Langsung ke konten utama

Jangan Buang Ampas Kopi! Banyak Manfaat dari Ampas Kopi Anda

BantulMedia.com – Apakah Anda seorang pecinta kopi? Apakah Anda sering menikmati kopi nikmat di sela-sela waktu Anda? Minuman yang rasanya agak asam ini memang sangat populer karena membuat Anda terjaga lebih lama dan terkadang bisa memberikan inspirasi saat pikiran Anda buntu. Lalu apa yang Anda lakukan dengan ampas kopi setelah Anda meminumnya? Anda langsung membuangnya?

Jangan Buang Ampas Kopi! Banyak Manfaat dari Ampas Kopi Anda

Jangan Buang Ampas Kopi! Banyak Manfaat dari Ampas Kopi Anda

Faktanya, Anda dapat menggunakan kembali ampas kopi untuk banyak kegunaan! Dengan cara ini, Anda sebenarnya membantu menyelamatkan bumi dengan mengurangi sampah rumah tangga. Apa kegunaannya? Yuk simak ulasannya.

1. Masker pemutih wajah

Jika Anda kesulitan menemukan masker pencerah wajah yang cocok untuk jenis kulit Anda, pertimbangkan untuk mencoba masker wajah pencerah alami yang terbuat dari ampas kopi. Meski warna endapan ini hitam, bukan berarti benda yang satu ini membuat wajah Anda hitam, tapi tentunya putih.

Caranya adalah Anda mengambil ampas kopi yang Anda minum dan menambahkan sedikit minyak zaitun ke dalamnya.

Basahi wajah Anda sedikit dan mulai mendistribusikan ampas kopi secara merata di wajah Anda. Setelah tercampur, Anda bisa diamkan selama beberapa menit lalu bilas hingga bersih.

Lakukan secara rutin dan lihat hasil serta perbedaannya.

2. Bau busuk di lemari es? Pakai ampas kopi!

Anda mungkin pernah merasakan bau yang tidak sedap pada lemari es atau lemari es Anda saat membukanya. Ini bisa jadi karena makanan membusuk di lemari es, dan Anda terlambat atau lupa mengeluarkannya.

Daripada bingung cara penanganannya, ampas kopi bisa jadi jawaban Anda untuk membantu mengembalikan aroma kulkas Anda.

Taburkan sedikit ampas kopi di beberapa sudut lemari es dan diamkan beberapa saat. Kulkas Anda akan memiliki aroma kopi dan tidak lagi memiliki bau yang menyengat!

3. Hobi berkebun di rumah? Ampas kopi bisa jadi pupuk lho!

Apakah Anda memiliki hobi berkebun di rumah? Bingung karena harga pupuk mahal? Jangan khawatir! Ampas kopi yang sudah tidak diminum lagi bisa Anda jadikan kompos alami yang tentunya lebih lembut di tanah.

Ampas kopi ini dapat Anda gunakan sebagai kompos, yang mengandung nitrogen tinggi dan dapat menarik cacing. Akibatnya, ada lebih banyak air dan udara di sekitar tanaman.

Baca juga:

Cara Penyajian Kopi Dan Teh Kekinian

4. Apakah Anda ingin rambut berkilau alami? Ampas kopi adalah jawabannya!

Tidak hanya untuk wajah, manfaat ampas kopi juga baik untuk kesehatan rambut. Ampas kopi mengandung potasium dan kalsium yang dapat menguatkan rambut dan menjadi pilihan pertama bagi Anda yang menggunakan produk antikemik rambut.

Selain itu, ampas kopi juga cocok untuk menghitamkan, meluruskan dan merawat rambut hingga ke akar-akarnya. Caranya, Anda hanya perlu mengambil beberapa ampas kopi yang sudah tidak terpakai.

Usap perlahan secara merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Setelah selesai, diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat sampai semua Ampas kopi hilang.

5. Jangan Buang Ampas Kopi, Bisa untuk Hilangkan Bau Sepatu

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan bau sepatu Anda sendiri? Jika Anda membenci baunya, bagaimana dengan orang lain?

Jangan khawatir, Anda bisa menghilangkan bau ini dalam waktu singkat dengan sisa ampas kopi. Kemampuan kopi untuk menyerap bau membuat ampas kopi efektif dalam menjaga sepatu Anda bebas bau.

Caranya adalah dengan mengambil cukup ampas kopi dari gelas minum Anda. Keringkan sedikit agar tidak terlalu basah.

Jika sudah, ambil sapu tangan kering dan tambahkan ampas kopi. Setelah itu, letakkan sapu tangan dengan ampas kopi di sepatu Anda yang bau. Biarkan selama sehari semalam dan Ajaib! Baunya akan hilang.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, ternyata ampas kopi dapat berguna bukan? Ini berarti waktu minum kopi Anda akan lebih bermanfaat karena semua komponen dapat Anda gunakan dengan benar.

Selain itu, cara ini lebih ramah lingkungan karena Anda mengurangi jumlah sampah rumah tangga yang Anda buang. Dan juga, semua yang di atas hanya untuk pemakaian luar, bukan untuk diminum. Selamat mencoba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,