Langsung ke konten utama

Ketahui Manfaat Kimchi, Makanan Khas Korea Yang Baik Untuk Jantung

BantulMedia.com – Apakah Anda pernah mencoba kimchi sebelumnya? Makanan Korea ini sudah mudah Anda temukan di Indonesia. Sudah menjadi makanan sehari-hari, sayuran hasil fermentasi ini kaya akan nutrisi. Apa saja manfaat kimchi bagi kesehatan?

Ketahui Manfaat Kimchi, Makanan Khas Korea Yang Baik Untuk Jantung

Ketahui Manfaat Kimchi, Makanan Khas Korea Yang Baik Untuk Jantung

Kimchi adalah acar chicory dan lobak yang difermentasi. Setelah diasinkan dan dicuci, sayuran yang sudah dipotong-potong itu dicampur dengan bumbu-bumbu seperti kecap ikan, bawang putih, jahe, udang kecil dan cabai merah bubuk.

Selain bisa Anda makan langsung, kimchi juga sering menjadi bumbu tambahan pada masakan lainnya, seperti sup kimchi atau nasi kimchi goreng. Bahkan, makanan ini juga menjadi topping dan filling untuk makanan populer seperti pizza, pancake, atau burger.

Kimchi tidak berbeda jauh dengan acar yang biasa menjadi sajian dengan nasi goreng atau martabak karena rasanya yang asin dan asam. Namun, rasa kimchi jauh lebih kuat karena rasa pedas dari bubuk cabai.

Satu porsi kimchi (100 gram) mengandung 7 gram karbohidrat, 17 kalori, dan 3 gram serat. Kimchi tidak mengandung lemak apapun.

Segudang Manfaat Kimchi

Penasaran dengan manfaat kimchi? Di bawah ini adalah berbagai manfaat kesehatan dari kimchi berdasarkan penelitian di Journal of Medicinal Food.

  1. Mengandung bakteri ramah usus

Makanan fermentasi populer karena kandungan probiotiknya, yang merupakan bakteri baik untuk sistem pencernaan. Kimchi juga memiliki manfaat ini.

Dengan mengonsumsi kimchi, tubuh Anda mendapat penyerapan probiotik, yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikroba di usus sekaligus meningkatkan fungsi usus.

Usus yang sehat dapat menyerap nutrisi dari makanan lain secara maksimal. Akibatnya, Anda mungkin memiliki risiko lebih rendah mengalami masalah perut atau diare. Kandungan serat makanan fermentasi ini juga mencegah sembelit.

Ketahui Manfaat Kimchi, Makanan Khas Korea Yang Baik Untuk Jantung

  1. Membantu menjaga kesehatan jantung

Kandungan probiotik dalam kimchi tidak hanya bermanfaat bagi sistem pencernaan, tetapi juga membantu mencegah penyakit jantung.

Probiotik dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi, serta dapat menurunkan kadar kolesterol.

Selain itu, bakteri probiotik dapat menghasilkan bahan kimia sebagai bagian dari metabolismenya. Bahan kimia ini kemudian diserap ke dalam darah, di mana mereka mengaktifkan reseptor untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh dan antipenuaan

Kimchi tidak hanya mengandung probiotik, tetapi juga klorofil, fenol, karotenoid, dan vitamin C. Semua nutrisi dalam kimchi ini bermanfaat untuk sistem kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat untuk melawan infeksi. Kombinasi vitamin C dan antioksidan lainnya membantu mengurangi radikal bebas dan merangsang produksi kolagen.

Kolagen adalah protein yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal dan elastis. Kedua manfaat ini dapat memperlambat proses penuaan kulit.

Baca juga:

10 Kebiasaan Unik Dari Negeri Gingseng Korea Selatan

  1. Berpotensi mencegah kanker

Kimchi berasal dari sawi hijau. Sayuran ini termasuk dalam keluarga cruciferous, yaitu sekelompok sayuran yang mengandung senyawa penangkal kanker.

Peneliti menyebutkan senyawa dalam sawi yang bekerja melawan kanker, yaitu b-sitosterol dan asam linoleat. Manfaat kimchi optimal bila kondisi pematangan kimchi dan proses fermentasinya sesuai (kimchi tidak terlalu matang atau masih mentah).

  1. Membantu Anda menurunkan berat badan

Manfaat kimchi dalam hal ini tentu menjadi kabar gembira bagi Anda yang mengikuti program makan sehat. Baik kimchi segar maupun fermentasi rendah kalori.

Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian tahun 2011. Sebuah penelitian selama 4 minggu menunjukkan bahwa makan kimchi dapat mengurangi berat badan, indeks massa tubuh (BMI), dan kandungan lemak pada 222 orang yang kelebihan berat badan.

Karena itu, selain mengalami defisit kalori, Anda berpotensi memasukkan makanan yang satu ini ke dalam rencana diet Anda.

Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Pada Makanan Kimchi

Garam adalah bahan utama dalam pengawetan kimchi. Anda mungkin tahu bahwa terlalu banyak garam tidak baik untuk tubuh Anda.

Garam dapat mempengaruhi kemampuan ginjal untuk mengeluarkan cairan. Ini meninggalkan cairan dalam darah dan meningkatkan tekanannya.

Karena itu, makanan tinggi garam dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untungnya, proses fermentasi dapat mengurangi efek negatif garam pada kimchi. Namun, jika Anda mengonsumsi kimchi dalam jumlah besar selain makanan asin lainnya, asupan garam Anda mungkin terlalu tinggi.

Namun, jika Anda ingin memetik manfaat kimchi untuk kesehatan tubuh, ukuran porsi perlu dipertimbangkan. Menurut Colorado State University, Anda bisa makan 100 gram kimchi per hari yang dilengkapi dengan serat dari makanan lain.

Kesimpulan

Dari berbagai manfaat kimchi, ternyata walau rasanya yang asam dan pedas, tubuh jadi lebih sehat. Hal ini karena kimchi mengandung bakteri ramah usus yang baik untuk tubuh. Anda suka kimchi apa?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali