluruh dunia.

Bahkan, beberapa restoran Korea di seluruh dunia, termasuk Indonesia, menggunakan nama Kimchi sebagai nama restorannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali