Langsung ke konten utama

Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental Anak | diMasa Pandemi

BantulMedia.com – Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental Anak – Bagaimana Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mental Anak Saat Pandemi? Cek daftarnya di bawah ini!

Berada di rumah selama masa pandemi seringkali membuat seseorang bosan, murung, dan sedih. Jika hal ini terjadi terus menerus, besar kemungkinan kesehatan mental akan terpengaruh.

Masalah kesehatan mental dapat terjadi tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga pada anak-anak. Harus dicari cara untuk menjaga kesehatan mental anak di masa pandemi agar tidak mempengaruhi proses tumbuh kembang.

Lantas bagaimana cara menjaga kesehatan mental anak di masa pandemi?

Menjaga Kesehatan Mental Anak

Berikut adalah beberapa kegiatan sederhana untuk Anda mulai.

Ajari dia hidup sehat

Cara pertama untuk menjaga kesehatan mental anak di masa pandemi adalah dengan terus mengajarkan mereka untuk hidup sehat. Cara hidup sehat di saat seperti ini antara lain rajin mencuci tangan, menyentuh wajah dan menggosok mata dengan tangan, serta menutup mulut saat batuk atau bersin.

Dan satu lagi: jangan lupa ingatkan dia untuk memakai masker setiap keluar rumah. Semua kebiasaan hidup sehat ini meminimalkan risiko berkembangnya masalah kesehatan sehingga anak dapat tetap sehat dan bugar selama beraktivitas.

Undang dia untuk berjemur

Salah satu cara Menjaga Kesehatan di masa pandemi adalah dengan mengajak mereka berjemur di pagi hari. Paparan sinar matahari pagi itu memiliki kemampuan untuk merangsang produksi vitamin D.

Berjemur di luar ruangan dan berjemur di bawah sinar matahari pagi sangat dianjurkan oleh para profesional kesehatan untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Saat berjemur, tidak ada salahnya untuk mengajak mereka berolahraga atau melakukan peregangan dengan intensitas rendah.

Dorong pekerjaan berkebun mereka

Setiap orang tua tidak hanya harus menjaga kewarasan si kecil, tetapi juga mengembangkannya. Cara mengembangkan kewarasan anak adalah dengan mengajaknya berkebun. Orang tua dapat membelikan mereka tanaman muda dan mendorong mereka untuk merawatnya sampai mereka berkembang biak.

Peningkatan aktivitas ini memiliki segudang manfaat bagi seorang anak, mulai dari mengembangkan keterampilan sensorik, mengajarkan tanggung jawab, dan mengembangkan kesehatan mental dengan menghilangkan stres dan menimbulkan kebahagiaan.

Memelihara hewan

Berkebun tidak hanya merugikan mereka, tidak ada salahnya juga jika si kecil memiliki hewan peliharaan seperti kucing. Jika anak sudah terbiasa dengan hewan peliharaan, secara tidak langsung mereka akan senang. Cinta diketahui melepaskan hormon oksitosin, yang melindungi seseorang dari stres. Dengan cara ini, sistem kekebalan tubuh juga diperkuat.

Luangkan waktu untuk memanjakannya

Toh, selalu luangkan waktu untuk mengobrol dan memanjakan si kecil. Orang dewasa mungkin menganggap kegiatan ini sederhana dan sepele, tetapi pada kenyataannya itu sangat berharga bagi seorang anak. Kegiatan ini tidak hanya akan membangun hubungan emosional yang lebih dalam, tetapi juga akan membuat anak merasa lebih bahagia.

Baca Juga :

Apa Itu Home Schooling | Persiapan untuk Anak Anda

Kesimpulan

Ini dia kegiatan sederhana untuk membantu menjaga kesehatan mental anak di masa pandemi agar bisa memaksimalkan waktu bersama keluarga dan membawa keharmonisan dalam keluarga.

Selain aktif melakukan kegiatan di atas, setiap orang tua wajib memiliki asuransi kesehatan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,