Langsung ke konten utama

Hindari 6 Kesalahan Dalam Memasak Semur Daging

BantulMedia.com – Ada banyak cara memasak di Indonesia untuk mengolah dan memasak daging, salah satunya adalah semur. Perpaduan daging sapi yang empuk dengan saus yang manis dan pedas, lengkap dengan kentang, wortel atau sayuran lainnya, banyak peminatnya tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Hindari 6 Kesalahan Dalam Memasak Semur Daging

Hindari 6 Kesalahan Dalam Memasak Semur Daging

Meski ada banyak jenis semur daging sapi di dunia, namun tak membuat orang luput dari kesalahan dalam memasak semur. Ada beberapa kesalahan memasak rebusan daging yang umum dilakukan banyak orang. Hal ini membuat rebusan daging sapi kurang empuk dan rasanya kurang stabil. Kesalahan apa yang harus Anda hindari saat membuat semur daging sapi? Berikut ulasannya!

1. Menggunakan Jenis Daging yang Salah

Daging dalam semur daging sapi biasanya diproses dengan api kecil dalam waktu yang lama agar bumbu dalam kuah meresap ke dalam daging. Untuk melakukan ini, gunakan paha depan (chuck) daging sapi untuk rasa yang merata dan lezat.

Paha depan daging sapi mengandung cukup lemak untuk menjaga daging tetap empuk. Bahkan jika Anda memasak dalam waktu lama.

Selain itu, lemak dalam daging benar-benar meleleh sedikit dalam saus, membuat rebusan lebih enak. Namun, jika Anda hanya berencana memasak rebusan dalam waktu singkat, gunakan daging yang empuk, seperti fillet.

2. Potong daging terlalu tipis

Untuk mendapatkan rasa rebusan yang enak, gunakan daging dalam bentuk rebusan lalu potong menjadi bentuk persegi panjang dengan ketebalan sekitar 2-3 cm. Jangan memotong daging terlalu tipis karena mudah kering saat Anda masak dan terasa alot saat Anda makan.

3. Masak Daging Langsung Di dalam Kuah

Salah satu kesalahan paling umum yang Anda dan banyak orang lakukan saat memasak semur daging adalah memasukkan daging langsung ke dalam rebusan.

Hal ini membuat daging sulit matang secara merata. Untuk menghindarinya, goreng terlebih dahulu daging dalam wajan anti lengket yang diberi sedikit minyak goreng  hingga bagian pinggir daging berwarna kecoklatan dan menjadi karamel.

Agar rasanya lebih mantap dan istimewa, Anda juga bisa menggoreng terlebih dahulu bumbu yang Anda gunakan dalam rebusan. Misalnya, bawang bombay ditumis sebelum dijadikan sup. Ini akan membuat rebusan lebih kental dan penuh rasa.

4. Semur yang Dimasak Sebentar

Seperti hal diatas, semur daging sapi idealnya harus dimasak dengan api kecil untuk waktu yang lama agar bumbu dan bumbu dalam kuah meresap sepenuhnya oleh daging. Beberapa resep bahkan menyarankan agar rebusan dimasak hingga 2 jam!

Langkah ini juga perlu Anda lakukan jika Anda menggunakan daging yang agak keras seperti paha depan sapi. Tentu saja, Anda bisa mempersingkat waktu memasak dengan menggunakan daging yang empuk seperti fillet.

Namun demikian, rasa dari semur daging baru muncul setelah proses memasak yang cukup lama, ketika daging dan sayuran dalam semur telah menyerap semua aroma bumbu dan rempah-rempah yang digunakan dalam rebusan tersebut.

5. Memasukkan Sayuran atau Bahan Semur terlalu cepat

Sayuran membutuhkan waktu memasak yang jauh lebih singkat daripada daging sapi. Oleh karena itu, saat memasak semur daging, sayuran atau semur, bahan tambahan seperti kentang, wortel, dll harus ditambahkan setelah daging hampir matang dan empuk.

Jika sayuran atau bahan lain dimasak terlalu cepat dengan daging, Anda akan berakhir dengan rebusan sayuran yang terlalu matang dan lembek.

Baca juga:

Cara Membuat Sop Buntut Sapi Yang Rendah Kolesterol

6. Rebusan Dari Air Biasa

Untuk mendapatkan rasa terbaik dari rebusan daging yang Anda masak, Anda bisa menggunakan kaldu sebagai kuah daripada menggunakan air biasa.

Langkah ini membutuhkan waktu memasak yang lebih lama karena Anda harus menyiapkan kaldu terlebih dahulu sebelum mulai membuat rebusan.

Namun, usaha dan waktu yang Anda habiskan untuk menyiapkan kaldu ini akan sepadan dengan rebusan dan kuah lezat yang akan Anda siapkan. Jika Anda tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyiapkan kaldu, Anda dapat menggunakan kaldu bebas MSG untuk rasa yang mirip dengan kaldu buatan sendiri.

Kesimpulan

Hindari 6 kesalahan di atas saat memasak semur daging dan Anda akan mendapatkan semur daging yang lezat dengan daging yang empuk dan saus yang kaya. Mari masak sup daging sapi hari ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,