Langsung ke konten utama

Ternyata HP Bisa Picu Masalah Kesehatan Serius

BantulMedia.comTernyata HP Bisa Picu Masalah Kesehatan Serius – Beberapa contoh dampak negatif HP bagi kesehatan yang harus Anda hindari.

Menggunakan telepon seluler (ponsel) tanpa disadari telah mengubah hidup kita. Kebiasaan melihat layar ponsel atau tidak bisa tidur sebelum mengecek media sosial di ponsel adalah salah satu contoh dari sekian banyak perubahan yang terjadi.

Faktanya, perubahan ini dapat memiliki efek kesehatan yang negatif baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Lalu apa saja dampak negatif dari HP?

Ternyata HP Bisa Picu Masalah Kesehatan Serius

Berikut dampak HP Bisa Picu Masalah Kesehatan Serius :

Dpagt Menyebabkan Penyakit Mata

Teks kecil di layar ponsel dan cahaya yang terkadang terlalu terang dapat menyebabkan kerusakan mata jangka panjang. Karena dua hal itu bisa membuat mata kita bekerja lebih keras.

Bahkan, saat ini ada istilah khusus untuk kondisi mata akibat penggunaan ponsel, yaitu Digital Eye Strain. Untuk menghindarinya, jangan menatap layar ponsel terlalu lama. Berikan istirahat yang cukup sebelum menggunakan ponsel kembali.

HP Ubah pola tidur

Ponsel yang Anda gunakan memancarkan cahaya biru atau cahaya biru dari layar. Efek bermain ponsel terlalu lama sebelum tidur menyebabkan paparan cahaya biru, yang cahayanya menghambat produksi melatonin, hormon yang menyebabkan kantuk.

Jadi saat terkena cahaya biru, mekanisme otak berubah. Otak menganggap ini masih siang, jadi tetaplah terjaga. Ini adalah salah satu efek negatif dari HP, yaitu perubahan pola tidur. Padahal, seperti yang kita ketahui, tidur yang cukup sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Dampak HP dapat Memicu sakit leher

Saat menggunakan ponsel, postur leher biasanya dipegang dengan posisi membungkuk. Kebiasaan ini bisa membuat otot leher kaku dan kram. Dalam kondisi parah, kebiasaan melihat ke bawah terlalu lama merupakan salah satu dampak negatif HP bagi kesehatan, menyebabkan nyeri punggung, bahu, bahkan lengan.

Sering Bermain HP Jari menjadi kaku

Memainkan HP terlalu lama dapat menyebabkan ibu jari menjadi kaku dalam posisi bengkok. Jika Anda mencoba meluruskannya lagi, itu akan terdengar cukup keras dan menyebabkan rasa sakit dan nyeri.

HP Menyebabkan Pusing

Ternyata, menatap layar ponsel dalam waktu lama tidak hanya menyebabkan masalah penglihatan tetapi juga menyebabkan pusing. Biasanya, efek negatif HP juga disertai dengan masalah lain seperti mata kering dan leher kaku.

Saat Anda pusing, singkirkan ponsel Anda dan cari cara untuk beristirahat sejenak dari melihat ponsel Anda. Cobalah berbaring, pejamkan mata, dan minum banyak air untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Baca Juga :

Perhatikan Menu Makan Siang Yang Sehat Untuk Anda Konsumsi

Kesimpulan

Ulasan Diatas adalah beberapa efek negatif HP terhadap kesehatan Anda. Untuk mengurangi efek HP gaming yang berkepanjangan.

Tidak masalah jika Anda membatasi waktu penggunaan ponsel Anda. Juga, jangan lupa untuk memberikan perlindungan kesehatan ekstra untuk membantu Anda mengantisipasi biaya perawatan medis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° Di Puspa Jaya Backpacker

Kamar Puspa Langka: Pengalaman Menginap 360° di Puspa Jaya Backpacker Di tengah hiruk pikuk kota, tersembunyi sebuah tempat yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dan tak terlupakan. Puspa Jaya Backpacker, sebuah hostel yang terletak di jantung kota Jakarta, menghadirkan Kamar Puspa Langka, sebuah kamar dengan pemandangan 360° yang memukau. Kamar Puspa Langka terletak di lantai paling atas Puspa Jaya Backpacker, dengan jendela-jendela besar yang mengelilingi seluruh ruangan. Dari jendela-jendela tersebut, Anda dapat menikmati pemandangan kota Jakarta yang menakjubkan, mulai dari gedung-gedung pencakar langit hingga lalu lintas yang ramai. Kamar Puspa Langka didesain dengan gaya minimalis dan modern, dengan perabotan yang sederhana namun nyaman. Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur double yang empuk, meja kerja, dan kamar mandi pribadi dengan shower. Selain pemandangannya yang menakjubkan, Kamar Puspa Langka juga menawarkan fasilitas-fasilitas yang lengkap. Di dalam kamar, te

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner Di Sleman

Gudeg Bromo Bu Tekluk: Nikmatnya Kuliner di Sleman Gudeg Bromo Bu Tekluk merupakan salah satu kuliner legendaris di Sleman, Yogyakarta. Warung makan ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an dan hingga kini masih ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Gudeg Bromo Bu Tekluk terkenal dengan cita rasanya yang khas dan gurih, serta menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Sejarah Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg Bromo Bu Tekluk didirikan oleh seorang wanita bernama Tekluk pada tahun 1960-an. Tekluk memulai usahanya dengan berjualan gudeg di pasar tradisional. Namun, karena gudeg buatannya yang lezat, Tekluk akhirnya memutuskan untuk membuka warung makan sendiri. Warung makan Gudeg Bromo Bu Tekluk pertama kali dibuka di daerah Bromo, Sleman. Seiring berjalannya waktu, Gudeg Bromo Bu Tekluk semakin dikenal dan ramai dikunjungi oleh para pecinta kuliner. Bahkan, warung makan ini pernah dikunjungi oleh beberapa pejabat negara, termasuk Presiden Joko Widodo. Keunikan Gudeg Bromo Bu Tekluk Gudeg

Petualangan Seru Di Air Terjun Goa Pindul, Jogja

Petualangan Seru di Air Terjun Goa Pindul, Jogja Air Terjun Goa Pindul merupakan salah satu destinasi wisata alam yang populer di Yogyakarta. Air terjun ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Air Terjun Goa Pindul memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Air terjun ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan hijau. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam alami yang cukup luas. Kolam ini menjadi tempat yang ideal untuk berenang dan bermain air. Selain berenang dan bermain air, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Goa Pindul dengan cara menyusuri sungai bawah tanah yang ada di sekitar air terjun. Sungai bawah tanah ini memiliki panjang sekitar 300 meter. Pengunjung bisa menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu karet. Perjalanan menyusuri sungai bawah tanah ini cukup menantang dan memacu adrenali