Langsung ke konten utama

Telat Haid Bikin Galau? Kenali Penyebab Siklus Tidak Teratur

BantulMedia.com – Menstruasi atau haid merupakan hal yang wajar terjadi pada remaja dan wanita dewasa. Saat menstruasi, dinding rahim mengeluarkan darah melalui vagina karena tidak ada fase pembuahan. Siklus haid biasanya berlangsung selama 28 hari, meskipun tidak semua wanita memiliki siklus yang sama.

Telat Haid Bikin Galau? Kenali Penyebab Siklus Tidak Teratur

Telat Haid Bikin Galau? Kenali Penyebab Siklus Tidak Teratur

Perbedaan siklus terkadang membuat banyak wanita khawatir, terutama jika mereka terlambat datang bulan atau menstruasi.

Haid dikatakan tidak teratur atau tidak teratur bila siklusnya kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu, menstruasi tergolong tidak lancar jika lamanya menstruasi berubah setiap bulannya.

Volume darah yang tidak merata, kadang banyak atau kadang sedikit juga menjadi penyebab haid tidak teratur.

Haid tidak lancar dan biasanya terjadi pada beberapa tahun pertama saat haid dimulai. Menstruasi yang tidak merata atau tidak teratur disebabkan oleh hormon yang tidak seimbang.

Fenomena terlambat ini erat kaitannya dengan kehamilan, tapi apakah selalu seperti itu? Jangan panik, berikut beberapa penyebab terlambat haid lainnya.

Stres dapat menyebabkan Anda terlambat datang bulan

Taukah Anda, Stres juga tidak bisa membuat siklus menstruasi Anda lancar, lho. Aktivitas hidup yang menyebabkan beban berat dan rasa khawatir mengganggu keseimbangan hormon dan fungsi otak yang mengatur menstruasi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa sedikit rileks saat mulai bekerja untuk mencapai titik stres yang tinggi, atau melakukan peregangan untuk melegakan tubuh.

Siapkan berbagai jenis makanan atau minuman, serta produk kecantikan yang bisa menghilangkan stres Anda.

Siklus menstruasi yang terlambat juga bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan pada tubuh Anda

Selain stres, terlambat datang bulan atau menstruasi menandakan ada yang tidak beres dengan tubuh Anda. Ada masalah kesehatan yang menjangkiti tubuh Anda, beberapa di antaranya bisa berupa Diabetes dan PCOS (Gejala Ovarium Polikistik).

Kedua jenis gangguan kesehatan tersebut mengganggu keseimbangan hormon tubuh, yang mengatur jalannya siklus menstruasi.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat. Perbanyak sayur dan buah. Cuka sari apel juga dikenal dapat mengembalikan keseimbangan hormon.

Baca juga:

Panduan Lengkap Tahapan Perkembangan Janin Setiap Minggunya

Jika menstruasi Anda terlambat, berat badan Anda bisa naik atau turun secara dramatis

Salah satu penyebab utama telat datang bulan atau haid adalah kenaikan dan penurunan berat badan yang drastis. Saat Anda bertambah gemuk, tubuh Anda membuat banyak hormon estrogen, yang menyebabkan lapisan rahim menebal dan berhenti berovulasi.

Dengan penurunan berat badan, frekuensi ovulasi juga berkurang, sehingga menstruasi menjadi lebih jarang.

Sebagai solusi untuk ini, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Atau, Anda bisa mengatur hidup lebih baik dengan kembali mengonsumsi makanan sehat, terutama makanan nabati dan lebih sedikit makanan hewani.

Tidak Cukup Tidur dan Istirahat

Kurang tidur dan kurang tidur mempengaruhi kerja hormon dan otak yang memproses siklus menstruasi Anda. Karena itu, jika siklus tidur Anda tidak baik, siklus menstruasi Anda mungkin tidak baik. Bila Anda memiliki ini, satu-satunya obat adalah untuk meningkatkan siklus tidur Anda setiap hari.

Jika Anda sulit tidur, Anda bisa meminum beberapa gelas air hangat sebelum tidur untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan aromaterapi pada kamar tidur Anda untuk membuat suasana tidur menjadi lebih nyaman.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa penyebab telat haid atau haid. Siklus yang terlambat belum tentu merupakan tanda kehamilan. Jika Anda pernah melakukan hubungan seksual, kehamilan bisa menjadi faktor penting.

Namun, jika Anda belum melakukannya, beberapa faktor di atas dapat dipertimbangkan. Yang terpenting, hidup sehat selalu memberikan rasa aman dan nyaman.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari Yang Tak Terlupakan

Wisata Pantai Selatan Jogja: Petualangan Bahari yang Tak Terlupakan Pantai Selatan Jogja merupakan salah satu destinasi wisata bahari yang paling populer di Indonesia. Dengan garis pantai yang panjang dan berpasir putih, serta ombak yang besar dan menantang, pantai ini menjadi surga bagi para peselancar dan pecinta olahraga air lainnya. Pantai-Pantai yang Wajib Dikunjungi Ada banyak pantai indah yang bisa Anda kunjungi di Pantai Selatan Jogja. Beberapa di antaranya yang paling populer adalah: Pantai Parangtritis: Pantai ini terletak sekitar 27 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangtritis terkenal dengan ombaknya yang besar dan menantang, serta pemandangannya yang indah. Di pantai ini, Anda bisa berselancar, bermain pasir, atau sekadar menikmati pemandangan matahari terbenam. Pantai Parangkusumo: Pantai ini terletak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Parangkusumo terkenal dengan pasirnya yang hitam dan halus, serta ombaknya yang tenang. Di pantai ini,